Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue -

Sampurasun .... Rampes ....

Blog Mang Yono. Kemarin hari minggu tanggal 20 Juli 2014 saya nyuci motor yang sering dipakai si Sulung, setelah hampir selesai saya dikagetkan dengan ban motor yang tertancap paku yang sudah berkarat, mungkin ini paku sudah lama menancap di ban motor, tapi untungnya Ban motornya ban Tubles, Ban Tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam dan memiliki daya tahan ketika tertusuk benda tajam yang tidak merobek ban.

Ketahanannya adalah jika benda seperti paku tersebut masih menusuk ke dalam ban, maka ban belum langsung kempes atau habis anginnya. Saya bingung mau tambal ban di mana, sedangkan sudah agak malam, paginya motor tersebut akan dipakai. Saya teringat Cara menambal Ban Tubeless dengan mudah dengan hasil yang memuaskan yang dapat dilakukan dapat dilakukan sendiri tanpa harus merusak ban tersebut.  Kalau ditambal di tukang tambal malah suka dirobek atau dibuat besar lubangnya dengan menggunakan alat, agar karet tambalnya yang sebesar jari kelingking bisa masuk dan bisa menyumpal lubang ban tersebut dan 2 atau 3 bulan kemudian kemungkinan bocor lagi pada tempat yang sama.

Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue

 

Dalam menambal saya tidak akan menggunakan cara menambal tubeless yang sering merusak keutuhan ban yang ditambalnya karena tidak memberikan lubang yang lebih besar lagi terhadap ban yang pecah atau tertusuk paku tersebut. Cara saya ini lebih mudah dan praktis karena tidak perlu pergi ke bengkel dan dapat dilakukan sendiri.

Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue. Proses penambalan ban tubeless pun tidak perlu melepas ban tersebut, karena dapat langsung dilakukan ketika ban terpasang.
Paku masih tertancap, panjang pakunya sekitar 3 Cm
Paku masih tertancap, panjang pakunya sekitar 3 Cm, masuk ke ban 2 cm dan bengkok 1 cm di bagian luar


Sedangkan untuk pompa angin saya pinjam dari tetangga, karena saya tidak memilikinya. Yang terpenting adalah ban tidak rusak dan hasil tambalan pun dapat bertahan dengan lebih kuat pastinya, dulu saya pernah praktekan cara ini pada ban Mobil tentunya ban Tubeless. 

Berikut ini Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue dengan mudah:

1.    Siapkan / belilah lem yang dapat juga digunakan untuk lem karet seperti Super Power Glue, Alteco, dll. Lem tersebut dapat digunakan untuk melengketkan karet (rubber). Harganya pun sangat terjangkau, sekitar 1000 – 3000, kalau saya Super Power Gluenya Gratis, karena ngambil di warung Mertua hehehe .
Siapkan / belilah lem yang dapat juga digunakan untuk lem karet
Super Power Gluenya Gratis

2.    Cabut paku dengan tang, jika masih tertanjap di ban, awas jangan mencabit paku dengan cara digigit hehehe, jika sudah lepas, bersihkan lubang paku tersebut sebelum melakukan pengeleman. 

Cabut paku dengan tang jika masih tertanjap di ban
Mencabut paku dengan tang


3.    Jika lubang paku belum ditemukan, lakukan pencarian lubang paku pada ban, isi sampai penuh ban dengan angin, kemudian cari lubang paku dengan cara mengolesi bagian tapak ban dengan air sabun atau air sampo. Jika bagian berlubang diolesi dengan air sabun, maka akan timbul gelembung udara keluar dari ban dan lubang tusukan paku pun ditemukan.

4.    Setelah bagian atau daerah lubang dibersihkan jangan lupa dikeringkan terlebih dahulu. Kalau saya mencucinya terlebih dahulu karena ini waktu mencuci motor hehehe.

Paku yang tertancap di Ban keduannya runcing
Paku yang tertancap di Ban, kedua ujungnya runcing


5.    Buang angin di dalam ban, pastikan udara di dalam ban sudah habis agar tidak menekan lem ke luar dari lubang ketika melakukan penambalan dengan lem pada ban tersebut. Buang anginnya lewat pentil ya, jangan menusuk ban hehehe.

6.    Masukkan lem ke dalam lubang paku tadi dan dibantu dengan jarum yang tersedia di kotak lem atau dapat juga menggunakan paku, jarum pentol, peniti. Tujuannya adalah agar lem meresap ke bagian dalam lubang ban dan membuat ketahanannya semakin kuat tentunya. Tapi menusuknya hati – hati jangan sampai membuat lubang baru, jadi harus menusuk mengikuti alur yang sudah berlubang. Lakukan pengeleman hingga seluruh bagian lubang tertutup.

Masukkan lem ke dalam lubang paku
Masukkan lem ke dalam lubang paku
Baca juga : Cara cek pulsa, Isi pulsa dan cek kuota internet 3 ( Tri )

7.    Biarkan lem kering dan benar-benar kering (kuat). Kira - kira 1-2 jam biar aman dan kering benar.

8.    Setelah lem kering, isi ban dengan angin. Selanjutnya ban sudah dapat digunakan.

Selamat mencoba, Cara menambal Ban Tubeless dengan Super Power Glue. Cara ini bisa dipraktekan juga pada ban mobil, motor, asal menggunakan ban tubeles.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar