logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Membajak Tanah dengan Tradisional dan Modern -

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Apa yang ada dalam bayangan Anda – andini kalau mendengar kata membajak? Pasti Anda – andini beranggapan bahwa ini adalah tindakan kekerasan seperti para perampok, bajak kapal, bajak pesawat, tapi kalau membajak sawah bukan itu loh maksud saya, yang saya maksud disini yaitu mengolah sawah, bukan merebut sawah dari orang lain hehehe.

Membajak sawah atau mengilah sawa sesuai yang saya ketahui ada 2 sistem, yaitu Sistem Pembajakan Tanah Tradisional dan Modern

a. Pembajakan Tanah Tradisional
Sistem Pembajakan Tanah Tradisional dilakukan Sebelum ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang secara pesat seperti pada zaman ini , para petani mengolah tanahnya dengan berbagai alat – alat tradisional yang bekerja menggunakan tenaga otot baik itu dari tenaga manusia maupun tenaga hewan seperti kerbau atau sapi . Berikut adalah alat – alat pembajak tanah tradisional.
Membajak dengan kerbau
Membajak dengan kerbau. Poto kiriman Aki Balangantrang

Baca juga tentang : Indahnya saat ngangon Kerbau

Alat yang digunakan dibuat dari kayu kemudian dari besi tuang sebagai bahan utamanya, selanjutnya dibuat dari baja.

Kalau untuk sistim tradisional identik dengan menggunakan Bajak singkal dan bajak garu untuk mengolahnya. Bajak singkal termasuk jenis bajak yang paling tua. Di Indonesia jenis bajak singkal inilah yang paling umum digunakan oleh petani untuk melakukan pengolahan tanah mereka, dengan menggunakan tenaga ternak hela sapi atau kerbau, sebagai sumber daya penariknya. Sering dijumpai beberapa bentuk rancangan bajak singkal, hal ini dimaksudkan untuk dapat memperoleh penyesuaian antara kondisi tanah dengan tujuan pembajakan. Aneka ragam rancangan yang dijumpai selain pada bentuk mata bajak, juga di bagian perlengkapannya. Mata bajak adalah bagian dari bajak yang berfungsi aktif untuk mengolah tanah.

Bajak Garu dilakukan setelah dibajak pada pengolahan tanah pertama dengan bajak singkal, pada umumnya masih merupakan bongkah-bongkah tanah yang cukup besar, maka untuk lebih menghancurkan dan meratakan permukaan tanah yang terolah dilakukan pengolahan tanah kedua. Alat dan mesin pertanian yang digunakan untuk melakukan pengolahan tanah kedua adalah alat pengolahan tanah jenis garu.

b. Pembajakan Tanah Modern
Sistim pembajakan modern identik dengan Traktor. Traktor adalah sebuah mesin yang besar dan digerakkan melalui tenaga bahan bakar yang berfungsi sebagai pembajak sawah modern atau menggemburkan tanah tanpa menggunakan tenaga otot.
Membajak dengan traktor
Membajak dengan Traktor. Poto kiriman Aki Balangantrang


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

kalo di jaman modern seperti sekarang mah ngebajak sawahnya lebih simpel kang, prosesnya juga gak ribet berbeda dengan tempo dulu ketika saya masih duduk dibangku SD. Untuk mengolah sawah memerlukan proses yang panjang mulai dari bajak singkal kalo didaerah saya disebutnya ngawaluku yg dibantu dengan kerbau, dan ini baru tahap awal biasanya dicangkulin lagi biar rada gembur tanahnya dan untuk meratakan biar tanah makin tokcer baru deh menggunakan bajak garu, setelah itu baru ladang sawah siap ditanami (tandur) :D

Balas

kalau di sini bajaknya dengan traktor mang, kerbaunya di diemin di kandang hehehe

Balas

Kebanyakan orang sekarang menggunakan cara yang modern ya mang dibandingkan dengan yang tradisional, karena lebih mudah dan cepat mungkin hehe

Balas

Waw , Mang Yono tetep Ganteng ya , meskipun sedang bajak sawah
hehhehe

Balas

betul sekali kang jatohnya jadi mahal pengolahan tradisional ya, karena waktunya lebih lama hehehe

Balas

di sini juga sekarang sudah mulai pakai Traktor mbak, kerbaunya pada dijual hehehe

Balas

betul sekali mas, biar proses pengolahan jadi cepat walau hasilnya bagusan pakai cara tradisional hehehe

Balas

hahaha padahal saya cuma ngelamun aja mas hehehe

Balas

Kalo dulu membajak sawah itu rejekinya bagi orang biasa, tapi sekarang bajak sawah rejekinya orang kaya he,,,

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger