Membajak Tanah dengan Tradisional dan Modern -

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Apa yang ada dalam bayangan Anda – andini kalau mendengar kata membajak? Pasti Anda – andini beranggapan bahwa ini adalah tindakan kekerasan seperti para perampok, bajak kapal, bajak pesawat, tapi kalau membajak sawah bukan itu loh maksud saya, yang saya maksud disini yaitu mengolah sawah, bukan merebut sawah dari orang lain hehehe.

Membajak sawah atau mengilah sawa sesuai yang saya ketahui ada 2 sistem, yaitu Sistem Pembajakan Tanah Tradisional dan Modern

a. Pembajakan Tanah Tradisional
Sistem Pembajakan Tanah Tradisional dilakukan Sebelum ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang secara pesat seperti pada zaman ini , para petani mengolah tanahnya dengan berbagai alat – alat tradisional yang bekerja menggunakan tenaga otot baik itu dari tenaga manusia maupun tenaga hewan seperti kerbau atau sapi . Berikut adalah alat – alat pembajak tanah tradisional.
Membajak dengan kerbau
Membajak dengan kerbau. Poto kiriman Aki Balangantrang

Baca juga tentang : Indahnya saat ngangon Kerbau

Alat yang digunakan dibuat dari kayu kemudian dari besi tuang sebagai bahan utamanya, selanjutnya dibuat dari baja.

Kalau untuk sistim tradisional identik dengan menggunakan Bajak singkal dan bajak garu untuk mengolahnya. Bajak singkal termasuk jenis bajak yang paling tua. Di Indonesia jenis bajak singkal inilah yang paling umum digunakan oleh petani untuk melakukan pengolahan tanah mereka, dengan menggunakan tenaga ternak hela sapi atau kerbau, sebagai sumber daya penariknya. Sering dijumpai beberapa bentuk rancangan bajak singkal, hal ini dimaksudkan untuk dapat memperoleh penyesuaian antara kondisi tanah dengan tujuan pembajakan. Aneka ragam rancangan yang dijumpai selain pada bentuk mata bajak, juga di bagian perlengkapannya. Mata bajak adalah bagian dari bajak yang berfungsi aktif untuk mengolah tanah.

Bajak Garu dilakukan setelah dibajak pada pengolahan tanah pertama dengan bajak singkal, pada umumnya masih merupakan bongkah-bongkah tanah yang cukup besar, maka untuk lebih menghancurkan dan meratakan permukaan tanah yang terolah dilakukan pengolahan tanah kedua. Alat dan mesin pertanian yang digunakan untuk melakukan pengolahan tanah kedua adalah alat pengolahan tanah jenis garu.

b. Pembajakan Tanah Modern
Sistim pembajakan modern identik dengan Traktor. Traktor adalah sebuah mesin yang besar dan digerakkan melalui tenaga bahan bakar yang berfungsi sebagai pembajak sawah modern atau menggemburkan tanah tanpa menggunakan tenaga otot.
Membajak dengan traktor
Membajak dengan Traktor. Poto kiriman Aki Balangantrang

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar