logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pria ikut menanam padi siapa takut

Sampurasun ..... Rampes ..... 

Blog Mang Yono. Sekarang memang banyak terdapat resort yang dikemas dalam bentuk kampung. Namun, kampung yang satu ini menurut saya sangat berbeda. Karena hampir semua bangunan yang ada disini, merupakan rumah tradisional Indonesia asli yang sudah berusia ratusan tahun, seperti tanaman bonsai saja yang disulap menjadi tumbuhan ratusan tahun.

Nah selain villa atau rorompoknya yang sangat nyaman dengan nuansa rumah kuno, begitu kita keluar dari villa, kita akan langsung disambut pemandangan yang luar biasa indah.

Tandur - Pria ikut menanam padi siapa takut
Tandur - Pria menanam padi siapa takut. Poto By Aki Balangantrang

 

Banyak orang kota membawa anak atau anda sendiri ingin melihat suasana kampung warga, bisa juga ikut kegiatan keliling bahkan menanam padi disawah. Kegiatan tersebut bermacam macam bisa anda pilih ingin yang mana.

Banyak orang kota yang ingin belajar menanam padi di sawah asli milik warga, memandikan kerbau yang telah lelah seharian membajak sawah, membuat layang layang, bermain layang layang dan bermain air di sungai. Bahkan jika anda tidak takut, anda bisa menunggang kerbau yang telah dimandikan, tapi sekarang kerbaunya sudah sangat jarang hehehe.

Di Tempat saya di Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia yang menanam padi tidak harus perempuan, mungkin sebagai emansipasi pria ya hehehe, banyak para bapak – bapak dan akang - akang yang menanam padi, meskipun nanamnya tak sehebat wanita yang sekarang sudah berubah cara menanam padinya, dari Tandur yaitu tanam padi sambil mundur menjadi Tanju atau bisa disebut Tanam padi sambil maju, di daerah saya ada perubahan dari kebiasaan lama yang sekarang diperbaharui dan mulai memiliki kebiasaan baru, berubah 180° dari mundur menjadi maju. 
" Tanju " Model baru menanam padi di Pagaden Barat
" Tanju " Menanam padi sambil maju.  Model baru menanam padi di Pagaden Barat

Kebiasaan lama Tandur kan dengan cara mundur, tapi sekarang itu sudah mulai ditinggalkan dan tidak lagi menanam padi dengan cara mundur, tapi sebaliknya maju, namanya jadi Tanju, Tanam Padi sambil maju, bingung kan?.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

iya mang sekarang udah jamannya pake mesin buat bajak kerjanya lebih cepat, dan ngirit. kerbaunya lagi asyik untuk menunggu idul adha :D

Balas

di daerah saya sudah jarang sekali ngeliyat orang nyawah gan, sawah2 sudah banyak dibuat perumahan ... jadi pengen balik kemasa kecil yg bisa ngebuat mata menjadi nyaman karena keasriannya :)

Balas

Wah malah saya yang ketinggalan jaman. Sejak kecil sampai sekarang saya belum pernah yang namanya nyemplung ke sawah. Sejak kecil mainannya ya gitu deh khas anak anak. Alhamdulillah sejak tahun lalu, akhirnya , dengan usia yang sudah tidak muda lagi, akhirnya saya ada kesempatan ikut coba coba menanam padi di sawah milik mertua di Jogjakarta

Balas

wah saya belum pernah kang menanam padi seperti ini, sawah aja gak punya :) seru kayaknya...

Balas

selamat Siang Mas, kalau di daerah saya di Kota Barru Sulawesi Selatan yang menanam padi adalah laki laki sedangkan Perempuannya menyiapkan Kue untuk di santap setelah menanam Padi...

Balas

wah bentar lagi juga aku bisa liat sawah mang.. mudik lebaran hehe

Balas

buka nya menanam padi itu malah kebanyakan pria yang melakukan nya, di tempat saya pria yang menanam padi, wanita hanya membantu

Balas

Horeee,...kalau yang punya sawah ya wajib ikut nanam to mang, hehehehe..
bentar lagi mudik, bantu ayah Boku juga ah di sawah..

Balas

Izin menyimak aja mas..

Balas

mas boku nongol lagi ih,,, kemane aja? apa saya yang gak pernah nongol yah,, hehehe

Balas

Di tempat tinggal saya dulu d daerah persawahan juga begitu mang. Klo lagi nggak dapet pekerja wanita.. Ya bpk2 yang bertindak mang. Hehehe

Balas

pria yg hebat #tanam padi :)

ditempat saya adanya juga tandur...cek tanju kayak apa..penasaran

Balas

iya, dan kebetulan saya juga tidak punya kerbau, kalau dulu sih kakek saya punya hehehe

Balas

kalau ditempat saya masih banyak, tapi sudah terdesak perumahan warga dan pabrik juga ding hehehe

Balas

asik juga ya kang kalau bisa terjun kesawah, sesuatu banget ya bisa bermainan di sawah heheheh

Balas

Kalau begitu main ke tempat saya saja mas nanti bisa nanam padi atau memanen padi hehehe

Balas

oooh begitu ya bang, kalau ditempat saya perempuan yang menanam padi laki - lakinya melakukan pekerjaan lain yang lebih berat hehehe

Balas

Nanti mampir ya mas, biar bisa merasakan indahnya nanam padi hihihih

Balas

Kalau ditempat saya wanita mas, pria melakukan pekerjaan yang lebih berat

Balas

Biasanya yang menanam padi para tetangga mas, yang punya sawah ngemandorin doang hehehe

Balas

mendingan ikut nanam padi sob, terserah mau versi apa mau maju atau mundur hehehe

Balas

Kalau mas Nady suka ikutan nanam padi ndak ya hehehe

Balas

biar bisa melakukannya mas...

Tanju ya sambil maju nanam padinya, pasti heran ya nanti padinya ke injak ... datang ketempat saya aja mas biar bisa lihat langsung hehehe

Balas

Wah, jadi kepingin nanam padi lagi seperti ketika masih di kampung halaman, mas...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger