Skip to main content

Pria ikut menanam padi siapa takut

Sampurasun ..... Rampes ..... 

Blog Mang Yono. Sekarang memang banyak terdapat resort yang dikemas dalam bentuk kampung. Namun, kampung yang satu ini menurut saya sangat berbeda. Karena hampir semua bangunan yang ada disini, merupakan rumah tradisional Indonesia asli yang sudah berusia ratusan tahun, seperti tanaman bonsai saja yang disulap menjadi tumbuhan ratusan tahun.

Nah selain villa atau rorompoknya yang sangat nyaman dengan nuansa rumah kuno, begitu kita keluar dari villa, kita akan langsung disambut pemandangan yang luar biasa indah.

Tandur - Pria ikut menanam padi siapa takut
Tandur - Pria menanam padi siapa takut. Poto By Aki Balangantrang

 

Banyak orang kota membawa anak atau anda sendiri ingin melihat suasana kampung warga, bisa juga ikut kegiatan keliling bahkan menanam padi disawah. Kegiatan tersebut bermacam macam bisa anda pilih ingin yang mana.

Banyak orang kota yang ingin belajar menanam padi di sawah asli milik warga, memandikan kerbau yang telah lelah seharian membajak sawah, membuat layang layang, bermain layang layang dan bermain air di sungai. Bahkan jika anda tidak takut, anda bisa menunggang kerbau yang telah dimandikan, tapi sekarang kerbaunya sudah sangat jarang hehehe.

Di Tempat saya di Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia yang menanam padi tidak harus perempuan, mungkin sebagai emansipasi pria ya hehehe, banyak para bapak – bapak dan akang - akang yang menanam padi, meskipun nanamnya tak sehebat wanita yang sekarang sudah berubah cara menanam padinya, dari Tandur yaitu tanam padi sambil mundur menjadi Tanju atau bisa disebut Tanam padi sambil maju, di daerah saya ada perubahan dari kebiasaan lama yang sekarang diperbaharui dan mulai memiliki kebiasaan baru, berubah 180° dari mundur menjadi maju. 
" Tanju " Model baru menanam padi di Pagaden Barat
" Tanju " Menanam padi sambil maju.  Model baru menanam padi di Pagaden Barat

Kebiasaan lama Tandur kan dengan cara mundur, tapi sekarang itu sudah mulai ditinggalkan dan tidak lagi menanam padi dengan cara mundur, tapi sebaliknya maju, namanya jadi Tanju, Tanam Padi sambil maju, bingung kan?.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar