Skip to main content

Menanam labu air ( kukuk ) untuk sayuran dan peneduh

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono. Menanam labu air ( kukuk ) untuk sayuran dan peneduh saung sawah. Menanam labu air ini biasa saya lakukan, selain untuk sayuran tanaman yang satu ini bermanfaat untuk peneduh di saung sawah. Itu yang saya lakukan, karena saung yang di tanami labu air di sekelilingnya akan rimbun dan adem oleh rambatan pohon labu air.

Mungkin Anda – andini ada yang belum mengenal dengan tanaman labu air, atau ada yang sudah pernah melihat tetapi tidak tahu namanya, ada juga yang sudah pernah melihat tetapi belum tahu namanya, bisa juga namanya karena berbeda tiap daera.

Menanam labu air ( kukuk ) untuk sayuran dan peneduh saung sawah
Labu air yang ditanam di sekitar saung sawah

Sesuai yang saya baca Labu Air memiliki beberapa nama persamaan yaitu Lagenaria leucantha, R atau Cucurbita lagenaria, L dan  Lagenaria vulgaris, S.
Di beberapa daerah tanaman atau buah labu air memiliki nama-nama yang berbeda seperti:

Frangi (melayu)
Tabu (sumatera utara)
Kukuk (sunda)
Waluh kenti (jawa)
Labu lente (madura)
Sambiki (manado).

Itulah nama – nama daerahnya, mungkin di tempat Anda – andini dikenal dengan nama lain juga, kalau di kampung saya di kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, namanya Kukuk karena daerah saya termasuk tatar Sunda hehehe.


Labu air sebagai tanaman peneduh saung sawah
Labu air sebagai tanaman peneduh saung sawah


Labu air termasuk tanaman herbal yang telah lama dikenal di daerah kampung saya, yang diyakini memiliki khasiat dapat menurukan panas tubuh. Biasanya labu air ini dikukus, direbus, disayur bening, dan sebagainya.

Sambil wisata kesawah berteduh disaung sawah
Sambil wisata kesawah berteduh disaung sawah

Labu air merupakan tanaman herba semusim yang tumbuh menjalar, memiliki batang yang berbentuk persegi, dengan alat pembelit. Daunnya tunggal bertangkai silindris, permukaan kasar dan berwarna hijau. Bunga berumah satu diketiak daun, berwarna kuning kehijauan, memiliki 5 mahkota, 5 benang sari, dan 3 putik. Buah bulat memanjang dan berwarna hijau kekuningan, dengan kulit yang bertekstur keras.Biji buah banyak, pipih, lonjong, dan berwarna putih.

Indahnya hamparan sawah padi mulai menguning
Indahnya hamparan sawah padi mulai menguning


Menanam labu air ini untuk memberikan  peneduh di saung sawah, sambil liburan kesawah meskipun suasana sangat panas, tapi dengan adanya tanaman peneduh ini dapat meneduhkan. Labu merupakan tumbuhan yang relatif mudah ditanam karena mampu beradaptasi terhadap lingkungan baik pada dataran tinggi berhawa dingin maupun dataran rendah berhawa panas. Selain itu tumbuhan ini juga mampu beradaptasi pada kurangnya air pada musim kemarau dan kelebihan air pada musin hujan. Tumbuhan ini dibudidayakan dengan biji .


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar