logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menanam paria / pare di sawah dan khasiat dari pare

Sampurasun .. Rampes ..

Blog Mang Yono.  Hari Rabu Tanggal 30 Juli 2014 saya sempatkan jepret – jepret di sawah yang ditanami mentimun, kacang tanah, kacang ijo, jagung dan paria / pere . Nah kali ini saya akan menguls tentang tumbuhan Paria atau biasa disebut juga dengan pare adalah sebuah tumbuhan yang  merambat , tumbuhan ini biasanya digunakan untuk sayuran dan kesehatan.

Sayuran ini memiliki ciri yang khas yakni rasanya yang pahit enak, jika orang tidak terbiasa maka masakan dari paria, maka  akan terasa asing dilidah dan jera untuk mengkonsumsinya kembali. Namun jika sudah terbiasa seperti saya apalagi bisa diolah untuk menghilangkan kadar pahitnya, tapi khan rasa pahitnya itu ciri khas dari paria, masa mau dihilangkan, nanti bagaimana dong, seperti makan labu dong ya?. 

Menanam paria / pare di sawah dan khasiat dari pare
Selain bisa diolah menjadi masakan yang enak, paria atau pare juga dikenal memiliki banyak manfaat.  Ternyata meski rasanya pahit tanaman pare kaya manfaat, semua bagian dari tumbuhan pare ada manfaatnya baik buah, bunga, daun  dan bijinya mengandung banyak kegunaan.

Buah pare dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa darah, artinya bagi penderita diabetes tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi buah pare sebagai terapi dari penyakit diabetes.  Selain itu buah pare berkhasiat untuk radang tenggorokan, demam, malaria, bronchitis.  Sedangkan daunnya berkhasiat untuk sembelit dan cacingan. Ternyata biji pare juga bermanfaat untuk impotensi dan mencegah timbulnya sel-sel kanker ... Tuh khan banyak khasiatnya hehehe.

Berikut ini khasiat lainnya dari tumbuhan pare / paria sesuai yang pernah saya baca dan dari keterangan para tetangga atau orang tuwa, mohon maaf bila ada perbedaan dalam peramua, karena ini meramunya juga dengan cara tradisional. 

Khasiat dari buah pare / paria
Khasiat dari buah pare / paria

1. Disentri.
Sediakan 2 buah pare segar, cuci lalu potong-potong. Tambahkan seperempat gelas air bersih, lalu diblender. Seduh dan peras.  Silakan diminum 2 kali sehari.

2. Kencing Manis.
Ambil 2 buah pare, cuci dan lumatkan.  Tambahkan setengah gelas air bersih.  Aduk dan peras.  Minum sehari sebanyak 1 ramuan.  Diulang selama 2 minggu.

3. Penambah ASI.
Ambil 1 buah pare, cuci bersih, lalu rebus beberapa menit.  Dipakai sebagai lalap.

4. Bisul.
Buah pare dipakai sebagai obat luar.  Ambil 1 buah segar lantas dilumatkan. Borehkan pada bagian yang terkenal bisul.

5. Bronkhitis.
Sediakan 2-3 buah pare, lalu diambil sarinya.  Berikan 1 sendok makan madu.  Minum sekali sehari.  Lakukan selama 3 bulan.  Resep ini juga baik untuk menyembuhkan anemia, radang perut, sakit pada hati, nyeri haid, reumatik, dan melangsingkan tubuh.

Khasiat Daun Pare


Khasiat Daun Pare

1. Bisul dan cacing kremi.
Sediakan 1 genggam daun segar, diberi seperempat cangkir air bersih, lalu blender.  Saring dengan kain kasa.  Jika perlu, tambahkan sedikit garam, gula aren secukupnya, dan jeruk nipis.  Minum sekali sehari seperempat cangkir.  Lakukan selama 1 minggu.

2. Demam nifas.
Ambil 3 daun pare segar, cuci bersih, dan lumatkan.  Tambahkan segelas air dan sedikit garam, lalu seduh.  Peras dan saring, lalu minum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

3. Penambah ASI.
Sediakan 2 daun pare lalu panaskan beberapa saat.  Kompreskan pada payudara.

4. Menghilangkan bekas luka.
Cuci bersih segenggam daun pare segar, lalu lumatkan.  Tambahkan air panas sedikit, lalu peras. Campur air perasan dengan 2 sendok makan tepung beras, lalu aduk sampai merata.  Borehkan pada bagian bekas luka setiap hari.

5. Kemandulan / Mandul.
Sediakan 27 gram sari daun pare segar, 7 butir lada hitam, 3 siung bawang putih, dan 27 gram gula jawa.  Semua bahan dilumatkan, lalu tambahkan segelas air bersih.  Didihkan dan peras.  Minum air perasan setiap hari selama 3-4 bulan.

6. Untuk mengobati penyakit kulit.
Buatlah 1 cangkir sari daun pare.  Caranya, ambil 3 helai daun pare ditambah satu setengah cangkir air.  Didihkan dan peras.  Campur air perasan berupa sari ini dengan sesendok air jeruk.  Minum sekali sehari.

Silahkan baca juga : Terong Kuning ( Solanum indicum) atau Terong Peuheur


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

saya malah baru tau loh mang ternyata selain daun katuk daun pare juga bisa buat nambah asi juga ya....
luar biasa ya :)

Balas

dengar dengar untuk kanker juga ya pak

Balas

kebetulan banget mang, saya teh suka bisulan dan cuka cacingan sayangnya pare ku cuman mampu tak makan kalau lagi makan somay...daunnya?...ngga pernah makan daun daunan saya teh...kumaha atuh nyak?

Balas

Keren nih manen sendiri, aku dah lamaaa nggak makan pare

Balas

walaupun pahit tapi saya suka sayur pare :)

Balas

ternyata lalapan kesukaan saya ini banyak sekali manfaatnya ya mang

Balas

Iya mas, itu kata para tetangga dan sesepuh belum diteliti oleh para dokter, tapi mudah - mudahan hasilnya sama hehehe.

Ada lagi mas khasiat dari daun pare, yaitu bisa untuk menyapih menyusui pada anaknya, dengan cara mengoleskan air perasan daun pare pada payudara si ibu hehehe

Balas

waduh, kalau itu saya belum tahu mas, berarti tambah makin banyak aja ya khasiat dari tumbuhan pare ini

Balas

nah kalau begitu barter saja pare dengan ubi kang hehehe... nanti saya kirim juga daunnya, biar dah untuk daun pare saya kasih bonus hehehe

Balas

Iya mbak, dari pada lahannya terbengkalai dan ditumbuhi alang - alang, mendingan ditanam pare, khan bisa membantu mengurangi resiko untuk beli lalapan atau lauk bahkan bisa menghasilkan juga kalau pas ada yang beli hehehe...

Balas

iya sob, karena katanya tanaman atau buah yang satu ini bisa menggantikan empedu kita ... katanya sih sob hehehe

Balas

Iya kang, walau peminatnya pada tanaman yang satu ini kurang, tapi kalau kita melihat manfaatnya, berarti kita harus mulai menyukai tanaman yang satu ini heheeh

Balas

waw.... daun pare ini banyak sekali ya mas manfaat nya
tapi saya gak suka makan sayurrr :(

Balas

inih teh sayuran kesukaan saya atuh Mang,pahit tapi enak,komo dibuat siomay mah meni maknyuz pisan heuheu

Balas

mang yono kalo udah panen pare kirim iyoooh kesini saya suka bgt sama pare mau di tumis hahaha :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger