logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ayakan anyaman dari bambu diserbu pembeli.

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Dulu waktu saya sekolah SMP sering membuat anyaman dari bambu seperti membuat boboko (bakul), nyiru (nampan), hihid (kipas), bilik (tirai), tusuk sate, ayakan (saringan), perkakas rumah tangga berbahan dasar bambu. 

Waktu itu saya kalau dirumah belajar dengan Kakek saya, kalau disekolah SMP ada Guru kerajinan saya yaitu Pak TONO. Tapi karena sudah lama gak membuat, akhirnya sedikit – demi sedikit saya lupa.

Ayakan anyaman dari bambu diserbu pembeli dari Dusun Gardu.
Ayakan anyaman dari bambu diserbu pembeli dari Dusun Gardu.

Silahkan baca Remis, Kijing untuk menyembuhkan penyakit kuning

Padahan kalau sekarang masih bisa membuatnya. Bisnis ini cukup cemerlang juga. Meskipun harganya rendah. Seperti ayakan di poto ini, sangat laku di warung Mertua saya, maklum mertua saya jualan diwarungnya apa saja, tergantung pesanan hehehe, harganya sekitar 20 – 25 Ribu, tergantung besar kecilnya. 
Cara menggunakan ayakan dari bambu untuk nyair remis. Diperagakan oleh model Nenek saya hehehe.

Di kampung saya bahan baku berupa bambu tak sulit karena masih banyak yang menanam bambu. Tapi pengrajinnya sangat sedikit.

Kenapa coba ayakan anyaman bambu didaerah saya sangat diminati dan laku?. Ya, jawabannya, karena masyarakat Dusun Gardu, setiap hari mengambil Remis di sungai dengan menggunakan ayakan. Meskipun air sungainya sepinggang masih bisa di ambil remis – remis tersebut dengan menggunakan ayakan dari bambu tersebut. 
Silahkan dipilih - pilih Ayakannya. Poto Nenek saya sedang milih ayakan dari bambu

Silahkan baca Istilah – istilah dalam menanam padi di sawah atau nyawah di kabupaten Subang.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

Sampurasun Mang. walah ayakan ge meuni rame yang beli ya Mang
di tempat pasar saya sudah agak jarang yang jual ayakan bambu itu Mang Yono :)

Balas

ayakannya banyak ya mang,,,,minta satu mang,,,soalnya disini ngga ada orang yg jualan spt itu,,

Balas

Iya kang, mendingan beli deh dari pada bikin sendiri lama...

Kalau begitu akang belinya ke tempat saya aja xixixix

Balas

Hehehe... terus disana mau buat apa mbak?... tapi bagus untuk dipajang diruang tamu xixixix

Balas

balas dulu: rampees

Balas

dipinggir lukisan bidadari yang ilang selendangnya dong

Balas

ngerjainnya rapi ya Mang. kayak kumis Mamang, rapi

Balas

kalo nggak rapi, entar remisnya nggak mau masuk dong

Balas

Kalo dikampung saya di lereng timur semeru, namanya irik, tapi lubangnya dibuat lebih kecil

Balas

Kalau yang dibuat kecil Itu buat ayakan tepung atau santan ya cak??, apa bukan hehehe

Balas

Iya mas nanti malah pada lari remisnya xixixi, dan kalau gak rapih mungkin gak ada yang beli, seperti buatan saya waktu itu, gak ada yang beli xixiix

Balas

Kalau bikin sendiri belum tentu bagus.. Udah jarang nih kalau disini yang jual ayakan bambu gitu.

Balas

Cantik dan Unik, itulah kelebihan dari Hand Made. Selain itu juga bisa menanamkan Cinta Produk Dalam Negeri ya Kang.. ;)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger