Skip to main content

Remis, Kijing untuk menyembuhkan penyakit kuning

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Hepatitis B atau penyakit kuning yaitu terjadi perubahan pada kulit menjadi kekuningan. Penyakit kuning biasanya menyerang pada anak – anak tapi tak sedikit orang dewasa juga terserang penyakit kuning.

Ini adalah pengalaman masyarakat kampung Gardu, untuk mengobati Penderita sakit kuning tapi yang tidak mempunyai penyakit kuning juga boleh mengkonsumsinya loh. Baca Cara Membuat Dage Biji Karet Untuk Di Konsumsi


Remis, Kijing Untuk menyembuhkan penyakit kuning
Remis untuk menyembuhkan penyakit kuning. Remis hasil tangkapan mertua saya

Nah, untuk penderita penyakit kuning ini biasanya terlihat sangat pucat. Memiliki kulit dan bola mata yang berwarna kuning. Dan biasanya penderita sakit kuning akan merasa cepat lelah, letih,lesu. Nafsu makan pun jadi berkurang. Katanya penyakit kuning ini bisa menular loh. Yaitu melalui hubungan suami istri, melalui makanan. Makanya hati – hati ya kalau mau makan di warung jangan – jangan sendok, piring atau gelas itu bekas orang yang terkena penyakit kuning atau hepatitis B.
Remis masih ada cangkangnya
Remis masih ada cangkangnya belum dimasak

Tapi gak usah cemas dan khawatir saya punya cara untuk menyembuhkannya, untuk pengobatan tradisionalnya gampang loh, tinggal ngambil aja Remis atau Kijing di sungai, parit atau beli di kampung saya hehehe. Caranya dengan mengkonsumsi makanan atau lauk Remis / Kijing, Remis dan kijing adalah binatang yang tak asing lagi bagi masyarakat kampung saya. Karena hampir setiap orang pernah mengambil Remis / kijing di Kali Ciasem, termasuk Nenek, mertua dan kalau ada waktu saya juga suka ngambil remis dikali dan airkalinya agak dangkal sekitar sepinggang. Kali Ciasem yang tepatnya di kampung Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, Subang.

Tapi masyarakat kampung saya sudah pada tahu loh kapan Remis - remis itu bisa diambil, karena kalau salah maka remis yang dikonsumsi tersebut, rasanya kurang enak, banyak pasirnya di dalam daging remis tersebut. walau direndem 2 hari - dua malam pun tetap ada pasirnya.
 
Remis adalah kerang kecil yang hidup di sungai, parit yang airnya tawar. Kijing adalah kerang yang agak besar berbentuk lonjong seperti kerang Hijau, hidupnya juga sama seperti remis. Baca Cara membuat masakan Loto dari daun talas.
 Remis digoreng juga enak.

Caranya: Penderita sakit kuning cukup mengkonsumsi remis yang sudah di olah secara rutin sebagai lauk setiap kali makan. Terserah mau di pindang, disayur, ditumis, digoreng, dipepes atau bahkan direbus dan diminum airnya, asal rutin saja, dalam hitungan 3 – 5 hari penyakit kuning yang diderita akan cepat sembuh.
Remis dipepes juga enak

Mungkin lain waktu saya akan nulis tentang mengambil remis di sungai, mengeluarkan daging dari cangkang remis karena bukan diambil satu satu dari cangkangnya loh hehehe. Baca Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar