logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bangunan itu murah pakai beton atau konstruksi baja ?.

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Apakah pernah anda menghitung dan menganalisa suatu bangunan yang menggunakan konstruksi beton lebih murah bila dibandingkan dengan konstruksi baja?. Saya punya sedikit pengalaman menarik tentang perhitungan bangunan yang menggunakan konstruksi beton dan konstruksi baja. Baca juga Bagaimana cara agar atap rumah tidak bocor?.

Awalnya saya penasaran untuk mengetahui selisih harga antara konstruksi beton dan konstruksi baja. Sempat saya tanya ke orang ahli perencanaan dan struktur, Jawabannya dia langsung memvonis dengan menjawab " Mahal baja atuh Mang, baja khan perkilonya 10 ribuan lebih, sedangkan beton itu paling dibawah 8 ribuan ". Mungkin dia tidak membuktikan dengan cara menghitung dan membandingkannya antara konstruksi baja dengan konstruksi beton, tapi dia hanya memperkirakan saja. Waktu itu saya cuma mangut-mangut saja, karena saya pun belum sempat menghitung dan memberi bukti.

Bangunan itu lebih murah pakai beton atau konstruksi baja
Mas Sukri, sedang kerja apa gerangan?.

Silahkan baca Cara Pelitur kayu atau perabotan Rumah supaya mengkilap dan kinclong

Tapi sekarang saya punya jawaban, setelah membuktikannya. Untuk biaya struktur bawah, dari mulai pondasi, sloof, dalam perhitungan ini saya menemukan harga kolom beton lebih murah di banding kolom baja dengan ukuran yang sama ukuran 30cm x 150cm, kalau di konversi ke baja jatuhnya menggunakan baja WF 300 x 150. Setelah saya hitung ternyata kolom beton jauh lebih murah dibanding kolom baja. Terus saya lanjutkan dengan menghitung pembalokan. ternyata pada perhitungan pembalokan ada yang mengagetkan. setelah saya hitung biaya balok beton dengan ukuran 250 x 120, dengan tulangan dan hasilnya biaya konstruksi baja dengan WF 250 x 125 lebih murah dari konstruksi beton disini unggul konstruksi Baja.

Baca Cara mengecat Plafon Rumah yang bernoda karena terkena bocoran air hujan atau lembab

Setelah menghitung biaya bangunan tersebut, langsung bisa saya simpulkan, bahwa untuk konstruksi kolom saya menggunakan konstruksi beton, karena kolom beton terbukti lebih murah. Pada pembalokan saya memutuskan dengan menggukan konstruksi baja, karena baja terbukti lebih murah.

Mungkin dari hasil perhitungan saya ini sobat bisa mengkaji ulang apakah anda akan memutuskan seluruh bangunan dengan menggunakan konstruksi beton atau konstruksi baja atau antara kolom beton dan balok baja.

Mungkin bagi orang yang seperti saya ini " Ah masa, bagunan segitu besarnya bisa dihitung ?". Jawaban saya tentunya " Bisa, saya bahkan sudah berkali - kali menghitung berat suatu bangunan, maklum khan saya kerjanya di perusahaan Konstruksi, dan itu adalah pekerjaan saya sehari - hari . heheh" ... *Gaya hehhe. 

Bila yang belum pernah menghitung berat Bangunan, maka ada tabelnya loh, tentunya sesuai setandar SNI, jadi besi ukuran segitu berat Kilogramnya ada di tabel. " Buah dipohon aja dapat dihitung oleh para bandar, kalau mau borong buah tapi buahnya masih dipohon, iya khan?."

Baca Apapun Pekerjaannya Serahkan Saja Pada Ahlinya

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

betul mang, untung harga perbatang baja emang terkesan mahal, tapi kalau dibandingin sama kayu yang nominalnya murah karena kebutuhannya banyak jatohnya malah mahal...kekuatannyapun baja mah pastinya lebih kuat, tapi ngga tau juga kenyataannya mah sih....kan kalau kayu mah udah dipake jadi bahan bangunan sejak ratusan tahun yang lalu, sementara baja mah kan palingan baru 20 tahunan orang make baja...jadi belom terbukti secara ilmiah sesungguhnya kuatan mana antara kayu dengan baja...ntar deh saya akan riceking di lab. ITB atau IPB deh yah

Balas

untuk artikel ini aku no komen ah, nyimak aja dulu, nunggu ilham dari langit..

Balas

Iya khan kang... tapi sekarang pabrik - pabrik jarang yang menggunakan kayu, kecuali pabrik bata merah kakek saya di kampung yang masih menggunakan kayu dan bambu hehehe

Balas

Beuu nunggu ilham dari langit hehehe... Silahkan atuh teh disimak heheheh

Balas

mendingan kayu lah
kalo ga kuat beli gas mahal tinggal dicoplokan buat dudurukan hahah

Balas

selain itu pengerjaan baja juga lebih cepat

Balas

Mang yono salam kenal... Saya renaca mau bangun rumah, mhn info berapa % kira2 selisih antara pakai baja dengan beton utk rumah 2 lantai? Hatur nuhun

Balas

Anda benar.
Bukan karena pekerjaan saya dibidang baja. Kalo toh biaya baja dan beton sama,saya ttp pilih baja bisa dibilang tahan gempa dan resiko retak tidak ada. Hehe sekedar ikut nimbrung,siapa tau ada proyek konstruksi baja yg nyangkut. Makasih

Balas

terima kasih atas sharing yg bagus dan bermanfaat. untuk tidak mengurangi rasa hormat kepada admin blog saya menawarkan jasa konstruksi murah menggunakan besi atau baja dapat dilihat di blog saya terima kasih admin..
konoakonstruksi.blogspot.co.id

Balas

Saya mau bangun rumah 2 lantai. Rencana konstruksi balok dan kolom pake baja wf 200. Tp belum tahu nnt harga jatuh di angka berapa. Kalau kolom dan balok cor beton biayanya besar. Masih sy pertimbangkan betul2. Irit irit. Hehe

Balas

saya juga ingin rumah naik 2 lantai tapi kolom beton dan untuk dek lantai duanya pake besi H juga ukuran 6x7m kira kira habis berapa yah untuk pembesiannya saja

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger