Cara menyemai biji kemangi di media pot.

Sampurasun ...

Blog Mang Yono. Tadi pagi saya melihat tanaman kemangi di rumah Boss di Jakarta sudah mengering pohonnya dan buahnya juga sudah mengering, langsung saya ambil saja untuk di semai di Rumah boss. Ups, maksud saya di taman heheh. Tapi saya tidak menyemaikhannya di tanah langsung, tetapi saya menyemainya menggunakan wadah / pot. Maklum khan di Jakarta, jadi saya nanamnya pakai Pot, kalau di kampung saya cukup di tebar di kebun belakang Rumah dah tumbuh deh, bahkan gak ditanam juga tetap ada yang tumbuh, mungkin ada pohon kemangi yang berbuah dan bijinya pada jatuh ketanah ya. Berhubung waktunya saya terburu – buru dan gak sempat untuk mengeluarkan biji – biji yang kecil di cangkangnya dan langsung menyemainya dengan cangkangnya heheh.

Berikut ini yang saya lakukan, mungkin cara saya ini ngocol ya, tapi biar dah daripada dibuang, mending ditanam hehehe. Saya itu suka menanam tanaman, bunga atau bahkan menyemainya dari biji, banyak sih yang gagal, tapi lebih banyak yang berhasilnya hehehe.

Cara menyemai kemangi di media pot.
Ini adalah biji kemangi masih ada cangkangnya dan masih ada tangkainya

Baca juga Cara budidaya atau semai Srikaya dari biji

Kalau menurut aturan penyemaian benih, maka yang dilakukan yaitu melakukan tahapan Pra-Semai, yang bertujuan agar benih tumbuh akan lebih besar. Namun saya langsung menyemai tanpa melalui Pra-Semai. 
Ini adalah biji kemangi yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya.
Ini adalah biji kemangi yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya. Ukurannya sekitar 1 Milimiter, kecil sekali khan?

Baca juga Cara budidaya atau semai Cempedak dari biji

Berikut proses menyemai : 
• Siapkan wadah semai seperti Pot / ember atau wadah lain, usahakan bagian bawah berlubang (bisa dibuat lubang sendiri kalau yang tidak ada lubangnya)

• Isi dengan media. Sebaiknya campuran media tanah, sekam halus atau pupuk organik, lalu campur menjadi satu. Basahi dahulu campuran media agar lembab.

Baca juga Cara Semai Adenium ( bunga kamboja Jepang ) dari biji

• Masukan media yang sudah dicampur tadi kedalam wadah yang sudah disiapkan untuk menyemai.

• Taburkan bibit atau biji kemangi tersebut, kalau saya ditaburkannya bersama cangkangnya hehehe. Karena waktunya terburu - buru.
Taburkan bibit atau biji kemangi ke media yang sudah di pot
Taburkan bibit atau biji kemangi ke media yang sudah di pot

Baca juga Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi

• Setelah selesai penaburan biji kemangi, lalu taburkan pupuk organik atau arang sekam padi secara tipis, kira – kira ketebalan 1 Cm.
Taburkan pupuk organik atau arang sekam padi secara tipis, kira – kira ketebalan 1 Cm.
Taburkan pupuk organik atau arang sekam padi secara tipis, kira – kira ketebalan 1 Cm.

Baca juga Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar

• Setelah itu siram dengan pelan dan hati – hati, jangan campai biji – biji kemangi yang sudah disemai dan ditutup media tersembul oleh air, pada saat penyiraman, selanjutnya simpan ditempat yang teduh atau bisa juga dengan menutup atas media pot dengan pelastik atau kardus, agar tanah semaian lembab terus dan tidak menguap.
Siram dengan pelan dan hati – hati
Siram dengan pelan dan hati – hati

Atau silahkan kunjungi juga Cara penyemaian macam - macam tanaman atau bunga di blog saya

Cara ini bisa dipraktekan untuk sobat yang tidak mempunyai pekarangan / halaman rumah, yang tinggal di Perkotaan, jadi cukup menanamnya di Pot sudah bisa merasakan dan memetik kemangi. 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar