Skip to main content

Bangunan itu murah pakai beton atau konstruksi baja ?.

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Apakah pernah anda menghitung dan menganalisa suatu bangunan yang menggunakan konstruksi beton lebih murah bila dibandingkan dengan konstruksi baja?. Saya punya sedikit pengalaman menarik tentang perhitungan bangunan yang menggunakan konstruksi beton dan konstruksi baja. Baca juga Bagaimana cara agar atap rumah tidak bocor?.

Awalnya saya penasaran untuk mengetahui selisih harga antara konstruksi beton dan konstruksi baja. Sempat saya tanya ke orang ahli perencanaan dan struktur, Jawabannya dia langsung memvonis dengan menjawab " Mahal baja atuh Mang, baja khan perkilonya 10 ribuan lebih, sedangkan beton itu paling dibawah 8 ribuan ". Mungkin dia tidak membuktikan dengan cara menghitung dan membandingkannya antara konstruksi baja dengan konstruksi beton, tapi dia hanya memperkirakan saja. Waktu itu saya cuma mangut-mangut saja, karena saya pun belum sempat menghitung dan memberi bukti.

Bangunan itu lebih murah pakai beton atau konstruksi baja
Mas Sukri, sedang kerja apa gerangan?.

Silahkan baca Cara Pelitur kayu atau perabotan Rumah supaya mengkilap dan kinclong

Tapi sekarang saya punya jawaban, setelah membuktikannya. Untuk biaya struktur bawah, dari mulai pondasi, sloof, dalam perhitungan ini saya menemukan harga kolom beton lebih murah di banding kolom baja dengan ukuran yang sama ukuran 30cm x 150cm, kalau di konversi ke baja jatuhnya menggunakan baja WF 300 x 150. Setelah saya hitung ternyata kolom beton jauh lebih murah dibanding kolom baja. Terus saya lanjutkan dengan menghitung pembalokan. ternyata pada perhitungan pembalokan ada yang mengagetkan. setelah saya hitung biaya balok beton dengan ukuran 250 x 120, dengan tulangan dan hasilnya biaya konstruksi baja dengan WF 250 x 125 lebih murah dari konstruksi beton disini unggul konstruksi Baja.

Baca Cara mengecat Plafon Rumah yang bernoda karena terkena bocoran air hujan atau lembab

Setelah menghitung biaya bangunan tersebut, langsung bisa saya simpulkan, bahwa untuk konstruksi kolom saya menggunakan konstruksi beton, karena kolom beton terbukti lebih murah. Pada pembalokan saya memutuskan dengan menggukan konstruksi baja, karena baja terbukti lebih murah.

Mungkin dari hasil perhitungan saya ini sobat bisa mengkaji ulang apakah anda akan memutuskan seluruh bangunan dengan menggunakan konstruksi beton atau konstruksi baja atau antara kolom beton dan balok baja.

Mungkin bagi orang yang seperti saya ini " Ah masa, bagunan segitu besarnya bisa dihitung ?". Jawaban saya tentunya " Bisa, saya bahkan sudah berkali - kali menghitung berat suatu bangunan, maklum khan saya kerjanya di perusahaan Konstruksi, dan itu adalah pekerjaan saya sehari - hari . heheh" ... *Gaya hehhe. 

Bila yang belum pernah menghitung berat Bangunan, maka ada tabelnya loh, tentunya sesuai setandar SNI, jadi besi ukuran segitu berat Kilogramnya ada di tabel. " Buah dipohon aja dapat dihitung oleh para bandar, kalau mau borong buah tapi buahnya masih dipohon, iya khan?."

Baca Apapun Pekerjaannya Serahkan Saja Pada Ahlinya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments