logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Buah Takokak Bisa Menyembuhkan Mata Minus.

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang yono. Takokak fruit can cure eye minus. Is it true that ?, before I ever wrote about Takokak.

Well, this time I will share my writing about the efficacy of this tiny fruit, the fruit the size of a Leunca anyway, but if I said this is similar to eggplant mah peuheur of his skin and the shape of the tree as well, thorny. ( By Google translate, yang aslinya terus saja baca kebawah hehehe )

Buah Takokak Bisa Menyembuhkan Mata Minus. Benarkah Itu ? 
Pohon Takokak tumbuh di kebun belakang Rumah saya.


Buah takokak bisa menyembuhkan mata Minus. Benarkah itu?, sebelumnya saya pernah menulis tentang Takokak.
Nah, kali ini saya akan berbagi tulisan saya tentang khasiat dari buah yang mungil ini, buahnya sih besarnya seukuran Leunca, tapi kalau kata saya mah ini mirip dengan terung peuheur dari kulitnya dan bentuk pohonnya juga, pohonnya berduri.

Baca : - Terong Kuning ( Solanum indicum) atau Terong Peuheur

            -  Cara membuat karedok terong peuheur atau terong kuning

            -  Karedok Leunca Khas Jawa Barat 

            -  Takokak. 

Pernah suatu hari saya ngobrol dengan tetangga yang menderita mata minus, dia sudah pakai kacamata sejak kelas 6 SD. Katanya mata minus bisa diobati, bahkan bisa hilang. Dia termasuk Minus 2 dan sekarang dia sudah sembuh dari minusnya. Adik nya juga minus 1 dan sekarang sudah sembuh, dia bahkan tidak butuh kacamata lagi. Caranya? Dengan buah takokak ( bahasa sunda ), Rimbang, Terong Pipit. Buah takokak ini bentuknya hijau bulat-bulat kecil, rasanya memang pahit dan tidak enak, tapi cukup sehari makan 5 - 10 butir saja dengan rutin tiap hari, selama beberapa bulan mata minus dipercaya bisa disembuhkan. Ingatlah kalau rasa tidak enak itu hanya sebatas di mulut saja, setelah dicerna akan sangat bermanfaat buat tubuh. Jadi lupakanlah atau hiraukanlah rasa pahit getir itu ... hehehe. Ini belum seberapa bila dibandingkan dengan Pahit getirnya kehidupan heheheh.
Pohon Takokak dan daunnya mirip dengan terong, lebih mirip lagi dengan terong peuheur pada pohonnya berduri.
Pohon Takokak dan daunnya mirip dengan terong, lebih mirip lagi dengan terong peuheur pada pohonnya berduri.

Nah, dengan mengkonsumsi buah takokak ini, kita gak boleh atau ada yang harus dihindari pada  aktivitas kita sehari-hari yaitu, jangan pernah membaca sambil tiduran, dan usahakan tidak terlalu lama berada di jangkauan radiasi sperti TV atau komputer, karena bisa membuat mata minus anda semakin parah Kata tetangga saya.

Memakai kacamata tiap saat atau lepas-pasang tidak berpengaruh dalam menyembuhkan atau mengurangi minus mata kalau tidak sambil diobat.

Semoga bermanfaat perbincangan saya dengan tetangga saya ini. Namun sampai saat ini, belum ada orang yang membudidayakan tanaman Takokak,
Rimbang, Terong Pipit

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

kok mirip sama buah cempokoak ya Kang, apa memang cuma beda nama aja atau memang beda buahnya ya, tapi dilihat dari segi manfa'atnya sama

Balas

Tiap daerah beda beda mas, mungkin di daerah mas Arie namanya cempokoak ....

Balas

Di derah saya pohon takokak ini dah langka mang, kalo dulu mah saya suka makan pake lalapan takokak, pohonnya mirip banget sama terong ya mang :)

Balas

pastinya, orang didaerah saya juga bukan takokak nyebutnya mang tapi katokak ya mirip-mirip juga sih :D

Balas

wah berarti di bolak - balik ya kang hehehe

Balas

iya kang pohon takokak belum ada yang membudidayakan, pohon ini tumbuh secara liar.

Nanti saya mau budidaya pohon takokak ya kang hehehe

Balas

apa lagi mang, takokak. susah nih nyarinya. namanya aja susah. mamang nih bikin saya bingung aja ihh

Balas

Biasanya takokak ini tumbuh secara liar mas, belum ada yang membudidayakan, tapi enak loh buat campuran sayur asam dan banyak manfaatnya juga

Balas

Mau coba juga untu anak ssaya msh sd udah minus 2 dn 2,5
Mudah-mudahan anaknya mau makan rimbang yg mentah.kalau yg dimasak sih mau.
Makasih utk infonya

Balas

gimana cara mengkonsumsinya kak? apa perlu diolah? atau langsung dimakan saja? thanks atas infonya :)

Balas

Lalap paporit saya itu.
hari ini saya lagi ngerebus..
selain buah nya air rebusan nya juga bermampaat

Balas

Meuni bodor.. Apalagi tentang pahit getirnya khidupan wkwkwwkk..bkin ngakak.. Nuhun tipsnya dicoba ahh..

Balas

enak ko buat lalap.. sama sambel sama asin... euh mantap ... hehe

Balas

Didaerah q namanya terong pokak..biasa dipake obat diabetes

Balas

Didaerah q namanya terong pokak..biasa dipake obat diabetes

Balas

Di jakarta nyari kayak gitu dimana ya? Dijualkah dipasaran?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger