logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tradisi Gotong Royong di Dusun Gardu, Subang.

Sampurasun ..  Rampes.

Blog Mang Yono. Ngahiras, kuriakan, ngaruag / Gotong royong adalah Tradisi yang patut diacungi jempol di Dusun Gardu , Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Tradisi Gotong Royong ini biasa dilakukan pada Pembuatan Rumah, Mengambil kayu bakar untuk yang mau melaksanakan hajatan, pembuatan kue untuk yang mau melaksanakan hajatan. 

Tradisi Gotong Royong di Dusun Gardu
Gotong Royong Pembuatan Rumah milik Mang Cemot / Bi Eros 

Kebiasaan ini berlaku bagi semua warga, tak membedakan si kaya dan si miskin, tua - muda. Bujang - perawan, duda - janda semuanya dilakukan dengan kebiasaan Gotong Royong. bersama warga sekitar dari dusun Gardu. Tradisi Gotong Royong ini dilakukan selama 1 – 2 Hari pertama dan pemasangan genteng / atap. Kalau pembuatan rumah yang tipe 36, saya kira selesai dalam 2 hari, berarti pembuatan itu tanpa memberi upah ke pekerja, dengan Gotong Royong saja sudah bisa selesai.

Baca :     
Dimana Kabupaten Subang itu?. 
Lanud Suryadarma will So Airport Commercial Cargo 
Melihat Ular Besar Di Kali Ciasem Kampung Gardu.
Ayakan anyaman dari bambu diserbu pembeli.

Tradisi Gotong Royong di daerah saya ini, tanpa di tunggangi unsur politik, ini adalah murni dari hati nurani warga dusun Gardu. Kalau didaerah lain mungkin tidak ada kebiasaan Gotong Royong seperti di dusun Gardu / di tempat saya ini.
Tradisi Gotong Royong di Dusun Gardu, Subang
Pembuatan Rumah milik Mang Cemot / Bi Eros 

Seperti yang dialami saya, dulu sekitar tahun 1995 saya membuat rumah. Warga yang bergotong royong cukup banyak sekali, sekitar 100 Orang lebih, pembuatan pondasi dan pengecoran balok slop saja dilakukan dalam 1 hari, berbeda sekali kalau saya membuat bangunan di proyok Pondasi dan pengecoran balok sloop seukuran rumah saya bisa menmakan waktu 5 – 7 hari.
Pembuatan Rumah milik Mang Cemot / Bi Eros
Pembuatan Rumah milik Mang Cemot / Bi Eros 

Dari foto diatas terlihat bagaimana kegiatan gotong royong pembuatan rumah milik Mang Cemot / Bi Eros  yang tinggal di daerah Dusun Gardu, Bendungan, kec. Pagaden Barat.

Keunikan dari gotong royong ini yaitu pada acara makan, yaitu makan bersama – sama sekitar 100 orang sambil ngariung / berkumpul dengan lesehan, walaupun makannya seadanya, ikan asin, lalapan dari berbagai jenis, seupan, sayur sambal dan nasi pulen ( karena ditempat saya ini semua warga mengkonsumsi nasi pulen semua, maklum khan padinya nanam sendiri ) makan jadi serasa nikmat.

Semoga tradisi Gotong Royong di Dusun Gardu ini bisa di lestarikan ...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Budaya tradisi jaman dulu Gotong royong masih terbina
Dan terjaga di Dusun Gardu Subang ya Mang. syukur deh
Kalau masih ada kepedulian antar Masyrakat ini. salam sukses Mang :-bd

Balas

Aehhh alhamdulilah dapet Pertamax.. maaf yah Bapak/Ibu hhh :D

Balas

gotong royongnya,,,bikin iri,,,disini kalau gak dibayar gak mau bantu,,,

Balas

luar biasa ya tradisi gotong royong nya mas sangat bagus sekali ya master, jadi bisa dicontoh nih untuk warga perkotaan yang hidupnya individu :)

ikutan lomba yuk di situs dicuekin.com :)

Balas

Gotong rooyong dapat mempersatukan
Antara waga satu dengan yang lain
dan akan terjalin tali persaudaraan yang lebih hebat dan juga kuat
maka dari itu tradisi ini jangan sampai hilang di sekitar lingkungan kita.

izin follow blog gan, jangan lupa back yaa

Balas

Waah inni tradisi masih berjalan baik di kampung saya.
jadi kita lebih akrab dengan yang lain. jngan lupa follow back yaa gan

Balas

wah mantab...itu nuthuknya ndak pake palu tapi pakek kampak :0

Balas

masih ada dan aktif juga ya kang hal-hal positif seperti ini, tulisan ini pantas untu disebar luaskan, saya share ulang post-nya ya mang..

Balas

yang namanya gotong royong, dikampungku masih kompak warganya.
tapi setelah pindah ke kota, jarang banget. banyak acuhnya . .

Balas

mantap artikel nya mang :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger