Mencoba menyemai biji tangkil / melinjo.

Sampurasun ..  Rampes.

Blog Mang Yono. Pohon melinjo tumbuh dianjurkan untuk program penghijauan wilayah.

Pohon melinjo diperbanyak dengan benih atau cangkokan, juga dapat dilakukan perbanyakan dengan setek atau sambungan. Tapi saya baru mempraktekan cara menyemai, kalau yang lainnya nanti saya coba juga .

Mencoba menyemai biji tangkil / melinjo.
Mencoba menyemai biji tangkil / melinjo.Mencoba menyemai biji tangkil / melinjo.

Saya menulis ini mau berbagi tentang pengalaman saya saja, karena pada 7 bulan yang lalu saya melakukan percobaan persemaian denga biji melinjo. Memang sih saya melakukan percobaan ini jumlahnya tidak banyak, hanya 3 biji, yang tumbuh Cuma 2 biji hehehe.

Dalam percobaan ini saya dapatkan biji – biji dari melinjo tersebut warung mertua hehehe. Khan waktu itu jualan sayuran mentah yang ada daun melinjo dan buah melinjo, saya lihat ada yang matang tuh buah melinjonya. Langsung saya beli saja tuh sayuran mentahnya dan saya ambil biji melinjo yang matangnya ( kali ini saya beli loh hehehe ). Kalau yang lainnya saya serahkan ke istri saya untuk diolah menjadi sayur asam. Nah, setelah itu saya semai saja 3 biji melinjo tersebiut dalam 3 buah pot kecil, ukurannya sekitar diameter 10 cm. 

Berikut ini cara saya untuk percobaan persemaian dari biji melinjo. Untuk perbanyakan dengan biji  yang harus dilakukan yaitu, ini merupakan cara saya yang baru pertama kali menyemai biji melinjo

Pertama : Kulit buah dari biji tangkil / melinjo dibuang dan bijinya dikering – anginkan.
Kulit buah dari biji tangkil / melinjo dibuan
Kulit buah dari biji tangkil / melinjo dibuang

Kedua : Siapkan media berupa campuran tanah dan arang sekam padi dengan perbandingan 1 : 1 dan masukan kedalam pot berukuran diameter 10 cm, kalau dalam jumlah banyak bisa juga dibuatkan bedengan. Dan dibuatkan naungan atau ditutup pelastik. 

Baca : 
Kekhawatirkan kelangsungan pertanian di desa 
Potret pertanian yang sedang dialami Indonesia.
Menanam kacang tunggak di lahan sawah untuk lalapan 
Cara membuat benih padi sendiri. 
Kayu Sengon Dan Pembibitan sengon 
Cara menanam kacang tanah di kebun atau sawah

Ketiga : Setelah itu siram setiap hari, setelah 3 bulan biji melinjo tersebut akan  berkecambah, tapi harus dibawah naungan sampai berumur 6 bulan atau lebih, kemudian dipindahtanamkan ke lapangan pada awal musim hujan.
Bibit melinjo harus dibawah naungan sampai berumur 6 bulan atau lebih

Bibit melinjo harus dibawah naungan sampai berumur 6 bulan atau lebih
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar