logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pentingnya Air Bagi Kehidupan. Kita Harus Hemat Air

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Keprihatinan negara-negara di dunia terhadap keberadaan Sumber Daya Air (SDA) dewasa ini semakin menggejolak.  Cadangan air semakin berkurang sementara kebutuhan – kebutuhan yang menggunakan bahan dasar air semakin meningkat. Eh, Indonesia sebagai negara kelima terbesar yang memiliki cadangan air, di saat musim kemarau mengalami kelangkaan air juga.  

Dari fenomena tersebut maka negara-negara di seluruh dunia menyerukan kepada seluruh masyarakat melalui peringatan Hari Air Dunia (HAD) untuk mengambil langkah-langkah penyelamatan air demi generasi yang akan datang, buat anak cucu kita mungkin ya. Baca : Biasakan anak mandi 2 kali dalam sehari.

Pentingnya Air Bagi Kehidupan. Kita Harus Hemat Air
 Gigin setiap hari selalu saja mainan air. Pentingnya Air Bagi Kehidupan. Kita Harus Hemat Air.

Menurut saya mulai dari sekarang kita harus peduli dan hemat dalam menggunakan air. Seperti di musim kemarau yang panas melanda wilayah Subang, Jawa Barat, membuat sumur warga semakin surut bahkan ada yang mengalami kekeringan, air sumur yang digunakan untuk mandi cuci dan kakus (MCK) sudah tidak dapat ditimba lagi, Syukurlah disumur saya masih melimpah airnya, tapi meskipun air banyak ya saya ikut hemat juga dong, siapa tahu banyak tetangga yang membutuhkan air, saya bisa memberinya khan. Termasuk penyiraman tanaman, bunga di halaman rumah saya juga mulai dihemat, meskipun sepetak tanah yang dijadikan taman bisa bikin rumah jadi indah, tapi mau digimanain lagi coba. Khan perawatannya pasti membutuhkan air yang tidak sedikit. Apalagi saat mulai memasuki musim kemarau. Wah, rasanya sayang sekali kalau mau buang-buang air untuk menyiram tanaman ya?. 

Makanya saya suka sekali menanam tanaman yang di musim kemarau mati dan di musim penghujan pada tumbuh kembali. Seperti pada artikel saya sebelumnya tentang Musim hujan tiba Bunga Fairy lily berbunga kembali. Tapi lain lagi dengan anak saya yang kecil ini, setiap hari harus saja mainan air. Bangun tidur langsung dorong – dorong pintu sambil nendang – nendang pintu pengen keluar atau bahkan suka naik kekursi dan gedor - gedor kaca jendela  “ ngka ... ngka ... ngka “ sambil teriak – teriak. Terus saya tanya  “ mau kemana de Gin “ dia jawab “ Nyiyam ... nyiyam “. Bingung khan mau menjelaskan harus hemat air kepada anak sekecil anak saya itu hehehe.

Gigin anak saya naik kekursi dan gedor - gedor kaca jendela
Gigin anak saya naik kekursi dan gedor - gedor kaca jendela  “ ngka ... ngka ... ngka “ sambil teriak – teriak “ Nyiyam ... nyiyam “.

Tapi memang betul sih, musim kemarau yang panas biasanya membuat tanaman jadi cepat kering dan kalau tidak mau tanaman itu mati, kita harus rajin menyiramnya.

Padahal dulu musim hujan dan musim panas terjadi selama 6 bulan dalam setahun, asal udah bulan September atau bulan yang akhiran ber ... ber ... ber ... Sudah pasti musim hujan datang. Tapi sekarang karena pemanasan global, curah hujan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya terjadi di dalam periode lebih singkat (pada musim hujan), sementara sisanya mengalami musim panas yang gersang. Jadinya sekarang ini yang dialami kita musim hujan kita kebanjiran, musim panas kita kekeringan.

Terus gimana atuh cara mengatasinya ?. Bagai mana kalau kita nangkep air hujan saja!. Caranya?. Ya, buat sumur resapan atau sumur biopori, Buat bak penampung air hujan, Tanam pohon. Secara alami air hujan yang jatuh langsung diserap masuk ke dalam tanah. Air yang dikenal dengan air tanah, kita pakai untuk minum, masak, mandi, mencuci, dan lain - lain.

Menurut yang saya baca di salah satu surat kabar tentang persedian Air Dunia Bumi ini terdiri dari air sebanyak 70%, di mana 97,5% adalah air laut, sementara hanya 2,5% nya adalah air bersih. Sebagian besar air bersih ini tersimpan di gletser di kutub. Hanya sekitar 30% (dari 2,5%) merupakan air tanah dan air permukaan (sungai, danau dan rawa). Bayangkan, persediaan air bersih yang hanya sedikit itu harus kita bagi dengan 6 milyar lebih penduduk dunia!.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

Air itu menjadi sumber kehidupan di sekitar kita, Sumber kesehatan dan juga kebersihan

Balas

iya Mang kalau jaman dulumah sudah bisa diprediksi antara kemarau dan musim penghujan,dari nama bulan,bulan yang ujungnya ber-ber sudah bisa dipastikan musim hujan,begitu sampai maret,,,ret ret hujanpun berhenti,Tapi untuk sekarang itu semua sudah tidak berlaku lagi,,,,,ada apa yah gerangan ,,,,????

Balas

waduh sudah bisa dibayangkan andai didunia ini tidak ada air,,,,kumaha atuh nya.....

Balas

kalau pas musim kemarau kayak gini baru terasa manfaat air bersih bagi kita ya Mang, apalagi di tempat saya kalau bikin sumur bisa mencapai kedalaman 27 meter lebih

Balas

mungkin kita masih bersyukur, walaupun musim kemarau, tetapi air masih kita dapatkan,.. dibandingkan negara2 di benua afrika sana..yg memang hari2nya kekurangan air..:(

Balas

Alhamdullilah kang kalo di daerah saya pasokan air masih banyak karena kami selaku warga desa selalu menghemat air dan menjaga lingkungan :) Salam Dari Kuningan jawa barat daerah saya yang tercinta :D

Balas

apalagi jaman musim kemarau seperti sekarang ini air, apalagi air bersih jadi benda milik Allah yang sangat di rindukan keberadaannya oleh seluruh umat-Nya.
oleh sebab hal tersebut, maka mari kita cintai bumi dengan merawat dan menjaganya, caranya? menanamlah satu pohon per 3 bulan, agar air tersedia selalu pada kondisi musim kemarau dan air tetap akan menjadi sahabat walaupun di musim hujan.
aaaamiiiiin....

Balas

para istri akan banyak di tinggalkan para suaminya untuk mencari air..gituh yang pastinya mah mang :D

Balas

Harusnya tulisan ini diikutka di lomba blognya Aqua kemaren Mang ... sayangnya lombanya sudah selesai :)

Balas

Nah betul sekali mas Arif... Seratus deh buat mas arip atas jawaban air bersihnya hehehe

Balas

Kalau di sumur saya sepertinya aman deh kang, meskipun dalamnya cuma 4 Meter, tapi air sudah melimpah hehehe

Balas

Waduh itu sumur apa pengeboran minyak kang.. sampai sedalam itu, kalau ditempat saya paling dalam 10 meteran, tapi sumur saya 4 meter airnya sudah melimpah.

Balas

Alhamdulilah Sumber AIr bersih di Rumah saya
Masih Aman dan persedian dalam waktu panjang Mang :)

Balas

Air memamng sumber segala sumber dari kehidupan
Manusia dan semua mahluk hidup di muka bumi ini ya Mang Yon..?
Tapi itu koq Anaknya Mang Yono mainan air.. sayang kan Mang di buang..?

Balas

hahahaha,,,si Gigin mah pinter,,,pinter nyiram pula,,,gigin ngegemesin deh,,,gin bantu tante nyok nyiram kebun,,,

Balas

Betul sekali sob.. mari kita bersyukur, masih untung ya negara kita masih subur makmur dengan air

Balas

Alhamdullilah ya, daerah kita masih gampang air bersih, gak seperti negara lain yang sepanjang waktu kekurangan air

Balas

Betul sekali kang... tanaman ubi cilembu termasuk tanaman yang jenis itu, yang 3 bulanan ya kang?

Balas

wah mbak Astri lambat deh kasih info lomba .. coba kalau waktu itu kasih infonya, mau saya poto tuh pabrik Aqua di Subang

Balas

Betul sekali kang.. dua ratus dah buat akang.. hehehe.

Ya, gitu deh.. repot khan mau ngejelasin harus hemat air ke anak balita, ya mau gimana lagi kang... airnya di glontor sampai berjam - jam dan tong penampung sampai kosong tiga kali juga namanya ke anak kecil mau gimana lagi hehehe

Balas

iya mbak, mau saya jelaskan, harus hemat air khan belum ngerti anak sekecil itu... yang penting anteng deh hehehe.

kalau bapake ngegemesin ndak ya ?... hehehe

Balas

Selamat mang yono, iklan sudah tampil lagi, cerita dong perjuangannya.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger