logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Padi di Bakan Bandung Mengerdil dan Mandul

Sampurasun .. Rampes.

Blog Mang Yono. Tanaman Padi di Bakan Bandung Mengerdil dan Mandul. Tanaman padi di daerah Kampung Gardu, Desa Bendungan, Pagaden Barat Subang, tepatnya di sawah Bakan Bandung , pertumbuhannya terhambat, banyak tanaman yang kerdil, mandul / tak berbunga bahkan daunnya menguning dan mati. Ini merupakan musim tanam yang ke-3 dalam setahun, kalau soal air di Bakan bandung ini jangan ditanya, air sangat melimpah, berbeda degan sawah - sawah ditempat lain, makanya di Bakan bandung ini penanaman padi dilakukan 3 kali dalam setahun.

Di Bakan Bandung, sebagian tanaman padi sawah mengerdil dan mandul ( tidak berbuah dan berbunga), ini bukan disebabkan pemupukan yang kurang, atau penyemprotan yang kurah, bahkan tetangga saya ini melakukan pemupukan dengan 2 kali lipat dari biasanya, dan penyemprotan 2 kali dalam seminggu. Mungkin ini diakibatkan dari hama wereng Hijau pada bulan yang lalu. 

Ini Tanaman Padi tetangga di Bakan Bandung. Terlihat tanaman padinya Mengerdil dan Mandu  
Ini Tanaman Padi tetangga di Bakan Bandung. Terlihat tanaman padinya Mengerdil dan Mandul. Gulma Rumput dan Gundanya pun tidak dibuang / dirambet.


Kebetulan Admin juga mempunyai sawah di Bakan Bandung, dan ditanami tanaman padi. Sawahnya admin sih sedikit, tapi dari sedikit itu tetap terkena hama wereng hijau juga pada bulan yang lalu, dan berdampak pada pertumbuhan padi yang menjadi kerdil. Sekarang sih hama wereng hijaunya sudah musnah.

Tapi masih beruntung Tanaman padi Admin masih ada yang tumbuh subur, boleh dibilang agak – agak bagus dah, bila dibandingkan dengan tanaman padi tetangga yang kebetulan sawahnya juga berdekatan dengan sawah Admin. Bisa dilihat poto sawahadmin yang agak sedikit bagus di poto ini.
Ini tanaman padi Admin, agak bagus khan, mudah - mudahan saja tumbuh mulus dan berbuah, agar bisa panen.
Ini tanaman padi Admin, agak bagus khan, mudah - mudahan saja tumbuh mulus dan berbuah, agar bisa panen.

Cara mengatasi hama pada tanaman padi yang menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak maksimal (kerdil) dan tidak berbuah adalah dengan mengetahui penyebabnya apa dan jenisnya hama apa.

Tanaman kerdil biasanya karena serangan hama Wereng Hijau yang menjadi vektor virus tungro yang menyebabkan tanaman menjadi kerdil, anakan tanaman berkurang dan daun berubah menjadi kuning.

Untuk menanggulanginya yaitu dengan cara : Apabila dalam satu kotak terdapat tanaman yang terkena virus tungro lebih baik d cabut dan dibuang di daratan dan lakukan penyemprotan insektisida yang di anjurkan.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

intinya sebenarnya adalah hama aja ya mas. hem.., dari mana sih asalnya hama. gimana ya cara mengusir hama tanpa peptisida

Balas

Betul sekali Mas Afrid... Asalnya hama dari sawah turun ke kali ... Darimana datangnya cinta, dari mata turun kehati ... ehhehe itu pantun ya...

Cara menanggulanginya kalau tanpa pestisida yaitu.. Tangkap rajanya hama, terus bilangin " hei kamu jangan ganggu tanaman padi saya " pasti dah itu rajanya mengumumkan ke Rakyatnya agar tidak mengganggu tanaman padi pak petani yang menangkapnya ... hahah itu cerita si Kabayan mas hehehe

Balas

hama dan kurang air ya pastinya,,kasihan banget padinya kalo begini terus ntr...

Balas

Yang pasti hama, kalau air sih melimpah di daerah ini... kebetulan ini merupakan tanam padi yang ke 3 dalam setahun.

Balas

Jangan-jangan yang ditanam itu padi betina ya mang .. gak ada jantannya ... makanya gak berbuah gitu :D

Balas

heheh bisa juga begitu mbak, padi yang ditanam padi betina atau padi jantan saja, gak sepasang heheeh

Balas

awalnya saya fikir kekeringan,mengingat di daerah ain banyak yang kekeringan,ternyata ada hama padi yang disebut wereng hujau,,,tapi Alhamdulillah ya punya Mang Yono masih bisa di panen hehehe

Balas

Sama mang sama canjur kering dan pada kerdil ...

Balas

Iya kang tanaman padi sekelilingnya pada kerdil dan mandul, tapi alhamdulillah punya saya sedikit bagus... mudah - mudahan kedepannya bisa panen heheh

Balas

Kalau air sih gak kekurangan kang, mungkin juga cuaca yang panas ya, atau angin yang kenceng hehehe

Balas

Sampurasun ..
mang kmha nya ngakalana, sawah kuring diancam gagal panen lantaran teu kaluar buah ( pare ) istilah urang karanghegar mah pare lalakina cenah.. manawi mang yono apal ..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger