Tanaman Padi di Bakan Bandung Mengerdil dan Mandul

Sampurasun .. Rampes.

Blog Mang Yono. Tanaman Padi di Bakan Bandung Mengerdil dan Mandul. Tanaman padi di daerah Kampung Gardu, Desa Bendungan, Pagaden Barat Subang, tepatnya di sawah Bakan Bandung , pertumbuhannya terhambat, banyak tanaman yang kerdil, mandul / tak berbunga bahkan daunnya menguning dan mati. Ini merupakan musim tanam yang ke-3 dalam setahun, kalau soal air di Bakan bandung ini jangan ditanya, air sangat melimpah, berbeda degan sawah - sawah ditempat lain, makanya di Bakan bandung ini penanaman padi dilakukan 3 kali dalam setahun.

Di Bakan Bandung, sebagian tanaman padi sawah mengerdil dan mandul ( tidak berbuah dan berbunga), ini bukan disebabkan pemupukan yang kurang, atau penyemprotan yang kurah, bahkan tetangga saya ini melakukan pemupukan dengan 2 kali lipat dari biasanya, dan penyemprotan 2 kali dalam seminggu. Mungkin ini diakibatkan dari hama wereng Hijau pada bulan yang lalu. 

Ini Tanaman Padi tetangga di Bakan Bandung. Terlihat tanaman padinya Mengerdil dan Mandu  
Ini Tanaman Padi tetangga di Bakan Bandung. Terlihat tanaman padinya Mengerdil dan Mandul. Gulma Rumput dan Gundanya pun tidak dibuang / dirambet.


Kebetulan Admin juga mempunyai sawah di Bakan Bandung, dan ditanami tanaman padi. Sawahnya admin sih sedikit, tapi dari sedikit itu tetap terkena hama wereng hijau juga pada bulan yang lalu, dan berdampak pada pertumbuhan padi yang menjadi kerdil. Sekarang sih hama wereng hijaunya sudah musnah.

Tapi masih beruntung Tanaman padi Admin masih ada yang tumbuh subur, boleh dibilang agak – agak bagus dah, bila dibandingkan dengan tanaman padi tetangga yang kebetulan sawahnya juga berdekatan dengan sawah Admin. Bisa dilihat poto sawahadmin yang agak sedikit bagus di poto ini.
Ini tanaman padi Admin, agak bagus khan, mudah - mudahan saja tumbuh mulus dan berbuah, agar bisa panen.
Ini tanaman padi Admin, agak bagus khan, mudah - mudahan saja tumbuh mulus dan berbuah, agar bisa panen.

Cara mengatasi hama pada tanaman padi yang menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak maksimal (kerdil) dan tidak berbuah adalah dengan mengetahui penyebabnya apa dan jenisnya hama apa.

Tanaman kerdil biasanya karena serangan hama Wereng Hijau yang menjadi vektor virus tungro yang menyebabkan tanaman menjadi kerdil, anakan tanaman berkurang dan daun berubah menjadi kuning.

Untuk menanggulanginya yaitu dengan cara : Apabila dalam satu kotak terdapat tanaman yang terkena virus tungro lebih baik d cabut dan dibuang di daratan dan lakukan penyemprotan insektisida yang di anjurkan.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar