Ngarambet Di Sawah Mang Yono.

Sampurasun .. Rampes.

Blog Mang Yono. Ngarambet di sawah merupakan kegiatan menyiangi / membersihkan area pesawahan dari rumput-rumput yang mengganggu tanaman padi. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan tangan langsung tanpa alat bantu, rumputnya dicabut / dirambet dengan akarnya.

Kegiatan ngarambet biasanya dilakukan apabila mulai tumbuh rumput-rumput pengganggu pada area tanaman padi dan kegiatan ini dilakukan apabila banyak rumput / gulma yang tumbuh di antara tanaman padi. Ngarambet biasanya dilakukan oleh 1 orang dan bisa sampai 10 orang, ini tergantung pada luas lahan persawahan yang dimiliki si petani dan juga untuk mempercepat kegiatan Ngarambet. Kalau sawah saya mungkin cukup 1 – 2 orang saja, karena sawahnya sedikit hehehe.

Ngarambet Di Sawah Mang Yono. Ngarambet Di Sawah Mang Yono. Di bakan Bandung, Kmp. Gardu, Bendungan, Pagaden Barat - Subang

Kegiatan Ngarambet ini hanya dilakukan dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang, atau sering dinamakan Sabedug / Ngabedug bukan tukang mukul beduk ya hehehe. Dinamakan Ngabedug karena setiap jam 12 atau pas shalat Duhur pasti beduk di tabuh. Nah, kalau ada suara bedug jam 12 berarti Ngarambet berakhir. 

Orang yang Ngarambet biasanya akan diberikan bayaran berupa uang, makan pagi, dan makan siang plus kopi pagi kopi siang hehehe, atau ada juga “Ngarambet Bebas” ini tidak dikasih kopi pagi, kopi siang dan makan pagi, makan siang alias bebas, bayaran untuk Ngarambet saat ini, yaitu Rp. 35.000/setengah hari, dapat makan dan Rp. 50.000/ setengah hari bebas / gak dapat makan. 

Di dalam Ngarambet, biasanya gulma pengganggu seperti rumput dikumpulkan di pematang sawah atau di timbun di sawah, tapi gulma yang bisa dijadikan lalapan sengaja dipisahkan untuk dibawa pulang seperti, Genjer, Eceng Sawah, Gunda, Antanan 

Baca Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah.
Genjer, lalapan yang tumbuh di sawah diantara tanaman padi.
 Genjer, lalapan yang tumbuh di sawah diantara tanaman padi. 

Baca Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi dan banyak manfaatnya


Istilah-istilah Ngarambet dalam dunia pertanian mungkin di setiap daerah memiliki istilah yang berbeda-beda seperti Istilah – istilah dalam menanam padi di sawah atau nyawah di kabupaten Subang. 

Baca Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar