logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mengkerdilkan Bonsai Serut - Streblus Asper

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Yang dinamakan bonsai yaitu adalah kerdil, indah-alami dan nampak tua. Berhubung saya masih dalam belajar dan tanam tumbuhannya juga bukan dipot tapi di tanah langsung, mungkin ini bukan bonsai ya hehehe. Ya sudah gak apa – apa yang penting di taman ada hiasan yang unik.

Langkah pertama yang saya lakukan yaitu membuat tanaman Serut (streblus asper) tersebut menjadi kerdil. Kerdil artinya ukuran bonsai tersebut relatif jauh lebih kecil dibandingkan tanaman sejenis yang tumbuh di alam bebas.

Cara Mengkerdilkan Bonsai Serut. Poto jepretan admin pada hari Minggu 23/11/2014 
Cara Mengkerdilkan Bonsai Serut(streblus asper). Poto jepretan admin pada hari Minggu 23/11/2014

Pada umumnya tanaman cenderung tumbuh meninggi dengan pertumbuhan tunas-tunas baru pada bagian pucuk tanaman yang subur, sehingga banyak energi yang terpusat ke arah tersebut. Apabila hal ini dibiarkan maka tanaman menjadi tinggi dan cabang bagian bawah akan kekurangan energi untuk pertumbuhannya, bahkan bisa mati dan digantikan cabang baru yang posisinya lebih tinggi dan tanaman menjadi tinggi dan besar. Oleh karena itu pada bonsai harus dilakukan pembuangan tunas atau istilah kerennya bud nipping secara terus menerus, kecuali tunas yang diharapkan tumbuhnya untuk penyempurnaan bentuk bonsai. 
Pohon Serut sebelum pemangkasan
 Pohon Serut saya sebelum di pangkas ranting, pucuk atau daunnya

Salah satu cara mengecilkan daun yaitu dengan cara menggunduli semua daunnya (total prunning) atau memotong pada pucuk daun, kemudian mengurangi pemberian air semaksimal mungkin asal tidak layu, maka daun baru yang tumbuh akan lebih kecil. 

Pohon Serut setelah pemangkasan
Pohon Serut saya setelah di pangkas ranting, pucuk atau daunnya, sedikit keren khan hehehe

Nah, dihari minggu tanggal 23 November 2014, kemarin saya melakukan bud nipping dan total prunning pada tanaman Serut, tujuannya agar tanaman serut tersebut menyerupai bonsai dan mengkerdilkan / mengecilkan daun.

Waduh, anak saya mainan air terus ya .....
Waduh, anak saya mainan air terus ..... Untung sekarang musim hujan, coba kalau musim kemarau, bisa kering deh sumurnya ... hehehe

Tanaman serut saya ini mulai saya tanam pada hari Minggu Tgl. 30 Maret 2014, berarti sudah 8 bulanan yang lalu dan berikut ini poto awal menanam hingga sekarang, menanam bakalan serut tanpa akar dan daun, sebelumnya pohon serut ini saya tanam pada pot silahkan baca pada postingan saya Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper)  atau postingan Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4

Poto sebelah kiri yaitu awal menanam bakalan serut, poto sebelahkanan saya jepret Tanggal 23 November 2014.
 Poto sebelah kiri yaitu awal menanam bakalan serut, poto sebelahkanan saya jepret Tanggal 23 November 2014.
 
Berhubung sayanya jarang dirumah, dan takut merepotkan yang dirumah, maka pohon serutnya saya pindah ketanah silahkan baca di Cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung  dan postingan Cara membentuk bonsai serut bagi pemula

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger