logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper)

Sampurasun ... Rampess ...

Blog Mang Yono. Cara Menanam Bakalan Serut (streblus asper). Pohon Serut adalah salah satu jenis tanaman liar yang biasa tumbuh di hutan-hutan, tebing-tebing batu atau di kebun - kebun. Di alam serut bisa tumbuh mencapai ketinggian 5 meter dengan diameter batang mencapai kurang dari satu meter, sebelumnya Blog Mang Yono pernah menulis tentang Cara membuat Bonsai Asem Jawa

Dulu sekitar tahun 1990-an, Tren Tanaman Hias tanaman hias atau bonsai serut pernah sangat populer sebagai bahan bonsai di Indonesia banyak orang yang pergi kehutan hanya untuk mencari bakalan bonsai dari pohon serut termasuk saya yang waktu itu masih ABG hehehe.

Saya ini mulanya cuma ikutan temen merambah hutan, dan diawali rasa kagum plus penasaran, pada tanaman kerdil yang cantik, kini saya mencobanya kembali.

Cara Menanam Bakalan Serut (streblus asper)

Mungkin Anda terpesona saat melihatnya. ‘’kenapa tidak??’’ melihat pohon kecil bak pohon tua berumur ratusan tahun, bertengger manis diatas meja atau didepan umah atau pun di depan Perkantoran. Begitu cantik,unik dan pastinya sangat menarik.

Memang tak mudah menanam bonsai pohon serut  karena sa’at pertama kali saya mencoba tahun (90-an saya  menanam, 5  yang tumbuh Cuma 1 pohon, dan sekarang diminta saudara saya yang di Banten. Empat pohon serut yang saya tanam, mati. dikarenakan pembusukan pada akar dan kebetulan juga saya merantau ke daerah Purwakarta ( sekolah). Keunggulan dari bonsai Serut ini, daun serut bisa tampil sangat kecil, perantingannya mudah serta mempunyai karakter kuat pada garis-garis ranting.

Kata orang atau para Pakar Bonsai, untuk membesarkan cabang agar proporsi dibutuhkan waktu yang lama. Pohon ini memiliki beberapa manfaat. Seperti bahan baku dalam pembuatan kertas di Thailand. Hampir semua dokumen Thailand kuno yang masih ada ditulis di atas kulit pohon ini. Teks-teks Buddhis dan catatan resmi dari sebelum abad kedua puluh di Thailand.

Berhubung kemarin Hari Minggu Tanggal 30 Maret saya pergi ke kebun dan melihat Pohon Serut, langsung saja saya dongkel hehehe.

Cara untuk  menanam bakalan Bonsai serut yang baru saja di dongkel atau diambil dari Hutan atau Kebun, ada beberapa tips yang akan saya berikan sesuai dengan pengalaman saya.
(i). Siapkan Gula dan Kopi lalu seduh dengan Air Panas, ini untuk menemani saat penanaman bakalan serut, biar tidak mengantuk hehehe

(ii).Buang semua daun dan ranting yang tidak berguna yang menempel pada bakalan serut kalau ini yang saya praktekan malah semua ranting saya buang, nantinya biar cabang dan ranting yang baru saja yang akan di buat bonsai..

Buang semua daun dan ranting yang tidak berguna
Buang semua daun dan ranting yang tidak berguna

(iii).Akar yang kurang bagus, dan kali ini saya malah memotong semua akarnya eheheh.

(iv).Kalau para master biasanya mengoleskan dengan perangsang akar , kalau saya ini tanpa menggunakan obat perangsang akar hehehe.

(v).Siapkan media tanam yaitu tanah campur pasir, jangan mencampur pupuk dalam media , karena pupuk akan membuat media menjadi panas sehingga akar akan sulit tumbuh.

Tanam bakalan serut tadi dalam media yang telah dipersiapkan.

(vi).Tanam bakalan serut tadi dalam media yang telah dipersiapkan.

(vii).Setelah tanaman ditanam dalam media, siram media tanah tersebut sampai basah.

(viii).Setelah disiram taruh / tempatkan tanaman Serut ditempat yang teduh.


Tempatkan tanaman Serut ditempat yang teduh.
Tempatkan tanaman Serut ditempat yang teduh.
(ix).Biasanya para master menggunakan penutup pelastik pada ujung batang Serut biar tidak mongering atau menutupnya semua batang serut dengan Pelastik, berdasarkan pengalaman saya tunas akan muncul 2 sampai 3 mingguan

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

42 komentar

membaca artikel ini saya jd punya ilmu baru. ada istilah "perantingan". asli baru ngeh saya.

Balas

mang,photo bonsai serutnya yg udah jadi kok gak ada?
jadi penasaran pingin lihat yg sudah jadi.

Balas

asli cakep mag tipsnya...hatur nuhun, nanti kapan2 praktek ah

Balas

Wah memang mang yono ini jago soal tanam menanam nih,, hehe

Balas

bakalan serut kalau di jawa namanya apa mang?

Balas

Tanaman apa sich Mang, koq saya ga tau, hbis ga kliatan daunnya sic...

Balas

Mas Pri, iya mas biar tumbuh tunasnya cepat dan ranting yang baru biasanya bagus pertumbuhannya hehehe

Mbak Tari, kalau istilah di daerah jawa saya tidak tau... Apa ya?

Balas

Nanti Bang, nunggu 3 tahun lagi baru jadi Bonsai eheheh,

kalau Bonsai Serut saya yang sudah jadi ada di saudara saya, di daerah Banten eheheh

Balas

Ini pengalaman saya waktu SMP kang, sekarang mau coba dipraktekan lagi, sekalian berbagi dan minta masukan dari pembaca hehehe

Balas

cuma sekedar belajar saja kang, siapa tahu ada Master Bonsai yang singgah di sini dan memberikan pengalamannya eheheh

Balas

Ini saya mau mencoba membuat Bonsai dari Pohon Serut.

Memang sengaja dibuang daun dan Rantingnya mas

Balas

Gak di cangkok aja P. Yono K. Biar cepet he..he..he....

Balas

Saya pnya 7 batang.umur skitar 17 tahunan

Balas

Gx bisa d cangkok mas!klo jenis ini

Balas

Apa cuma batang dan tanpa akar bisa hidup..?

Balas

Baru tadi jam 4 sore ane tanam, padahal media tanam udah kadung tercampur pupuk...makasih banget mas,,,,besok akan ane ikutin saran mas ganteng.
www.majalahikan.com

Balas

trimakash akang ilmunya.

Balas

nak koyo caramu,ws bola bali praktek,al hasil,,,modar,,

Balas

Bang... apakah akar gantung pd phn beringin yang sebesar lengan dapt tumbuh jika distek ?....

Balas

Kang mohon sarannya, Saya ambil bakalan liar, trus sore hari saya langsung tanam di spot yang saya siapin buat taman di depan rumah, info teman saya sih jangan kena panas matahari langsung karena pohon bisa jadi stress, selang 3 hari daun jadi kering semua, tapi ranting masih lentur, gimana ya kang? Kira2 mati gak ya? Karna kliatannya masih nyerap air tu pohon, cuman kok blm tumbuh tunas baru nya. sampe hari ini berarti umurnya sudah 2 minggu. Mohon sarannya kang. Nuwun

Balas

itu khanpohon bonsai biasanya dihutan.. kalau dicangkok ya keburu diambil orang lain dong :)

Balas

wah manteb tenan

Balas

monggo dip[raktekan adik ganteng :)

Balas

bisa dong liat aja tulisan saya dipostingan selanjutnya

Balas

bisa dicangkok juga tapi khan pohon ini dihutan... nanti pas udah tumbuh akar eh, sudah diambil orang lain :)

Balas

bisa kok akar gantung juga bisa tumbuh

Balas

Baca point ini
(viii).Setelah disiram taruh / tempatkan tanaman Serut ditempat yang teduh.
(ix).Biasanya para master menggunakan penutup pelastik pada ujung batang Serut biar tidak mongering atau menutupnya semua batang serut dengan Pelastik, berdasarkan pengalaman saya tunas akan muncul 2 sampai 3 mingguan

Balas

Udah sy sungkup 3 mingguan kang..tumbuh daun2nya,tp lm2 kok ujung2 daun pada gosong(msg dlm sungkup) dan mati ya kang.knp itu kang...

Balas

Mungkin itu tempatnya terkena sinar matahari penuh, harusnya pas disungkup itu disimpan ditempat yang ternaungi supaya daun - daun gak gosong...

Balas

bermanfaat bgt buat pemula seperti saya kang,, dtunggu info laenya seputar bonsai membonsai... slam dr jogja,,, mg sehat slalu kang...

Balas

mas bro...sy menemukan akar serut yang besarnya kira2 sebesar pinggang orang dewasa. sy pingin sekali mengambilnya, tapa apa mungkin bisa hidup jika ditanam secara terbalik, dengan harapan agar terlihat kesan dari besar ke kecil .

Balas

Mang,slain tanaman serut,tanamanan apa aj yg menarik untuk di bonsai?

Balas

tanpa akar serabut bakalan serut tsb bisa jd kayu kering..

Balas

tergantuh ketulusan dan tangannya saat menanam ... ini contohnya saya tanam tumbuh

http://3.bp.blogspot.com/-Cb2VnIjATGc/U2xsOH9easI/AAAAAAAAHGE/3FkZoM9SUxc/s1600/Bakalan+Bonsai+Serut+M+-Blog+Mang+Yono.jpg

Balas

Tapi saya pindahkan setelah tumbuh tunas ke tanah langsung, maklum sayahnya jarang dirumah ... Pulangnya tiap akhir pekan :)

http://1.bp.blogspot.com/-0oGIsvpA6ZQ/U4POhQ9_1mI/AAAAAAAAHYo/IvGeAdtmghs/s1600/Bakalan+Bonsai+serut-blog+mang+yono.jpg

Balas

Seiring berjalannya waktu, tanaman bakalan serut saya tumbuh daun :)
http://4.bp.blogspot.com/-87QcpLssaDU/VQyPqB73NII/AAAAAAAANFU/30TPUwe1tsE/s1600/tanaman%2Bserut%2B-%2B2%2B-%2Bblog%2Bmang%2Byono.jpg

Balas

Dan beginilah... dari awal tanam sampai tumbuh :)

http://4.bp.blogspot.com/-tcouV8jhN5o/VHL6Lc4812I/AAAAAAAAKyo/L19kE8OOrN4/s1600/bonsai%2Bserut%2B-%2Bblog%2Bmang%2Byono.jpg

Balas

Kemungkina tumbuh sangat kecil sekali ... la wong kepala buat kaki, kaki buat kepala :)

Balas

Cantigi, kali age, asem jawa, pinus

Balas

aku juga lagi belajar mas, :)

Balas

sekarang pohon serutnya dah mulai membesar dan kokoh

Balas

kalo mau pohon santigi bakalan bonsai di tmpat sya byk tmbuh liar bahkan ad yg sdh membentuk bonsai scra alami krna d tmpat sya msh byk yg kurang minat

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger