--> Skip to main content

Pohon buah naga di halaman rumah berbunga.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Sebelumnya saya menulis tentang Menanam pohon buah naga di halaman rumah yang kata tetangga saya itu mitosnya bagus heheh. Oke, lupakan saja mitos, yang akan saya tulisan kali ini yaitu tentang pohon buah naga saya yang keluar bunga. 

Cihuyy, saya  sangat senang pohon Dragon Fruit atau lebih dikenal dengan sebutan Buah Naga (Pitaya / Hylocerus sp)  saya tanam pada beberapa tahun yang lalu di halaman rumah. Pohon itu tumbuh bersandar di batang pohon Hanjuang. Sangat subur namun belum pernah berbuah. Tentu saja seluruh penghuni rumah penasaran menunggu bunganya muncul. Namun baik bunga apalagi buahnya tiada kunjung datang.

Pohon buah naga di halaman rumah berbunga. Pohon buah naga di halaman rumah berbunga. Poto jepretan admin Tgl. 16/11/12

Rrencananya, hari minggu tanggal 16/11/2014 cabang pohon buah naga akan saya potong, soalnya saya pernah baca, kalau pohon buah naga ingin berbuah harus dipotong cabangnya. Tapi apa yang terjadi, pas saya mau memotong cabang – cabang pohon buah naga, eh di cabang itu keluar bakal – bakal bunga yang jumlahnya agak banyak – mugkin sekitar 10 – 15 bakal bunga.
 Bunga poho Naga, mudah - mudahan saja jadi buah ya..
 Bunga poho Naga, mudah - mudahan saja jadi buah ya..

Tentu saja semua keluarga sangat senang dan antusias menunggu perkembangan bunga buah naga itu. Saking antusiasnya, bahkan tiap saat anak – anak saya melihat ke halaman untuk melihat bunga buah naga itu hehehee
Terlihat bakal bunga bermunculan di dahan pohon Naga
Terlihat bakal bunga bermunculan di dahan pohon Naga

Menurut yang saya baca di buku ... * Sudah langsung cari info aja nih hehehe ... Katanya proses penyerbukan pada bunga buah naga, intinya sama dengan bunga tanaman lain yaitu mempertemukan serbuk sari dan putik, benang sari bentuknya seperti benang-benang yang jumlahnya banyak melingkari putik yang tumbuh memanjangLanjut, pada ujungnya terdapat serbuk sari, serbuk sari inilah yang harus dioleskan pada putik ( pada poto saya ini belum kelihatan, karena belum mekar bunganya, mungkin masih butuh waktu ya hehehe.

Bakal bunga Naga bermunculan
Bakal bunga Naga bermunculan 

Nah, katanya bisa mengambil serbuk sari atau dengan merontokkan menggunakan kuas kecil pada wadah, kemudian oleskan pada putiknya dengan kuas tersebut. Jika menggunakan tangan, tinggal memindahkan serbuk sari dan dioleskan pada putiknya juga.

Ini bunganya masih kecil, mungkin harus menunggu beberapa waktu lagi agar bunga dari pohon Naga bisa mekar.
 Ini bunganya masih kecil, mungkin harus menunggu beberapa waktu lagi agar bunga dari pohon Naga bisa mekar.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments