logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Makan di saung sawah bersama keluarga sambil berwisata murah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Masih tentang cerita di hari minggu. Saya dan keluarga wisata ke kebun keluarga ... hehehe. Sebelumnya sudah saya tulis tentang Wisata bersama keluarga ke kebun keluarga. Lokasi Kebun keluarga yang terletak diantara Desa Balingbing dan Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, yang jaraknya sekitar 1 Km dari rumah admin, sawah saya ini tepatnya di Blok Tegalsungsang.

Kebun Keluarga saya yang dapat ditempuh 15 menit dari Rumah jika jalan kaki sambil olah raga sambil membakar kalori di dalam tubuh...

Makan di saung sawah bersama keluarga sambil berwisata murah
  Makan di saung sawah bersama keluarga sambil berwisata murah. Foto saung sawah keluarga.

Di lokasi kebun kami ada kegiatan pembajakan sawah, bukan dengan cara tradisional dengan menggunakan kerbau, tapi dengan kerbau besi alias Traktor ... hehe. Jaman sekarang di daerah saya sudah susah mencari kerbau, apalagi kerbau sendiri, karena sudah lama kerbau kakek saya di jual, penyebanya karena makanan untuk kerbau kalau pas musim kemarau susah mendapatkan rumput.

Operator Traktor sedang membajak sawah admin di blok Tegalsungsang. Foto dokumen pribadi jepretan hari minggu 21/12/2014

Di kebun ada saung atau yang bisa disebut di daerah lain dengan istilah Gubug, bukan gubuk derita loh... gubuk derita itu mah lagu ... hahahaha. Ada juga sumur timba yang airnya jernih, ini untuk jaga – jaga kalau bekal air habis, atau kalau mau masak – masak di saung sawah biar gampang hehe.

Sumur timba di Tegalsungsang / Kebun Keluarga
Sumur timba di Tegalsungsang / Kebun Keluarga, adanya sumur untuk memudahkan acara masak - memasak di saung saat berwisata ke kebun dan sawah.

Sesampainya di saung, terus istirahat sebentar dan langsung deh berjamaah “mumuluk” atau sarapan pagi bersama keluarga dan mertua dan yang kerja membajak sawah ataupun yang tandur’ meskipun bukan istilah tandur lagi di daerah saya mah, karena menanam padinya dengan cara maju, mungkin “Tanju ya, oh iya tentang tanju sudah saya tulis di blog ini dengan judul Kebiasaan Menanam Padi TANDUR Berubah Jadi TANJU Model baru menanam padi di Pagaden Barat

Acara "Mumuluk" bersama keluarga
Acara "Mumuluk" bersama keluarga, mertua dan Operator traktor,dan yang Tandur / Tanju. Kalau makan berjamaah serasa nikmat sekali, walau lauk dan lalapan seadanya. Pasti dah sobat pengen ikut makan bersama ya?. Oke, kalau gitu silahkan dicicipi, sambel, cobek ikan mas lalapan jengkol muda dan rebusan daun singkongnya hehehe.


Makan di sawah memang serasa nikmat sekali, walau ada si kecil “ Gigin” yang suka tiba – tiba melempar apa saja yang ada didepannya, tapi malah menambah suasana makin meriah ... Hehehehe.

Sedang "Tanju" menanam padi sambil maju
Sedang "Tanju" menanam padi sambil maju, cara menanam padi dengan maju lebih cepat bila dibandingkan dengan menanam padi sambil mundur "Tandur"

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

Hadeuhhhh meni kabita etah ku sambel enak kali yah Mang ,makan sama keluarga di saung sawah,daripada piknik kesuatu tempat yang belum tentu bisa mententramkan jiwa,mendingan di sauang heuheuheu

Balas

wah udah lah kalau makan di saung mah apalagi sama keluarga, sendirian juga kalaumakan di saung mahudha pasti nikmat deh.

Balas

Hayu atuh kang mumuluk ngariung di saung sawah

Balas

Betul sekali kang, apalagi di tambah kulu Ubi cilembu, makin nikmat dah

Balas

mantep kang wisatana, jadi inget masa kecil sok ulin ka sawah

#salaman jarak jauh kenalan

Balas

Iya kang sambil mengenang masa kecil.. eh, sekarang malah dialami oleh anak - anak saya ... tak terasa saya sudah tuwa geuning :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger