Makan di saung sawah bersama keluarga sambil berwisata murah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Masih tentang cerita di hari minggu. Saya dan keluarga wisata ke kebun keluarga ... hehehe. Sebelumnya sudah saya tulis tentang Wisata bersama keluarga ke kebun keluarga. Lokasi Kebun keluarga yang terletak diantara Desa Balingbing dan Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, yang jaraknya sekitar 1 Km dari rumah admin, sawah saya ini tepatnya di Blok Tegalsungsang.

Kebun Keluarga saya yang dapat ditempuh 15 menit dari Rumah jika jalan kaki sambil olah raga sambil membakar kalori di dalam tubuh...

Makan di saung sawah bersama keluarga sambil berwisata murah
  Makan di saung sawah bersama keluarga sambil berwisata murah. Foto saung sawah keluarga.

Di lokasi kebun kami ada kegiatan pembajakan sawah, bukan dengan cara tradisional dengan menggunakan kerbau, tapi dengan kerbau besi alias Traktor ... hehe. Jaman sekarang di daerah saya sudah susah mencari kerbau, apalagi kerbau sendiri, karena sudah lama kerbau kakek saya di jual, penyebanya karena makanan untuk kerbau kalau pas musim kemarau susah mendapatkan rumput.

Operator Traktor sedang membajak sawah admin di blok Tegalsungsang. Foto dokumen pribadi jepretan hari minggu 21/12/2014

Di kebun ada saung atau yang bisa disebut di daerah lain dengan istilah Gubug, bukan gubuk derita loh... gubuk derita itu mah lagu ... hahahaha. Ada juga sumur timba yang airnya jernih, ini untuk jaga – jaga kalau bekal air habis, atau kalau mau masak – masak di saung sawah biar gampang hehe.

Sumur timba di Tegalsungsang / Kebun Keluarga
Sumur timba di Tegalsungsang / Kebun Keluarga, adanya sumur untuk memudahkan acara masak - memasak di saung saat berwisata ke kebun dan sawah.

Sesampainya di saung, terus istirahat sebentar dan langsung deh berjamaah “mumuluk” atau sarapan pagi bersama keluarga dan mertua dan yang kerja membajak sawah ataupun yang tandur’ meskipun bukan istilah tandur lagi di daerah saya mah, karena menanam padinya dengan cara maju, mungkin “Tanju ya, oh iya tentang tanju sudah saya tulis di blog ini dengan judul Kebiasaan Menanam Padi TANDUR Berubah Jadi TANJU Model baru menanam padi di Pagaden Barat

Acara "Mumuluk" bersama keluarga
Acara "Mumuluk" bersama keluarga, mertua dan Operator traktor,dan yang Tandur / Tanju. Kalau makan berjamaah serasa nikmat sekali, walau lauk dan lalapan seadanya. Pasti dah sobat pengen ikut makan bersama ya?. Oke, kalau gitu silahkan dicicipi, sambel, cobek ikan mas lalapan jengkol muda dan rebusan daun singkongnya hehehe.


Makan di sawah memang serasa nikmat sekali, walau ada si kecil “ Gigin” yang suka tiba – tiba melempar apa saja yang ada didepannya, tapi malah menambah suasana makin meriah ... Hehehehe.

Sedang "Tanju" menanam padi sambil maju
Sedang "Tanju" menanam padi sambil maju, cara menanam padi dengan maju lebih cepat bila dibandingkan dengan menanam padi sambil mundur "Tandur"
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar