logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Sirih Merah (piper crocatum)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Tanaman Sirih Merah (piper crocatum) saya ini yang diperbanyak dengan rundukan. Dalam beberapa minggu, tanaman ini telah menjalar ke atas.

Tanaman Sirih Merah sejak dulu telah biasa digunakan oleh masyarakat sebagai obat untuk meyembuhkan berbagai jenis penyakit dan merupakan bagian dari acara adat, sirih merah mempunyai manfaat digunakan untuk pengobatan diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit. Tanaman ini mempunyai bentuk seperti sirih biasa tetapi di bagian bawah daun tersebut berwarna merah dan diatas daun ada warna keemasan.

Tanaman Sirih Merah (piper crocatum) saya di dekat kolam mungil. Foto jepretan Tgl. 14/12/2014
 Tanaman Sirih Merah (piper crocatum) saya di dekat kolam mungil. Foto jepretan Tgl. 14/12/2014

Tanaman sirih merah dapat beradaptasi dengan baik di setiap jenis tanah sehingga mudah dikembang biakan dalam skala besar. Banyak yang bercerita bahwa harga tanaman sirih merah ini dihitung melalui daunnya. Setiap lembar daun dihargai Rp 5.000,00. Namun demikian, kami tidak berniat mengkomersialkannya. Kalau yang maksa ngasih uang sih saya terima ... hehehe. 

Tanaman ini sering dipetik daunnya oleh Nenek, Mertua saya untuk dikonsumsi sebagai obat. Beberapa tetangga dan saudara juga sering mengkonsumsinya, juga untuk obat. Tanaman sirih merah ini rasanya sangat pahit. 

Cara mengkonsumsinya adalah dengan memetik 3 atau 5 helai daun, ada peraturan yang menyebutkan, mengkonsumsinya harus kelipatan ganjil. Saya sendiri tak mengerti apa alasannya?. Kemudian dipotong kecil atau gak dipotong juga gak apa, terus direbus dengan air 3 gelas menjadi 1 gelas air saja. 



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

kalau di tempat saya kenapa ya kalau anam sirih merah ini selalu mati sirih nya, gak pernah mau idup Mang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger