Tanaman Sirih Merah (piper crocatum)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Tanaman Sirih Merah (piper crocatum) saya ini yang diperbanyak dengan rundukan. Dalam beberapa minggu, tanaman ini telah menjalar ke atas.

Tanaman Sirih Merah sejak dulu telah biasa digunakan oleh masyarakat sebagai obat untuk meyembuhkan berbagai jenis penyakit dan merupakan bagian dari acara adat, sirih merah mempunyai manfaat digunakan untuk pengobatan diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit. Tanaman ini mempunyai bentuk seperti sirih biasa tetapi di bagian bawah daun tersebut berwarna merah dan diatas daun ada warna keemasan.

Tanaman Sirih Merah (piper crocatum) saya di dekat kolam mungil. Foto jepretan Tgl. 14/12/2014
 Tanaman Sirih Merah (piper crocatum) saya di dekat kolam mungil. Foto jepretan Tgl. 14/12/2014

Tanaman sirih merah dapat beradaptasi dengan baik di setiap jenis tanah sehingga mudah dikembang biakan dalam skala besar. Banyak yang bercerita bahwa harga tanaman sirih merah ini dihitung melalui daunnya. Setiap lembar daun dihargai Rp 5.000,00. Namun demikian, kami tidak berniat mengkomersialkannya. Kalau yang maksa ngasih uang sih saya terima ... hehehe. 

Tanaman ini sering dipetik daunnya oleh Nenek, Mertua saya untuk dikonsumsi sebagai obat. Beberapa tetangga dan saudara juga sering mengkonsumsinya, juga untuk obat. Tanaman sirih merah ini rasanya sangat pahit. 

Cara mengkonsumsinya adalah dengan memetik 3 atau 5 helai daun, ada peraturan yang menyebutkan, mengkonsumsinya harus kelipatan ganjil. Saya sendiri tak mengerti apa alasannya?. Kemudian dipotong kecil atau gak dipotong juga gak apa, terus direbus dengan air 3 gelas menjadi 1 gelas air saja. 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar