logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Proses mekarnya bunga buah naga

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Ini adalah jepretan anak saya, daripada dihapus Fotonya mendingan saya posting aja disini. Sobat tentu sudah tau khan yang namanya buah naga?? Ya, betul sekali, 100 dah buat sobat, buah naga yaitu buah yang pernah menjadi primadona karena banyak manfaatnya. Tapi kalau bunga buah naga sudah tahu belom??.

Bila belum tau, nih saya kasih lihat penampakannya. Bunga buah naga itu berukuran besar dan juga panjang, tapi gak terlalu panjang sih ... Heheh. Bunga buah Naga mempunyai warna yang sangat menarik yaitu perpaduan antara warna kuning, hijau, serta merah, ada merahnya gak ya... silahkan sobat lihat sendiri deh ... Hehehe.

Mekarnya bunga buah naga di malam hari sekitar jam 20
 Mekarnya bunga buah naga di malam hari sekitar jam 8 Malam 

Mahkota bunga buah naga berwarna putih dan mekar pada malam hari, sekitar jam 20. Nah, disaat sang bunga mekar, bunga buah naga mempunyai aroma yang wangi. Bunga buah naga adalah bunga hermaphrodit, dimana pada satu bunga terdapat bunga jantan dan bunga betina.

Bunga betina pada foto diatas adalah yang berjumlah satu dan dikelilingi oleh bunga jantan yang banyak itu. Pada bunga buah naga merah, ukuran bunga betinanya lebih panjang daripada bunga jantan. Karena ukurannya tidak sama, hal ini terkadang menyebabkan penyerbukan buah naga menjadi kurang optimal karena peluang jatuhnya polen pada kepala putik menjadi kecil, dan proses mekarnya juga sangat sebentar yaitu jam 20 sampai jam 8 pagi.

Nah, biar bunga buah naga tersebut menjadi buah, kita bisa membantu proses penyerbukan buah naga

Untuk cara penyerbukan buah naga secara manual atau kita yang melakukan penyerbukannya silahkan lihat di postingan saya sebelumnya Cara Penyerbukan Manual Bunga Buah Naga.

Disini saya akan menampilkan Foto jepretan anak saya pada proses mekarnya bunga buah Naga di halaman depan rumah.

Foto 1 : Bunga buah Naga masih kuncup, tetapi bentuknya sudah besar, panjangnya sekita 20 Cm, sedangkan diameternya sekitar 8 Cm.


Foto 1. Bunga buah Naga masih kuncup, tetapi bentuknya sudah besar
Foto 1. Bunga buah Naga masih kuncup


Foto 2 : Beberapa jam kemudian dari Foto 1, Bunga buah Naga sudah terlihat mau mekar dari kuncunya 
Foto 2. Bunga buah Naga terlihat mau mekar dari kuncupnya
Foto 2. Bunga buah Naga terlihat mau mekar dari kuncupnya


Foto 3 : Sekitar jam 8 Malam, Bunga buah Naga terlihat sudah mekar, dan memancarkan aroma wangi.

Foto 3 : Bunga buah Naga terlihat sudah mekar
Foto 3 : Bunga buah Naga terlihat sudah mekar


Foto 4 : Sekitar jam 6 Pagi Bunga buah Naga masih mekar, tetapi bentuknya sudah mulai akan kuncup / menutup lagi.

Foto 4 : Sekitar jam 6 Pagi Bunga buah Naga sudah mulai akan menutup lagi.
 Foto 4 : Sekitar jam 6 Pagi Bunga buah Naga sudah mulai akan menutup lagi.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

Ternyata bunga buah naga elok juga kalau dilihat dari fotonya mang. yg penting rajin makan/minum jus buah naga utk kesehatan tubuh. nice sharing kang.

Balas

mirip dengan bunga wijayakusuma ya mang, mekarnya buah naga teh malem, kalau buah naga mah mekarnya jam delapanan, buahnya enak pulak

Balas

wah ini bagus kang yono, saya baru tahu bunga buah naga seperti ini. nuhun ah kang heuheu

Balas

saya mau dong dibagi

Balas

buah ini nih yang bikin anak isteri saya sakau. duhh

Balas

Kok mirip bunga kembang jayakusuma ya mang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger