--> Skip to main content

Ciri Penyerbukan Buah Naga yang berhasil.

Sampurasun .... Rampes.

MANGYONO.com – Menurut yang saya baca jenis-jenis buah naga tersebut yang mudah dibudidayakan adalah jenis buah naga berdaging buah warna putih (Hylocereus undatus), kuning (Selenicerius megalanthus) dan yang paling sulit adalah Buah Naga berdaging merah (Hylocereus polyrhizus) dan super merah (Hylocereus costaricensis) . 

Nah, kalau yang saya tanam di depan rumah dagingnya berwarna apa ya?. Maklum belum pernah berbuah ... Kalau melihat di kebun Bangka Botanical Garden indukannya waktu saya stek batang, warna daging buahnya berwarna merah. Tapi mungkin saja saya salah stek ... Gak taunya saya potong batang buahnaga berwarna putih atau kuning. Ya sudah, biarkan saja apa adanya ... Hehehe. Di tulisan kali ini saya akan menulis Ciri Penyerbukan Buah Naga yang berhasil.

Ciri Penyerbukan Buah Naga yang berhasil.
 Ciri Penyerbukan Buah Naga yang berhasil.

Buah naga berdaging merah tingkat kesulitan terdapat pada proses penyerbukan, yang disebabkan letak kepala putik menonjol keluar dari kepala sari sehingga tepung sari tidak dapat menempel pada kepala putik. Bunga buah naga berdaging merah mekar pada malam hari (antara pukul 21.00 s/d 08.00 dan setelah itu bunga layu) walaupn pada saat itu tidak terjadi penyerbukan. Namun demikian hal tersebut dapat dipecahkan dengan melakukan proses penyerbukan bantuan manusia (penyerbukan manual).

Waktu pembentukan bunga (kuncup) sampai mekar membutuhkan waktu ± 1 bulan. Kita sebaiknya langsung melakukan penyerbukan. Cara penyerbukan manual sudah saya praktekan dan saya tulis dipostingan yang berjudul Cara Penyerbukan Manual Bunga Buah Naga

Bunga buah naga masih kuncup.
FOTO: Bunga buah naga masih kuncup. Di foto ada 3 bakal bunga kuncup tapi yang akan mekar 2 kuncup bunga, kalau yang 1 akan gugur sebelum mekar, terlihat dari warnanya yang mulai membusuk.

Biasanya banyak masalah yang ditimbulkan pada pembuahan yaitu, bunga mudah rondtok/layu/membusuk, ini dikarenakan tidak terjadi penyerbukan pada bunga buah naga, yang mengakibatkan pembuahan bunga buah naga gagal.
Bunga buah naga sudah mulai membesar dan akan mekar dalam hitungan jam
FOTO: Bunga buah naga sudah mulai membesar dan akan mekar dalam hitungan jam.

Penyerbukan adalah proses bersatunya atau menempelnya tepung sari pada kepala putik dari suatu bunga. Penyerbukan akan berhasil apabila kepala putik dan tepung sari sudah sama sama matang (siap untuk diserbuki)

Bunga buah naga sudah mekar
FOTO: Bunga buah naga sudah mekar, sebaiknya kita melakukan penyerbukan manual sebelum jam 8 pagi, karena bunga tersebut akan kuncup kembali.

Tunggu 5 – 7 hari, mahkota bunga akan layu dan gugur. Salah satu penyerbukan berhasil antara lain ditandai 7 hari setelah dilakukan penyerbungan kelopak bunga tetap hijau segar.

Setelah terkena sinar matahari maka bunga buah naga akan layu
FOTO: Setelah terkena sinar matahari maka bunga buah naga akan layu, tapi kelopak bunga masih segar berwarna hijau.

Apabila klopak bunga buah naga warnanya berubah kuning dan kecoklatan beberapa hari berikutnya bunga akan gugur/jatuh. Seperti pada Foto dibawah ini

Bunga buah naga sebelah kanan berwarna kuning dan selanjutnya berwarna coklat akhirnya akan jatuh
FOTO: Bunga buah naga sebelah kanan berwarna kuning dan selanjutnya berwarna coklat akhirnya akan jatuh. Tapi bunga buah naga yang sebelah kiri warnanya tetap hijau, ini akan menjadi buah naga ... Asiiiik ... Hehe

Bakal buah naga yang penyerbukan dari bunga buah naga yang berhasil.
FOTO: ini adalah bakal buah naga yang penyerbukan dari bunga buah naga yang berhasil. Selamat berkebun sobat ...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments