logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, itu menurut para master anggrek, kalau menurut saya mah memang sulit, tapi sesulit apapun tetap ada jalan keluarnya ... Betul tidak ?.

Menurut saya agar anggrek dapat tumbuh dengan baik dan selalu berbunga, kita harus "meniru" kondisi dimana anggrek tersebut hidup di habitatnya atau di alam bebas. Memelihara anggrek itu perlu kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Seperti kita ketahui tentang anggrek, ada yang setelah dirawat 3 - 4 tahun kemudian baru berbunga. Ada yang ketika dirawat secara khusus tidak berbunga, tetapi ketika dibiarkan tidak dirawat tumbuh apa adanya malah berbunga. Kalau ini sepereti anggrek saya, saya biarkan apa adanya, tapi tetap tumbuh dan selalu berbunga .... Hehehe. Ada juga anggrek yang kita beli di tukang taman bagus sekali, tapi ketika kita beli... Eh, malah enggan berbunga lagi, dan seterusnya mati.

Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga
Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga

Anggrek termasuk tanaman yang pertumbuhannya lambat. Pertumbuhan juga berbeda untuk masing - masing jenis anggrek. Hal itu yang kadang - kadang menyebabkan pemula yang kurang sabar menjadi putus asa ... Putus harapan ditengah jalan karena setelah beberapa bulan anggrek yang dipelihara belum memperlihatkan pertumbuhan yang berarti. Berbeda dengan tanaman lain yang dalam beberapa bulan mungkin sudah berbunga banyak.

FOTO: Bunga anggrek di depan rumah saya.
FOTO: Bunga anggrek di depan rumah saya.

Namun apa jadinya bila anggrek ini tak mau berbunga atau hanya berbunga sekali, dan setelah itu ”ngambek” tak berbunga lagi atau bahkan mati. Tentu perasaan kesal dan kecewa akan bercampur aduk jadi satu menjadi gado – gado ... Hehe. Masalah lain muncul, yakni saat tak berbunga, anggrek yang kita miliki tak memancarkan keindahan seperti yang diharapkan.

Tak pernah bosan sepertinya kalau melihat bunga anggrek yang berbungaTak pernah bosan sepertinya kalau melihat bunga anggrek yang berbunga
 Tak pernah bosan sepertinya kalau melihat bunga anggrek yang berbunga

Kondisinya tampak kurang segar dan sehat. Entah itu akar, batang, daun ataupun bunganya. Semua itu timbul akibat cara perawatan yang kurang tepat. Sebenarnya tak ada cara khusus untuk menyiasati anggrek itu agar tumbuh sehat dan rajin berbunga. ”Saya rasa cara merawat anggrek sama saja seperti kita merawat bunga Kamboja Jepang.” 

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kita cermati agar tanaman tumbuh segar dan sehat dan berbunga: 
i). Dengan menyesuaikan anggrek yang kita tanam sesuai dengan habitat aslinya. 
ii).  Menjaga dari serangga - serangga penyerang atau bekicot.
iii). Penyiraman dengan tidak terlalu sering.

Atau untuk lebih jelasnya silahkan baca :
 Cara merawat anggrek agar rajin berbunga

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

Anggrek begitu cantik ya harganya juga mahal

Balas

Sejujurnya, aku gak pernah pelihara anggrek. Gak tau caranya

Balas

merawat anggrek itu susah ya kang, tapi denagn tips di atas semoga anggreknya tumbuh subur :D

Balas

cocok nih dikalimantan juga byk anggrek mang :)

Balas

Assalamu'alaikum..mang yono,tanaman anggrek ada manfaat utk kesehatan ga?slam knal

Balas

bunga anggrek, aku suka banget deh :)

Balas

iya mas mungkin setimpal dengan ribetnya perawatan hehehe

Balas

Asal telaten dan rajin pasti berhasil mas ... hehehe

Balas

Iya pak dosen, tips diatas adalah tips otodidak saya ... mungkin berbeda dengan para master anggrek heheh

Balas

Nah betul sekali kak, di kalimantan banyak sekali anggrek... boleh juga dikirim ke tempat saya heheh

Balas

Wa'alaikumsalam ... Sesuai yang pernah saya baca katannya tanaman bunga anggrek bagi obat herbal bisa untuk
Mengobati disetri
Obat untuk sakit maag & TBC usus dan masih banyak lagi

Balas

setangkai anggrek bulan--------------nyanyi dulu

Balas

saya juga suka banget mbak, idem dong dengan saya :)

Balas

ooooh bunganya kirain adminnya yang cantik :)

Balas

aseeek ... tarik mang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger