Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, itu menurut para master anggrek, kalau menurut saya mah memang sulit, tapi sesulit apapun tetap ada jalan keluarnya ... Betul tidak ?.

Menurut saya agar anggrek dapat tumbuh dengan baik dan selalu berbunga, kita harus "meniru" kondisi dimana anggrek tersebut hidup di habitatnya atau di alam bebas. Memelihara anggrek itu perlu kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Seperti kita ketahui tentang anggrek, ada yang setelah dirawat 3 - 4 tahun kemudian baru berbunga. Ada yang ketika dirawat secara khusus tidak berbunga, tetapi ketika dibiarkan tidak dirawat tumbuh apa adanya malah berbunga. Kalau ini sepereti anggrek saya, saya biarkan apa adanya, tapi tetap tumbuh dan selalu berbunga .... Hehehe. Ada juga anggrek yang kita beli di tukang taman bagus sekali, tapi ketika kita beli... Eh, malah enggan berbunga lagi, dan seterusnya mati.

Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga
Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga

Anggrek termasuk tanaman yang pertumbuhannya lambat. Pertumbuhan juga berbeda untuk masing - masing jenis anggrek. Hal itu yang kadang - kadang menyebabkan pemula yang kurang sabar menjadi putus asa ... Putus harapan ditengah jalan karena setelah beberapa bulan anggrek yang dipelihara belum memperlihatkan pertumbuhan yang berarti. Berbeda dengan tanaman lain yang dalam beberapa bulan mungkin sudah berbunga banyak.

FOTO: Bunga anggrek di depan rumah saya.
FOTO: Bunga anggrek di depan rumah saya.

Namun apa jadinya bila anggrek ini tak mau berbunga atau hanya berbunga sekali, dan setelah itu ”ngambek” tak berbunga lagi atau bahkan mati. Tentu perasaan kesal dan kecewa akan bercampur aduk jadi satu menjadi gado – gado ... Hehe. Masalah lain muncul, yakni saat tak berbunga, anggrek yang kita miliki tak memancarkan keindahan seperti yang diharapkan.

Tak pernah bosan sepertinya kalau melihat bunga anggrek yang berbungaTak pernah bosan sepertinya kalau melihat bunga anggrek yang berbunga
 Tak pernah bosan sepertinya kalau melihat bunga anggrek yang berbunga

Kondisinya tampak kurang segar dan sehat. Entah itu akar, batang, daun ataupun bunganya. Semua itu timbul akibat cara perawatan yang kurang tepat. Sebenarnya tak ada cara khusus untuk menyiasati anggrek itu agar tumbuh sehat dan rajin berbunga. ”Saya rasa cara merawat anggrek sama saja seperti kita merawat bunga Kamboja Jepang.” 

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kita cermati agar tanaman tumbuh segar dan sehat dan berbunga: 
i). Dengan menyesuaikan anggrek yang kita tanam sesuai dengan habitat aslinya. 
ii).  Menjaga dari serangga - serangga penyerang atau bekicot.
iii). Penyiraman dengan tidak terlalu sering.

Atau untuk lebih jelasnya silahkan baca :
 Cara merawat anggrek agar rajin berbunga
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar