logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menanam Cabe Rawit di pot, polybag atau ditanah langsung

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Siapa yang tidak mengenal cabe rawit. Pasti mengenalnya khan ? ... Saya rasa dapat dipastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia mengenal varietas cabe yang satu ini. Ciri khas cabe rawit merah yaitu ukurannya yang relatif kecil namun mempunyai rasa pedas yang luar biasa.

Semakin mahalnya harga cabe rawit di pasaran membuat cabe ini menjadi semakin berharga dan sangat sulit untuk didapatkan. Namun, pembaca setia Blog Mang Yono tidak perlu khawatir dengan mahalnya harga cabe karena admin akan sedikit berbagi cara menanam cabe rawit. 

Cara menanam Cabe Rawit di pot, polybag atau ditanah langsung
Cara menanam Cabe Rawit di pot, polybag atau ditanah langsung
Bagi pembaca yang halaman rumahnya tidak begitu luas dapat mencoba berkebun cabe rawit setelah mempelajari cara menanam cabe merah baik itu dalam  pot, polibag atau ditanah langsung.

Langkah pertama : yaitu pemilihan biji cabe dimulai dengan memilih buah cabe yang sehat alias tidak terlihat buah cabe tersebut terkena hama penyakit. 

Langkah kedua : kemudian buah cabe disayat untuk mengeluarkan bijinya. Biji cabe yang telah diambil kemudian dijemur selama tiga hari dengan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Setelah tiga hari, saatnya melakukan proses persemaian biji cabe rawit.

Langkah ketiga : merendam biji cabe rawit di air hangat selama setengah jam. Biji cabe yang terlihat mengapung segera dibuang karena tidak akan dapat tumbuh dengan optimal. Biji yang lolos seleksi dibungkus kain basah selama sehari semalam

Langkah keempat : Penyemaian bisa dilakukan pada wadah atau tanah langsung dengan membuat penyemaian. 

Langkah kelima : Setelah biji cabe rawit dipersemaian tumbuh dan mempunyai sekitar empat helai daun yang baik, bibit cabe dapat segera dipindah ke halaman, kebun atau di pot / polybag. Nah, untuk yang akan menanam cabe rawit di pot / polybag. Untuk media tanamnya yaitu campuran tanah gembur, pupuk kandang, dan ditambah dengan kompos dengan perbandingan 1: 1: 1 yang kemudian dimasukkan ke dalam pot berdiameter sekitar 30 cm.


FOTO : Tanaman cabe rawit di kebun admin ... Lumayan gak beli cabe rawit ... Iya khan ?. 
FOTO : Tanaman cabe rawit di kebun admin ... Lumayan gak beli cabe rawit ... Iya khan ?.


Cabe rawit sudah mulai berbuah dan bisa dipanen setelah berumur 2,5-3 bulan sejak bibit ditanam. Periode panen bisa berlangsung selama 6 bulan bahkan lebih. Umur tanaman cabe rawit bisa mencapai 24 bulan.

Namun semakin tua tanaman, produktivitasnya semakin rendah sehingga tidak ekonomis lagi untuk dipelihara. Untuk budidaya intensif, biasanya tanaman cabe rawit dipelihara hingga berumur 12 bulan.

Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Caranya dengan memetik buah beserta tangkainya. Buah cabe rawit yang dikehendaki adalah yang bentuknya ramping dan padat berisi. Tipe buah seperti ini biasanya rasanya pedas dan dihargai lebih tinggi di pasar dibanding buah yang besar namun kopong.

Namun ingaaaat saat melakukan pemanenan harus melihat cuaca dulu, apabila turun hujan atau setelah turun hujan dilarang memanen cabe rawit ... Apabila maksa memetik buahnya, nanti daun cabe rawit akan keriting dan slanjutnya kerdil ...

Baca juga : 
Cara menanam labu air yang baik dan benar menurut saya. 
Cara Menanam Bunga Melati Belanda dengan Media Pot 
Cara menanam cangkokan Jeruk Bali ditanah Langsung 
Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen dari Indukannya    
Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis 
Cara Menanam Pohon Pisang Ala Mang

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Lumayan tanam sendiri, cabe kan mahal ya..

Balas

di desaku tinggal tanem gak perlu pupuk udah tumbuh sehat mas,,, hehe
maklum dipedesaan

Balas

Owh...biji cabe nya harus di rendam dulu ya.....

baru tahu...

Balas

wah terlambat saya baca artikel nya mang yono....
padahal 3 hari yang lalu saya baru nyemai bibit cabe rawit...
huft...

Balas

Wah, hal yang sering terlewat kelihatannya sih waktu perendaman itu. Biasanya langkah itu sering saya lewati. Langsung tanam sana-sini aja. Kalau tahu gini kan bisa dimanfaatkan nantinya. sukses terus mang.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger