Skip to main content

Tanaman padi di Pagaden Barat di serang hama

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Tanaman padi saya di Blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang diserang hama tanaman selain walang sangit, wereng, beluk, ada juga hama yang saya belum tahu namanya, entah jamur atau apa lah – apa lah saya juga belum tahu. Kalau didaerah saya disebut hama kekebul.

Ratusan hektare tanaman padi di Pagaden Barat sudah mulai menguning, bahkan sebagian ada yang sudah mulai panen, kalau tanaman padi saya rencananya akan di panen pada hari Sabtu 21/3/2015.. Mudah – mudahan saja tanaman padi saya ini gak gagal panen dari dampak serangan hama yang seperti jamur ini.

FOTO : Tanaman padi saya di blok Tegalsungsang terserang hama kekebul.
FOTO : Tanaman padi saya di blok Tegalsungsang terserang hama kekebul.

Admin, sebagai petani di Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, serangan hama padi ini sudah berlangsung sekitar satu bulanan pas padi mulai berbunga.

"Banyak padi yang diserang beluk, walang sangit, wereng, bahkan belum sempat berbulir. Kalau sudah seperti itu, pasti mati,".

Saya dengan para petani lainnya sebenarnya sudah mencoba menggunakan berbagai macam pestisida untuk membasmi hama itu. Namun, serangan hama itu cukup luar biasa dan perkembangannya sangat cepat, membuat saya dann petani lainnya tidak berdaya.

 FOTO : Tanaman padi saya di blok Tegalsungsang sudah mulai menguning, rencananya mau di panen besok sabtu 21/3/2015

Sejumlah petani, terpaksa memanen lebih awal tanaman mereka. Seluruh tanaman itu di panen walau bulir padinya belum menguning semua.

Selain di desa itu, serangan juga terjadi di hampir areal pertanian di Kecamatan Pagaden Barat. Bahkan, sejumlah kecamatan lainnya juga mengalami serangan yang sama.

FOTO : Tanaman padi yang terserang hama kekebul. Hama ini menyerang tanggkai buah dan bulir - bulir padi.
FOTO : Tanaman padi yang terserang hama kekebul. Hama ini menyerang tanggkai buah dan bulir - bulir padi.


Baca juga :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar