logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menanam pohon buah Naga dengan stek batang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara menanam pohon buah naga dengan Perbanyakan Stek (Vegetatif). Menurut saya perbanyakan dengan vegetatif telah terbukti berhasil pada tanaman buah naga saya yang pertama, nah sekarang saya akan menambah tanaman buah naga sekitar 10 ajir, yang lokasi penanamannya saya lakukan di belakang rumah saya. Baca Menanam pohon buah naga di halaman rumah

Menurut saya perbanyakan tanaman buah Naga dengan stek memiliki tingkat keberhasilan bibit bertahan hidup lebih tinggi, pertumbuhannya lenih cepat, dan bibit yang dihasilkan berkualitas tinggi karena serupa dengan induknya. Selain itu, teknik stek batang juga mudah dilakukan. Itu pengalaman saya waktu penanaman yang pertama, silahkan baca Cara Menanam Pohon Buah Naga

Cara menanam pohon buah Naga dengan stek batang.
 Cara menanam pohon buah Naga dengan stek batang. Foto tanaman buah Naga di kebun belakang Rumah admin.

Nah, sebelum memulai menyetek batang pohon buah Naga, saya terlebih dahulu memilih batang Buah Naga atau cabang tanaman yang baik. Calon batang atau cabang yang digunakan harus dalam kondisi sehat, tua, dan sudah pernah berbuah minimal 1 - 3 - 4 kali (katanya ). Menurut yang saya ketahui dari tanya – tanya pembudidaya buah Naga di daerah Bangka Belitung. Batang yang pernah berbuah pertumbuhannya akan pesat, kokoh, dan cepat bertunas. Sebaiknya menghindari menggunakan stek dari batang yang muda. Selain pertumbuhannya lambat, batang muda juga masih mengandung banyak air sehingga mudah busuk dan terkena penyakit.... Katanya.

Terus ... Memilih batang tua yang sehat, berwarna hijau gelap kelabu dengan ukuran panjang yang biasanya 30 - 50 cm. 

Nah, selanjutnya yuk lihat cara penanaman stek Buah Naga ala saya ...
i. Siapkan atau pilih batang / cabang pohon buah Naga yang berdiameter setidaknya 4 - 8 cm, keras, tua, berwarna hijau kelabu dan sehat. Pemotongan pada pohon Indukan dilakukan terhadap batang yang panjangnya sekitar 50-100 cm. Jangan dipotong semua, sisakan sekitar 20 Cm pada pohon indukan.

ii. Potong-potong batang calon bibit dengan panjang sekitar 20 - 50 cm. Ujung pangkal bawah yang akan ditancapkan ke tanah dipotong meruncing. Gunanya untuk merangsang pertumbuhan akar.

FOTO  1 : Menyiapkan ste batang pohon Naga.
 FOTO  1 : Menyiapkan ste batang pohon Naga.

iii. Biasanya para pembudidaya tanaman buah Naga, melakukan penyemaian terlebih dahulu di bedengan, tetapi saya mah langsung ditanam di lokasi saja .. Heheh. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan lubang tanam untuk penanaman stek Pohon buah naga yang telah dipotong – potong sebelumnya. terus tancapkan ajir untuk menopang stek batang pohon Naga.

FOTO  2 : Pembuatan lubang tanam dan menancapkan ajir.
FOTO  2 : Pembuatan lubang tanam dan menancapkan ajir.

iii. Tancapkan stek batang pohon Naga yang sudah disiapkan tadi, biasanya penanaman stek dalam satu tiang sebanyak 2 - 4 pohon Naga, kalau saya mah 2 stek pohon saja ... Heheh.

FOTO  3 : Melakukan penancapan stek pohon naga.
FOTO  3 : Melakukan penancapan stek pohon naga.

iv. Timbun kembali lubang galian yang sudah di tanam stek pohon Naga, sambil penimbunan sambil dipadatkan agar rongga atau celah tanah timbunan agak padat.

 FOTO  2 : Penanaman dengan 2 stek batang dan penimbunan kembali.
 FOTO  4 : Penanaman dengan 2 stek batang dan penimbunan kembali.

v. Ikat stek batang  pohon Naga yang sudah ditanam tersebut pada ajir yang sudah ditancapkan terlebih dahulu.

FOTO  5 : Pengikatan stek pohon naga pada ajir
FOTO  5 : Pengikatan stek pohon naga pada ajir

Nah, untuk selanjutnya lakukan penyiraman pada tanaman baru, ini bertujuan agar tanah timbunan tidak ada rongga. Ini dia tanaman pohon naga di kebun belakang yang selesai ditanam ... Jumlahnya sekitar 10 ajir. Tinggal menunggu tunas tumbuh... Menurut para pakartanaman pohon Naga, pada tanaman yang baru sebaiknya dilakukan penutupan atau sungkupan pada stek. Tapi saya mah ndak ah ... Hehehe.

FOTO 4 : Tanaman pohon naga di kebun belakang Rumah admin yang selesai ditanam
FOTO 4 : Tanaman pohon naga di kebun belakang Rumah admin yang selesai ditanam

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

memanfaatkan lahan yang kosong hihih

Balas

infonya menarik sekali, saya juga suka menanam, dirumah banyak lahan kosong

Balas

isya sob, kalau suka menanam apalagi punya lahan kosong ya manfaatkan lahan kosongnya biar gak kosong lagi hehe

Balas

alhamdulillah.... akhirnya ada info yg saaangat....sangat gampang buat cara tanem pohon pohon naga...
makasih banyak banyak (mangyono.com)
sukses selalu.... jempol 3x

Balas

Mang yono tolong dijelasin juga berapa lama sampai berbuah,cara metik buahnya,dan brapa lama buah naga dari satu kali tanam hingga panen terus.trimakasih

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger