logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mengatasi Tanaman anggrek terserang penyakit layu dan busuk

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara mengatasi Tanaman anggrek terserang penyakit layu dan busuk akar. Nah, bagi penghobi tanaman anggrek penyakit yang 3 ini sering terjadi pada tanaman anggrek Penyakit busuk akar, penyakit layu dan penyakit busk pada batang anggrek. 

Tapi jangan kuatir, saya akan sedikit berbagi, entah cara saya ini sudah betul atau malah ngawur, yang penting khan tanaman tumbuh sehat ... Betul Tidak ?.

FOTO : bunga anggrek yang menarik hati

Yang pertama penyakit busuk akar
Penyebabnya yaitu :
Adanya  cendawan ( Kalau gak salah namanya Cendawan Rhizoctonia Solani ).

Gejalanya bisa dilihat pada tanaman anggrek yaitu dengan ciri:
Akar leher membusuk mencapai rhizoma dan umbi batang, daun dan umbi batang menguning, berkeriput, tipis dan bengkok, tanaman kerdil dan tidak tumbuh sehat.

Nah, untuk pengendalian tanaman anggrek yang mengalami penyakit busuk akar yaitu:
Semua bagian tanaman yang sakit dipotong dan dibuang, terus bekasnya disemprot dengan fungisida (Benlate) ada kok di toko obat tanaman .

FOTO : Akar dan batang anggrek yang sehat/
 FOTO : Akar dan batang anggrek yang sehat/
Yang kedua penyakit layu
Penyebabnya yaitu :
Adanya cendawan ( Kalau gak salah namanya Cendawan Fusarium Oxyporium ).

Gejalanya bisa dilihat pada tanaman anggrek yaitu dengan ciri:
Ciri – cirinya mirip dengan serangan penyakit busuk akar, namun pada rhizoma terdapat garis-garis, atau lingkaran berwarna ungu. Pada serangan berat, seluruh rizhoma menjadi ungu, diikuti pembusukan pada umbi batang, tanaman sangat tidak sehat.

Nah, untuk pengendalian tanaman anggrek yang mengalami penyakit layu yaitu:
Bagian yang terserang dibuang lalu bekasnya disemprotkan Benlate. Tanaman segera dipindahkan ke media tanam baru, yang masih segar dan bersih. Usahakan terdapat aliran udara yang lancar di sekitar tanaman.

Yang ketiga penyakit busuk
Penyebabnya yaitu :
Cendawan ( Kalau gak salah namanya Cendawan Sclerotium Rolfsi ).
Gejalanya bisa dilihat pada tanaman anggrek yaitu dengan ciri:
Terdapat bintil-bintil kecil berwarna coklat pada bagian tanaman yang terkena penyakit.

Nah, untuk pengendalian tanaman anggrek yang mengalami penyakit busuk yaitu:  
Bagian tanaman yang sakit dipotong dan dibuang. Mediatanaman dan seluruh pot didesinfektan dengan larutan formalin 4 % ataupun fungisida/antibiotik Natrippene 0,5 % selama 1 jam.

Terimakasih sobat sudah membaca artikel Cara mengatasi Tanaman anggrek terserang penyakit layu dan busuk akar.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

hm, banyak juga yang harus dipelajari dari Blog Mang yono kalo mau nanem Bunga anggrek, bunganya emang bagus tapi kalo bicara soal penyakitnya, bingung sama nama dan gejalanya.

Balas

I Love Tanaman Anggrek ;-)

Balas

pengen punya tanaman anggrek tapi ngk tau cara ngerawatnya.. hohohoooo

Balas

Makasih Pak sharingnya. ebetulan anggrek saya juga mengalami ini. biasanya trus mati. Mau coba aaah.

Balas

kela si mamang bulan april baru 13 hari udah posting 60an..?
emang ga bikin dimasukin bulk sama google
kalo dulu dulu sih suka diemail diingetin kalo diancam mau dibulk
ga tau sekarang...

Balas

Iya silahkan di baca - baca tentang bunga anggreknya ya mas... hehehe

Balas

Anggrek memang menarik ya Bang ... Asal jangan I Love admin aja xixixix

Balas

Silahkan dibaca - baca di postingan saya tentang menanam anggrek hehehe

Balas

Terimakasih juga kunjungannya buk... nah biar gak mati lagi anggreknya, silahkan dipraktekan ya

Balas

nggak juga mas, mungkin sekarang beda ya... kalau posting seharinya lebih dari 60 mungkin juga gak boleh eheheh

Balas

...hatur nuhun pa Yono share ilmunya,
boleh ya saya konsultasi mengenai perawatan anggrek.
saya mau tanya pa, kira-kira boleh ngga ya jika tanaman anggreknya di simpan dipot yang terbuat dari keramik ?
terimakasih Pa ..

Balas

boleh saja sih, tapi alangkah lebih baiknya tanaman anggrek itu di tanam di pot yang terbuat dari tanah atau semen, supaya akarnya ikut menempel pada media pot

Balas

...iya pa, oia pa ada tips khusus ngga ya untuk merawat anggrek bulan supaya berbunga banyak dan ngga cepat layu ? karena menurut penjual bunganya untuk jenis anggrek bulan agak sulit untuk berbunga pa. mohon infonya , hatur nuhun :)

Balas

Pak usia bunga anggrek bulan itu brp lama ?punya saya baru 1minggu uda ada yg layu gmn caranya spy bisa tumbuh dan berbunga bnyk lagi

Balas

Assalamu'alaikum...
Permisi, mau nanya, perawatan baby anggrek bulan itu gimana yang baik dan sehat? Setelah saya keluarkan dari botol, saya beri media pakis, trus saya pisah2 lagi dengan media arang dan Moss, 2 minggu berikutnya, yang pake media arang akarnya keriput dan kurus, tp yg pake Moss bisa seger dan gemuk2. Akirnya saya ganti semua media dengan Moss, 2minggu berikutnya sekarang malah akar nya mulai banyak yg busuk. Dengan case yg saya alami, kira2 apa yg harus saya lakukan? Apakah media Moss yg saya pakai harus saya cuci dan saya rendam dengan fungisida? Terima kasih perhatiannya..😊

Balas

pak yono saya mau tanya. anggrek bulan saya sudah knop tapi daunnya layu tinggal 2 lembar yang masih hijau apakah itu bisa berbunga

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger