logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Awal menyukai dan menanam bunga Anggrek

Sampurasun.... Rampes...

MANGYONO.com - Saya tidak begitu tahu cara memelihara bunga anggrek. Saya juga tidak tahu apa jenis dan nama anggrek yang saya miliki ini. Karena melihat bunga anggrek milik teman arisan istri saya berbunga sangat lebat ( gambar yang berbunga lebih banyak ) maka saya jadi menyukainya. Akhirnya saya minta satu anakan dari tunas yang menempel pada pohon indukan anggrek.

Semula anggrek ini saya tanam dengan media arang dan saya taruh begitu saja di depan pintu rumah, agak teduh karena saya takut jika kepanasan nanti menjadi kering. Alasan lain juga karena saya malas mengurusnya, kalau harus tiap hari menyirami. Lama kelamaan daun anggrek itu menjadi sangat lebat dan hijau juga ukuran daunnya lebih lebar, saya heran kenapa anggrek saya tidak berbunga seperti punya tetangga atau yang ada di abang – abang penjual bunga. Malahan daunnya bertambah lebat saja tiap harinya.

Awal menyukai dan menanam bunga Anggrek
Awal menyukai dan menanam bunga Anggrek

Hingga suatu saat saya diberitahu oleh teman bahwa bunga anggrek harusnya ditaruh di tempat yang agak panas atau terkena terik matahari langsung. Lha saya pikir bakalan kering kerontang nanti kalau lupa disirami, ternyata harus rajin menyiram juga. 

Hingga akhirnya anggrek yang tidak tahu namanya itu saya pindahkan di tempat yang agak panas. Dan diberi pupuk dari mecin atau penyedap masakan, ajaibnya tak berapa lama pucuknya tumbuh tunas bunga yang lama kelamaan memanjang. 

Mulanya hanya satu , dua , tiga dan seterusnya hingga total saya hitung dalam satu tangkai ada sekitar 15 an kuntum bunga bahkan lebih. Warnanya ungu cerah kelopak bunganya juga lumayan agak besar persis seperti anggrek yang ada di tukang bunga. Baca Merawat anggrek supaya tumbuh sehat dan berbunga  

Akhirnya tunas – tunas anggrek itu menjadi banyak, satu demi satu saya pisahkan pada pot lain, bahkan ditempel di pohon yang sudah mati, pohon palem, dipot yang ditempel didinding, pada pot diatas pagar. 

Baca : 
Cara dan mencermati agar anggrek tetap beranak pinak dan berbunga terus

Anggrek ditanam / ditempel pada pohon mati.
 Anggrek ditanam / ditempel pada media pohon mati, awalnya tanaman anggrek diikat, seterusnya akar - akar tanaman anggrek akan menempel erat pada media pohon.

Anggrek ditanam / ditempel pada pohon palem.
 Anggrek ditanam / ditempel pada pohon palem. Awalnya tanaman anggrek diikat, seterusnya akar - akar tanaman anggrek akan menempel erat pada pohon palem.

Baca : Akhirnya berhasil dan berbunga juga menanam Anggrek dengan ditempel di pohon.
Bunga anggrek di tanam di pot yang menempel di dinding.
Bunga anggrek di tanam di pot yang menempel di dinding. Tanaman Anggrek di Pot ini yang merupakan tanaman anggrek yang pertama saya tanam dengan media arang.


Awalnya tanaman anggrek tersebut satu pohon
Bunga anggrek di tanam di pot yang ditempel di dinding. Awalnya tanaman anggrek tersebut satu pohon, setelah berbunga anggrek - anggrek ber tunas dan akhirnya membentuk rumpun anggrek

Setelah makin banyak tunas -tunas anggrek saya pisahkan pada pot diatas pagar dan sebagainya.
Setelah makin banyak tunas -tunas anggrek saya pisahkan pada pot diatas pagar dan sebagainya.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

anggrek memang salah satgu tganaman yang unik. walaupun menmpel di pohon tapi anggrek tidak menjadi parasit. (walau kadang kadag parasit uga sih). namun anggrek adalh salah satu bunga yang indah.

Balas

Iya mas, anggrek parasit yang indah heheh

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger