logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Alat masak Coet dan Mutu batu

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Coet dan Mutu batu menurut saya mungkin merupakan alat masak yang ada sejak dari peninggalan jaman prasejarah awal yaitu Jaman Batu ... Heheh.

Coet dan Mutu batu ini tetap tidak tergeserkan walau sudah ada macam-macam blender, grinder, dan food processor lainnya yang menggunakan tenaga listrik.  Karena menurut saya aroma masakan yang dihasilkan oleh gilingan manual Mutu dan Coet adalah lebih enak dan khas serta lebih terasa pembuatannya. Yang mengaku - ngaku dirinya ahli dalam hal masak - memasak belumlah lulus apabila belum bisa menggerus biji cabe sampai halus dengan menggunakan Coet dan Mutu.... Heheh.

Alat masak Coet dan Mutu batu.
 Alat masak Coet dan Mutu batu.

Nah, buat yang belum tahu apa itu Coet dan Mutu, Coet adalah tatakan atau alas ( Perempuan ) sedangkan mutu itu ulekan ( Laki – laki ). Orang Meksiko menyebutnya dengan molcajete untuk coet, dan tejolote untuk mutu. Kalau bahasa Indonesia biasa disebut dengan Cobekan untuk Coet dan ulekan untuk Mutu. Di Jepang disebut dengan nama Suribachi dan surikag.

MITOS : Bagi  orang Sunda, bila ingin memiliki anak lelaki atau anak perempuan, harus mengambil mutu atau coet. Jadi bila ingin anak lelaki ambilah tanpa sepengetahuan dari orang yang memiliki anak laki – laki semua dan sebaliknya apabila ingin mempunyai anak perempuan ambilah tanpa sepengetahuan dari orang yang memiliki anak perempuan semua ... “ Mutu untuk laki – laki dan Coet untuk perempuan .. “. Soal keberhasilan? Tentu saja tidak dijamin.... Hehehe

Baca juga :  
Peralatan Masak Tradisional Indonesia Kukusan atau Aseupan 
Peralatan Masak Tradisional Indonesia Dandang atau Se’eng. 
Peralatan Masak Tradisional Indonesia Tungku / Hawu. 


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger