logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mencampur pupuk yang tepat untuk tanaman padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Dosis pupuk untuk tanaman padi sangatlah variatif sekali antara daerah yang satu dengan yang lain, antara sawah yang satu dengan yang lain, antara petani yang satu dengan petani yang lain dan antar musim juga berbeda – beda, tapi satu tujuan tentunya, yaitu untuk menghasilkan padi yang subur dan sehat.  

Kalau saya menyarankan kepada sobat – sobat petani di tulisan blog saya ini, maksudnya cobalah dengan dosis yang kecil dulu kalau hasilnya kurang bagus baru dinaikkan dosisnya pada musim yang akan datang dan dinaikan lagi pada musim berikutnya sampai menghasilkan tanaman padi yang unggul. Mungkin sobat sendiri yang lebih paham terhadap kondisi tanah sawah yang sobat miliki.

Foto : Sawah Blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang.
 Foto : Sawah Blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang.

Nah, ini sebagai gambaran saja untuk tanah normal pemerintah memberikan rekomendasi pupuk untuk tanaman padi sebagai berikut, Urea sebesar 200 kg - 250 kg, SP36 100 kg - 150 kg dan KCl 75 kg - 100 kg. 

 Foto : Mang Yanto sedang mencampur pupuk untuk tanaman padidi sawah admin.

Jika menggunakan NPK dosisnya adalah 100 kg urea dan 300 kg NPK. Itu hanya dosis anjuran, untuk menentukan dosis secara tepat maka sobat sendiri yang harus melakukan uji coba pada tanah milik sobat sendiri baik itu antar musim maupun antar lokasi.... Paham?... Hehhee.

 Foto : Mang Yanto sedang memasukan pupuk yang sudah dicampur kedalam karung
 Foto : Mang Yanto sedang memasukan pupuk yang sudah dicampur kedalam karung. Maklum sawahnya jauh dari rumah admin.

Lakukan pengamatan pupuk yang diberikan pada tanaman padi apakah sudah maksimal apa belum. Jika belum lakukan pemupukan dengan dosis yang berbeda lagi, demikian seterusnya sampai sobat menemukan dosis yang benar-benar optimal untuk tanaman padi sobat. Tapi dalam pemeberiannya jangan terlalu jauh melampaui anjuran pemerintah tersebut diatas yach?

Dosis pupuk untuk tanaman padi yang tepat

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

izin menyimak iya mang :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger