Skip to main content

Cara mencampur pupuk yang tepat untuk tanaman padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Dosis pupuk untuk tanaman padi sangatlah variatif sekali antara daerah yang satu dengan yang lain, antara sawah yang satu dengan yang lain, antara petani yang satu dengan petani yang lain dan antar musim juga berbeda – beda, tapi satu tujuan tentunya, yaitu untuk menghasilkan padi yang subur dan sehat.  

Kalau saya menyarankan kepada sobat – sobat petani di tulisan blog saya ini, maksudnya cobalah dengan dosis yang kecil dulu kalau hasilnya kurang bagus baru dinaikkan dosisnya pada musim yang akan datang dan dinaikan lagi pada musim berikutnya sampai menghasilkan tanaman padi yang unggul. Mungkin sobat sendiri yang lebih paham terhadap kondisi tanah sawah yang sobat miliki.

Foto : Sawah Blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang.
 Foto : Sawah Blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang.

Nah, ini sebagai gambaran saja untuk tanah normal pemerintah memberikan rekomendasi pupuk untuk tanaman padi sebagai berikut, Urea sebesar 200 kg - 250 kg, SP36 100 kg - 150 kg dan KCl 75 kg - 100 kg. 

 Foto : Mang Yanto sedang mencampur pupuk untuk tanaman padidi sawah admin.

Jika menggunakan NPK dosisnya adalah 100 kg urea dan 300 kg NPK. Itu hanya dosis anjuran, untuk menentukan dosis secara tepat maka sobat sendiri yang harus melakukan uji coba pada tanah milik sobat sendiri baik itu antar musim maupun antar lokasi.... Paham?... Hehhee.

 Foto : Mang Yanto sedang memasukan pupuk yang sudah dicampur kedalam karung
 Foto : Mang Yanto sedang memasukan pupuk yang sudah dicampur kedalam karung. Maklum sawahnya jauh dari rumah admin.

Lakukan pengamatan pupuk yang diberikan pada tanaman padi apakah sudah maksimal apa belum. Jika belum lakukan pemupukan dengan dosis yang berbeda lagi, demikian seterusnya sampai sobat menemukan dosis yang benar-benar optimal untuk tanaman padi sobat. Tapi dalam pemeberiannya jangan terlalu jauh melampaui anjuran pemerintah tersebut diatas yach?

Dosis pupuk untuk tanaman padi yang tepat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar