Meminta izin mengambil foto di internet

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Kita, sebagai blogger, tentunya tahu bahwa sebuah foto/media lainnya dalam postingan akan mampu menaikkan ketertarikan seseorang untuk membacanya dan akan mendongkrak web atau blog itu sendiri.

Nah, tidak sedikit dari kita yang mengambil foto yang ada di website, blogg atau media sosial – termasuk saya ... Hehehe, sering menggunakan google image atau dari media sosial untuk postingan saya, tentunya dengan credit foto ke link yang dimaksud.

Memang, jika selama ini kita menggunakan foto yang kita dapatkan dari website, kita akan menuliskan sumber foto tersebut, baik di bawah foto yang dimaksud ataupun dicantumkan di akhir postingan itu. Tapi jika membaca terkait hak cipta, sebenarnya ada satu inti hak cipta yang kita langgar, yaitu “ijin dari mpunya / yang punyanya”.

Yang selama ini saya lakukan jarang sekali meminta ijin kalau saya mengambil foto dari website, blog atau media sosial hasil googling. Kalau saya mengenal orang yang mempost foto itu, tentunya saya akan meminta ijin untuk post foto tersebut. Nah, bagaimana kalau tidak kenal, gimana cara meminta ijinnya dan jalan satu - satunya mempost foto itu dan menuliskan sumber foto tersebut.

 Minta izin bu Lurah Yuli Merdekawati, Lurah Cigadung, Subang

Pada dasarnya dengan menyebutkan sumber foto itu, kita mengakui bahwa foto tersebut bukanlah milik kita alias dapat nyomot. Boleh dibilang kita tidak melanggar hak cipta foto tersebut dalam hal ini. Namun… jika disangkut-pautkan dengan ijin yang secara langsung dari empunya foto, kita pun masih melakukan ‘kesalahan’ yaitu tidak mengajukan ijin. Jadi sebaiknya sebelum kita nyomot foto kita kunjungi Disclaimer,  apakah di situ ada tulisan seperti di Disclaimer blog saya yang bertuliskan ...

"Perlu juga menyadari bahwa ketika Anda Mengunduh atau menggunakan gambar, tulisan dari Blog Mang Yono harus meminta izin terlebih dahulu dengan menghubungi Admin blog ini. Admin melarang pihak lain mengunduh atau menggunakan gambar yang ada di website tanpa izin terlebih dahulu."

Nah, mulai saat ini saya akan meminta izin terlebih dahulu deh kalau mengambil foto dari internet atau media sosial. Seperti yang saya lakukan akhir – akhir ini, saya meminta izin dulu ke bu Lurah Yuli Merdekawati, Lurah Cigadung, Subang.




........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...
...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar