logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara merangsang bunga & buah lengkeng yang mandul

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara membungakan / membuahkan klengkeng yang mandul. Jaman sekarang khan sudah canggih, sudah banyak obat – obat untuk perangsang buah yang dijual dipasaran, bahkan sudah ada obat khusus untuk perangsang buah lengkeng yang mandul. Jadi sekarang gak usah biingung dan takut lagi punya lengkeng yang gak pernah muncul bunga atau buah bahkan sudah bertahun – tahun belum muncul bunga, ya dengan cara ini aja pasti bisa teratasi.

Bahkan sebagian petani kelengkeng sudah bisa mengatur kapan waktunya pohon kelengkeng untuk berbuah.

Nah, salah satunya dengan menggunakan paket pupuk booster lengkeng, paket ini biasanya terdiri dari unsur makro dan mikro yang lengkap, asam amino,  KNO3 dan potassium klorat.

Cara merangsang bunga & buah lengkeng yang mandul
 Cara merangsang bunga & buah lengkeng yang mandul. Foto tanaman lengkeng saya di kebun belakang rumah


Kebanyakan pupuk booster lengkap yaitu berbentuk cair ini bertujuan untuk memicu pembungaan tanaman lengkeng. Kalau membaca di kemasanya tertulis sangat efektif untuk membungakan lengkeng lokal maupun nonlokal tanpa efek samping yang merugikan tanaman. Formula dengan kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap, berwarna kuning kecoklatan yang dapat merangsang munculnya bunga lengkeng di luar musim ( off season ) .

Keunggulan dari booster ini bunga mampu muncul di luar musim lebih cepat dan serempak. Jika diaplikasian pada musimnya dapat memaksimalkan jumlah bunga sehingga tanaman dapat berbuah lebat. 

Cara dilarutkan dengan air sesuai dengan anjuran dan aduk sampai larutan sampai menjadi homogen, kemudian seluruh larutan disiram pada pangkal batang dan tanah dengan jarak 30-50 cm mengelilingi pangkal batang tanaman sampai terlihat basah.

Waktu aplikasi pada saat kondisi tanaman tidak sedang mengalami pertumbuhan tunas daun baru atau pucuk daun sudah berwarna hijau tua.
Tapi ada cara lain juga, kalau baca kemasanya cara aplikasinya berbeda – beda, jadi tergantung kitanya aja apa mau cara yang mana. Kalau menurut saya sih caranya ya sesuai yang tertera di kemasan aja

Biasanya calon bunga akan keluar pada 30-45 hari setelah aplikasi booster. Namun jika lebih dari 2 bulan calon bungan belum keluar dan yang keluar hanya tunas daunnya saja, maka aplikasi dianggap gagal. Namun tak usah khawatir jika kondisi tanaman sehat, bisa langsung dibooster lagi.

Silahkan baca juga 
Cara menanam Pohon Cangkok Lengkeng di Alam terbuka
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger