logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pesona Hidden Hill Jantho: Bukit Jalin

Pesona Hidden Hill Jantho : Bukit Jalin

Jelajah alam itu bagaikan "nar+ko+ba", sekali dicoba maka akan menarik kita untuk lagi dan lagi. Selain itu alam mengajarkan kita untuk bersyukur dan tanggung jawab akan ciptaan tuhan.

Kota Jantho merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Besar yang terletak di Propinsi Aceh dan membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk tiba di Kota Jantho dari Kota Banda Aceh. Kota Jantho sendiri masih terlihat asri dan dikelilingi hutan lindung. Sehingga tidak heran jika Kota Jantho sendiri tidak terlihat seperti kota pada umumnya. Selain itu, Jantho juga memiliki wisata alam yang masih jarang diketahui masyarakat luar, salah satunya adalah Bukit Jalin.


Photo oleh: Ratna Mutia Dewi -1
 Photo oleh: Ratna Mutia Dewi
......

Bukit Jalin ini terletak di Desa Jalin, Jantho. Kira-kira 15km kearah Timur dari Kota Jantho. Bukit Jalin ini terkenal sebagai destinasi para pecinta alam. Para traveler dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor dan memarkirkannya dibawah dan selanjutnya melewati jembatan dengan berjalan kaki hingga mendaki bukit.

Photo oleh: Ratna Mutia Dewi -2
 Photo oleh: Ratna Mutia Dewi
......... 

Untuk mencapai puncak, para traveler harus melewati beberapa bukit dibawah terik matahari. Sehingga dibutuhkan kegigihan untuk mencapai puncak. Di bukit jalin ini sendiri masih sedikit terdapat pepohonan untuk berteduh. Sehingga tidak mengherankan jika banyak para pendaki yang menyerah untuk mencapai puncak. Meskipun begitu, tidak menyurutkan para pendaki yang ingin menaklukkan bukit ini.

Ketika tiba di puncak, kita akan menikmati begitu indahnya ciptaan. Dari Puncak ini terlihat oase yang tersembunyi dibalik bukit dan pemandangan yang masih hijau.


Photo oleh: Ratna Mutia Dewi -3
 Photo oleh: Ratna Mutia Dewi
.......

Bagi sobat traveler yang tidak melakukan pendakian juga dapat menikmati aliran sungai di kaki Bukit Jalin. Aliran sungainya masih alami, bersih, dan sejuk.

Photo oleh: Ratna Mutia Dewi -4
 Photo oleh: Ratna Mutia Dewi
.......

Saat ini wisata alam Bukit Jalin hanya dikelola oleh masyarakat setempat. sehingga fasilitas yang tersedia masih belum memadai, seperti mushalla dan toilet. Sehingga lambat laun daerah ini semakin banyak dikunjungi dan akan merusak keindahan alamnya jika fasilitas yang diperlukan tidak tersedia, seperti toilet.
 
Jelajah alam mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan bertanggung jawab terhadap alam dan indahnya ciptaan tuhan. Alam juga merupakan asset yang sangat vital bagi kehidupan dan harus dilindungi. Sekian cerita perjalanan jelajah saya, semoga bermanfaat.

*********
Penulis      :  Ratna Mutia Dewi
Twitter     :  @R_mutiadewi
Hobi          :  Jelajah alam dan menulis
Blogger    :  mutiaharu.blogspot.com
                

Tulisan kiriman dari Ratna Mutia Dewi  :
1. Pesona Hidden Hill Jantho: Bukit Jalin
3. Menikmati Hijaunya Gampong Lam Ara Tunong...
4. Keindahan Air Terjun Seuhom ( Krueng Kala ) 
5. Menguak 5 Pilar Keajaiban Rezeki 
6. Lhokseudu, Lokasi Terbaik Menikmati Senja
7. Sore Bersama Sunset Di Ujung Pantai Lhoknga, Aceh Besar
8. Pesona Keindahan dibalik Bukit Krueng Raya

"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)." 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

Saya selaku admin mengucapkan terimakasih kepada Ratna Mutia Dewi yang sudah mengirimkan tulisan tentang Pesona Hidden Hill Jantho: Bukit Jalin .... Semoga saja admin bisa berkunjung ke Kota Jantho, Propinsi Aceh ... :)

Balas

wah keren banget nih bukit jalinnya,jadi penasaran ingin kesana nih mang

Balas

wah blognya udah nyiapin admin sambilan yakang
pengen mencoba hal ini nih

Balas

saya ngucapin terimakasih sama sapa dong?

Balas

terima kasih kepada admin telah memberikan kesempatan untuk mempublikasikan tulisan saya

Balas

wah, indah sekali ya Mang, panorama perbukitannya masih hijau dan aliran sungai di kaki Bukit Jalin bersih menjadikan suasanannya menjadi sejuk... itu yg mengalir namanya Sungai apa yah ? ...

Balas

ke Neng Ratna Mutia Dewi... eh. Mbak... eh, uni... eh... apa ya sebutan buat orang Aceh, ya kang Yanto ?.... hehehe

Balas

iya kang saya juga penasaran... Yuk, kesana kang... nanti biar yang menjadi pemandu Wisatanya dek Ratna Mutia Dewi... Tapi Kang Yanto kuat naik ke bukit ndak... ?.... Hehehe....

Balas

iya Kang... sudah banyak yang kirim tulisan dan yang dipublikasikan... silahkan kang.... monggo disambil... heheheh

Balas

Saya juga mengucapkan terimakasih, sudah mengirimkan tulisan tentang Pesona Hidden Hill Jantho: Bukit Jalin... saya tunggu cerita - cerita pesona lainnya....

Balas

Iya kang... di Jakarta dan Karawang, gak ada yang model begini... Wah, saya juga gak tau pak Guru... Ini harusnya dek Ratna Mutia Dewi untuk memberi penjelasan. Sungai apa ya ?...

Balas

Wow, pemandangannya bagus banget.

Balas

iya ... masih asri dan hijau royo - royo ... hehehe

Balas

saya juga kurang tau sungai apa, mungkin sungai Jalin, sesuai dengan nama bukit'a yang terletak di Desa Jalin :)

Balas

Jantho memang penduduknya masih sedikit, tidak seramai d kota dan dikelilingi sama. jadi suasanya masih hijau :)

Balas

Jantho memang penduduknya masih sedikit, tidak seramai d kota dan dikelilingi sama hutan. jadi suasanya masih hijau :)

Balas

adem sekali lihat pemandangan yang indah itu

Balas

Sungai jalin ya dek... Kalau bukitnya itu dinamakan Jalin ... awalnya kenapa ?.... apa kaena bukitnya menjalin satu sama lainnya ...

Balas

Iya... begitu indahnya ciptaan Tuhan ya mbak....

Balas

Jalin itu nama desa. bukit jalin itu bukit yg trletak d desa jalin. karena itu para netizen menyebutnya bukit jalin. dan sungainya itu berada di kaki bukit jalin

Balas

Wow .... pemandangannya bikin adem mata dan pikiran :)

Balas

Iya mbak Ely, berbeda sekali dengan di Jerman ya...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger