--> Skip to main content

Tanaman padi saya di Cibandung, Subang terserang hama sundep

 

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Tanaman padi saya di Cibandung, Subang terserang hama sundep.

Hama Sundep atau hama penggerek batang mulai mengancam areal persawahan di Cibandung, Dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, Indonesia. Sebagian patani yang lahan sawahnya mengalami serangan hama sundep.

"Satu petak lahan sawah saya ini baru ditanam sudah terserang hama sundep. Tanaman padi semua mengering karena terkena penggerek batang.," 

Tanaman padi saya di Cibandung, Subang terserang hama sundep
 Tanaman padi saya di Cibandung, Subang terserang hama sundep


Hama tersebut, menyerang di bagian batang, daun, hingga akar tanaman padi. Akibatnya, bagi tanaman yang masih muda biarpun sudah dipupuk tidak bisa tumbuh dengan normal dan banyak yang mati. 


 FOTO : Tanaman padi yang terkena sundep.
 FOTO : Tanaman padi yang terkena sundep.


Hama sundep atau mati pucuk bila menyerang tanaman padi yang belum berbunga. Warna bibit padi/tanaman padi yang belum berbunga merah kuning atau merah coklat.

"Hama ini berwarna putih dan berukuran sangat kecil. Mereka biasanya bertelur dibagian bawah daun, yang terletak dibagian atas batang. Dipersemaian padi biasanya telur diletakkan dibagian atas permukaan daun, terutama semai yang sangat muda.

Menurut saya perilaku pembudidayaan bibit padi juga dapat mempengaruhi ketahanan bibit terhadap hama. Sebaiknya, petani tidak menyemaikan bibit padi yang sudah rawan terkena serangan hama. "Jika bibit pertama yang disemaikan tentunya padi akan lebih tahan serangan hama, apabila sudah dibudidayaka... Bibit padi yang saya semaikan ini merupakan bibit padi bukan yang pertama alias bibit padinya saya ambil dari hasil panenan sebelumnya.

FOTO : Tanaman padi saya yang terkena sundep hanya satu petak.
FOTO : Tanaman padi saya yang terkena sundep hanya satu petak. Sekarang dicoba dengan penyemprotan pestisida produk (.... ) Sensor dulu ... Hehehehe.

Bisa juga ini disebabkan karena menanam padi atau tandur saya lakukan terlalu awal...Terlihat dari tanaman padi saya yang lainnya aman - aman saja... Tanaman padi yang terserang sundep ini hanya satu petak saja....  Baca Ngagurul / Ngalandak penyiangan padi sawah di Subang

Semoga saja dengan usaha penyemprotan pada tanaman padi yang terserang sundep yang saya lakukan bisa mengatasi hama penyakit tersebut... Nanti kalau saya berhasilakan saya posting juga... Jenis pestisida apa yang saya gunakan... Ditunggu ya say.... Heheheh


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments