logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kuliah itu pilihan, bukan paksaan

Kuliah itu pilihan, bukan paksaan

Anjuran dalam menuntut ilmu bisa kita temukan dimana saja, seperti kutipan kata mutiara, motivator, puisi, cerita inspirasi dan lain-lain. Bahkan Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda 

" Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat.". 


Menempuh jenjang pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta memang impian semua pelajar yang benar-benar serius dan bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu pengetahuan.

Setelah pengumuman kelulusan di Sekolah Menengah Atas, bagi yang lulus akan akan gencar dan sibuk kesana-kemari menggali informasi seputar penerimaan Mahasiswa/i baru di setiap perguruan tinggi.

Kuliah itu pilihan, bukan paksaan
Ilustrasi : Kuliah itu pilihan, bukan paksaan by Wiki Pebrianto


Dalam hal ini, akan banyak yang mengikuti program SNMPTN, SBMPTN dan Bidik Misi karena memang sangat dianjurkan sebagai alternatif pertama untuk bisa bergabung dengan kampus impiannya.
Banyak opini berpendapat bahwa menjadi seorang Mahasiswa/i merupakan suatu kebanggaan. Seorang mahasiswa itu biasanya memiliki daya intelektual yang besar, punya wawasan yang luas dan berbicara layaknya tutur seseorang yang berpendidikan cukup tinggi.

Menurut saya hal diatas memang ada benarnya. Karena setelah seseorang lulus kuliah dan menyandang gelar Akademik, maka akan menjadi sumber daya manusia yang potensial pada bidangnya, produktif dalam menciptakan terobosan baru, mampu menerbitkan ide dan gagasan yang brilian, mempunyai skill atau keahlian dan siap tempur ke dunia kerja.

Tapi Menurut saya bukan berarti orang yang tidak kuliah akan tertinggal jauh pula. Karena tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa kuliah hanya akan menunda Startup kesuksesan yang sebenarnya bisa dimulai sejak tamat SMA.
Kenapa saya katakan menunda ?

Kuliah itu paling cepat 3 tahun, jika seseorang tidak kuliah dan langsung memulai wirausahanya sendiri sejak tamat SMA, dengan metode serta langkah yang benar, maka 3 tahun kedepannya, kemungkinan besar dia sudah bisa meraup profit bahkan membantu kehidupan keluarganya.

Banyak contoh-contoh orang besar yang bisa menjadi inspirator bagi kita semua, misalnya Bill Gates (CEO Microsoft), Mark Zuckerberg (CEO Facebook) dan Steve Jobs (CEO Apple). Mereka tidak pernah menyelesaikan studi kuliahnya.

Bayangkan lagi, jika pada saat itu mereka melanjutkan perkuliahannya, mungkin kita tidak akan pernah mengenal yang namanya Microsoft, Facebook dan IPhone.

Tapi apa yang kita lihat sekarang ? siapa yang tidak kenal mereka ?
Coba renungi kalimat yang pernah diuangkapkan Bill Gates pada dunia ini :

" Saya gagal dalam beberapa mata kuliah saat ujian, tetapi teman saya berhasil. Sekarang dia sudah jadi insinyur dan punya posisi penting di perusahaan Microsoft, dan saya-lah pemilik Microsoft itu sendiri. ".

PENUTUP
Tujuan saya membuat artikel ini hanya opini dan sebatas menyampaikan isi kepala saja, bukan berarti saya mengajak ataupun mempengaruhi para pembaca untuk kuliah atau tidak kuliah, saya bukan profokator, hanya saja mencoba untuk menjalankan yang namanya Demokratif.
...................................


Biografi Penulis :
Nama    : Wiki Pebrianto
Alamat : Jl. Adinegara No. 10, Padang, Sumatera Barat
Profesi : Mahasiswa angkatan 2014 di Perguruan Tinggi Negeri Politeknik ATI Padang  dengan jurusan Manajemen Industri.

Blog          :  lobanggelap.blogspot.co.id
Facebook   :  Wiki Pebrianto
Google+    :   Ky Cules


Tulisan dari Wiki Pebrianto di blog ini :
Ada-ada saja format iklan online di Indonesia
Kuliah itu pilihan, bukan paksaan
Uniknya Angkot di Kota Padang


********* 
"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)."  

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

bener sekali..dulu aku kuliah karena keinginanku..ortuku hanya memfasilitasi dan memberikan semangat

Balas

Menurut saya sih mendingan kuliah dulu baru kerja... soalnya kalau langsung kerja tanpa kuliah posisi kerja kita di perusahaan susah naiknya ... beda dengan yang punya gelar Ir.... Sarjana ... Ini pengalaman saya di tempat kerja :)

Terimakasih Mas, Uda Wiki Pebrianto sudah mengirimkan tulisannya ke email admin blog ini... dan saya tunggu tulisan - tulisan selanjutnya. Kalau berkenan silahkan balas komentar - komentar dari sahabat di cerita tersebut,

Balas

Alhamdulillah saya dulu kuliah karena kebutuhan. Karena butuh jadinya terpaksa kuliah :)

Balas

itu bagi yang benar-benar kuliah mas, kan banyak juga tuh yang lulusan s1 jadi pengangguran gara2 hanya mengandalkan ijazah doank, otak kosong seperti tong.

jadi yang mau kuliah, kuliah yang bener untuk masa depan yang cerah. yang gak mau kuliah, lanjutkan cita2 menjadio sukses

Balas

begitu juga kita ke anak2 kita nanti

Balas

kuliah sambil kerja juga oke. tapi jangan keasyikan kerja lupa kuliah hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger