--> Skip to main content

Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang

Sampurasun ... Rampes.

Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang

Desa Cipancar, yang terletak di kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kode Pos 41282.

Desa Cipancar adalah desa yang paling selatan diwilayah Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Adapun nama “Cipancar” identik dengan adanya gunung sunda, di Gunung Sunda terdapat suatu situs. Menurut keterangan masyarakat desa, tempat tersebut di pakai tempat peristirahatan para wali dan sekarang tempat tersebut banyak di kunjungi oleh orang-orang berziarah baik warga desa maupun dari luar Desa Cipancar.

 Kantor Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang
 Kantor Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang

 


Di desa Cipancar terdapat air terjun, yang disebut Curug Cijalu. Baca Curug Cijalu, Serang Panjang, Subang, Jawa Barat

Menurut cerita warga, tokoh yang pertama kali membuka lahan di Desa Cipancar adalah Eyang Koneng, yaitu sekitar tahun 1918, beliaulah yang pertama kali yang membuka dan membangun permukiman berserta pengikutnya di Desa Cipancar, yang sampai saat ini namanya masih tetap di kenang dan makamnya sering diziarahi untuk mendapatkan berkah bagi yang percaya untuk sebagian orang.

Setelah Eyang Koneng membuka lahan Desa Cipancar, muncullah tokoh yang bernama Hanapiyah yang kemudian ia dijadikan sebagai kepala desa yang pertama. Hanapiyah memimpin Desa Cipancar selama ± 10 tahun dan diganti pada tahun 1928 oleh salah satu anaknya yang bernama Ibrohim, yang menjadi kepala desa selama ± 20 tahun.

Desa Cipancar terletak antara 6’44’-70’83’ Lintang Selatan dan 107’21’-108’21’ Bujur Timur, dengan luas wilayah 976.25 Ha, yang terdiri dari 7 dusun dengan 12 Rukun Warga (RW) dan 30 Rukun Tetangga (RT). 

Desa cipancar memiliki batas wilayah administratif sebagai berikut:
Sebelah Utara berbatasan dengan desa Ponggang
Sebelah Timur berbatasan dengan kabupaten Purwakarta
Sebelah Selatan berbatasan dengan kabupaten Bandung
Sebelah Barat bebatasan dengan kabupaten Purwakarta

Desa cipancar merupakan desa yang berada di daerah lereng gunung dengan ketinggian antara 700-800m dpl (diatas permukaan laut). Sebagian besar wilayah desa cipancar adalah lereng gunung dengan kemiringan antara 30’-45’. Disebelah timur dibatasi oleh sungai cilamaya yang sekaligus desa pusakamulya kecamatan kiarades kabupaten purwakarta.

Desa Cipancar memiliki potensi yang cukup besar, baik dari sumber daya alam. Sampai saat ini potensi sumber daya belum benar-benaar diberdayakan.


Data dari Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments