logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang

Sampurasun ... Rampes.

Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang

Desa Cipancar, yang terletak di kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kode Pos 41282.

Desa Cipancar adalah desa yang paling selatan diwilayah Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Adapun nama “Cipancar” identik dengan adanya gunung sunda, di Gunung Sunda terdapat suatu situs. Menurut keterangan masyarakat desa, tempat tersebut di pakai tempat peristirahatan para wali dan sekarang tempat tersebut banyak di kunjungi oleh orang-orang berziarah baik warga desa maupun dari luar Desa Cipancar.

 Kantor Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang
 Kantor Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang

 


Di desa Cipancar terdapat air terjun, yang disebut Curug Cijalu. Baca Curug Cijalu, Serang Panjang, Subang, Jawa Barat

Menurut cerita warga, tokoh yang pertama kali membuka lahan di Desa Cipancar adalah Eyang Koneng, yaitu sekitar tahun 1918, beliaulah yang pertama kali yang membuka dan membangun permukiman berserta pengikutnya di Desa Cipancar, yang sampai saat ini namanya masih tetap di kenang dan makamnya sering diziarahi untuk mendapatkan berkah bagi yang percaya untuk sebagian orang.

Setelah Eyang Koneng membuka lahan Desa Cipancar, muncullah tokoh yang bernama Hanapiyah yang kemudian ia dijadikan sebagai kepala desa yang pertama. Hanapiyah memimpin Desa Cipancar selama ± 10 tahun dan diganti pada tahun 1928 oleh salah satu anaknya yang bernama Ibrohim, yang menjadi kepala desa selama ± 20 tahun.

Desa Cipancar terletak antara 6’44’-70’83’ Lintang Selatan dan 107’21’-108’21’ Bujur Timur, dengan luas wilayah 976.25 Ha, yang terdiri dari 7 dusun dengan 12 Rukun Warga (RW) dan 30 Rukun Tetangga (RT). 

Desa cipancar memiliki batas wilayah administratif sebagai berikut:
Sebelah Utara berbatasan dengan desa Ponggang
Sebelah Timur berbatasan dengan kabupaten Purwakarta
Sebelah Selatan berbatasan dengan kabupaten Bandung
Sebelah Barat bebatasan dengan kabupaten Purwakarta

Desa cipancar merupakan desa yang berada di daerah lereng gunung dengan ketinggian antara 700-800m dpl (diatas permukaan laut). Sebagian besar wilayah desa cipancar adalah lereng gunung dengan kemiringan antara 30’-45’. Disebelah timur dibatasi oleh sungai cilamaya yang sekaligus desa pusakamulya kecamatan kiarades kabupaten purwakarta.

Desa Cipancar memiliki potensi yang cukup besar, baik dari sumber daya alam. Sampai saat ini potensi sumber daya belum benar-benaar diberdayakan.

Kelurahan/Desa lainnya di Kecamatan Serang Panjang :
- Desa Cijengkol, Kecamatan Serang Panjang
- Desa Cikujang, Kecamatan Serang Panjang
- Desa Cintamekar, Kecamatan Serang Panjang
- Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang
- Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang
- Desa Talagasari, Kecamatan Serang Panjang


Data dari Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger