--> Skip to main content

Desa Cikujang, Kecamatan Serang Panjang

Sampurasun ...

Desa Cikujang, Kecamatan Serang Panjang

MANGYONO.com - Desa Cikujang, yang terletak di kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kode Pos 41282.

Desa Cikujang berdiri sejak tahun 1865. Nama desa Cikujang diambil dari sebuah pohon kayu yang bernama Kujang yang terletak dikampung bale kambang. Pohon tersebut pertama ditemukan oleh seorang tokoh di wilayah tersebut bernama Embah Dalem Tirta praja dan kemudian dijadikan nama kampung Cikujang.
 
Seiring perkembangan dengan perkembangan pemerintahan dan perkembangan pendidik nama Cikujang kemudian dijadikan nama Desa.

Desa Cikujang, Kecamatan Serang Panjang
 Kantor Desa Cikujang, Kecamatan Serang Panjang

Desa Cikujang terletak antara 600 m, dengan luas wilayah 1.010.903 ha terdiri dari 6 dusun dengan 6 Rukun Warga dan 20 Rukun Tetangga. 

Desa Cikujang memiliki batas wilayah administratif sebagai berikut :
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Cijengkol
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Sukamandi
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Gunung Hurangrang
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Cipancar

Di desa Cikujang ada obyek wisata Curug / air terjun, yaitu Curug Mugiri. Curug Mugiri merupakan objek wisata alam baru yang berada di kampung Arjasari desa Cikujang kecamatan Serangpanjang kabupaten Subang - Jabar. 

Sedangkan UKM Desa Cikujang, yaitu :
a. Minyak sereh wangi
Lokasi di Kp. Cilembu
b. Teh Hijau
Lokasi Kp. Cikujang RT 01 RW 1
c. Konveksi
Lokasi Kp. Pasir Batang RT 17
d. Aneka Keripik / emping
Lokasi Kp. Sangkali RT. 07. Inovasi melinjo seperti emping manis, emping asin, emping pedas, dan nastar melinjo. Bahkan saat ini sampai ke pengolahan pisang, jamur dan beras ketan
e. Tas Mugiri
Lokasi Kp. Arjasari RT 12 / 04
f. Kusen Beton
Lokasi Cikujang RT 01 / 1
g. Payet
Lokasi Kp. Arjasari RT 10 RW 04 





Data dari Desa Cikujang, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Cikujang, Kecamatan Serang Panjang, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments