--> Skip to main content

Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang

Sampurasun ...

Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang

MANGYONO.com - Desa Ponggang adalah salah satu dari 6 Desa di Wilayah Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kodepos : 41282

Desa Ponggang yang terletak +  1 Km ke arah selatan dari Kecamatan Serang Panjang. Sedangkan untuk menuju Kota Subang, harus menempuh perjalanan antara 30 menit hingga 1 jam. Desa Ponggang Kecamatan Serang Panjang berada di ketinggian 8,62 mdl diatas permukaan laut dengan wilayah ± 141 Hektar. Suhu rata-rata harian di Desa Ponggang adalah 20-30 oC..


FOTO 1 : Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang
FOTO 1 : Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang

Desa ini terdiri atas 6 dusun yang dilintasi perkebunan kelapa sawit milik PTPN. Mayoritas penduduknya bertani. Tidak heran karena sebagian besar lahan desa didominasi dengan persawahan. Selain menjadi petani, sebagian mencari nafkah dengan menjadi kuli di kebun kelapa sawit. Padahal kebun kelapa sawit rakus air, banyak air yang terambil oleh tanaman kelapa sawit.


FOTO 2 : Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang
FOTO 2 : Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang

Menurut kabar kebun kelapa sawit itu sebenarnya masih baru, dulunya di daerah perkebunan kelapa sawit ini adalah kebun teh yang hijau, kebun teh menampakan pemandangan yang asri ... Tapi sejak runtuhnya orde baru makin lama bentangan kebun2 teh itu tidak terurus, meninggalkan kebun teh bercampur ilalang. Akhirnya hilanglah kebun teh yang asri berganti dengan kebun kelapa sawit yang rimbun...


FOTO 3 : Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang

FOTO 3 : Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang


Di desa ini ada tempat wisata, yaitu curug Ponggang ini berada di perbatasan dua desa, yakni Sukajaya, kecamatan Kiara Pedes, kabupaten Purwakarta dan desa Ponggang, kecamatan Serangpanjang, kabupaten Subang... Curug ini mengalirkan air ke sungai Cilamaya. Aliran sungai Cilamaya ini memang batas alami kabupaten Purwakarta dan Subang.


PETA : Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang
PETA : Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang





Data dari Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Ponggang, Kecamatan Serang Panjang, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments