--> Skip to main content

Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati

Sampurasun ... Rampes.

Desa Marengmang, Kecamatan Kalijat

MANGYONO.com - Secara administratif Desa Marengmang masuk ke wilayah Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kode POS 41271

Nama Desa Marengmang tercetus ketika ada pada suatu hari ketika sekelompok warga desa sedang menggarap tanah di musim kemarau untuk bersiap bercocok tanam di musim hujan, ada seseorang yang bertanya “Musim apa, mang?” kepada warga desa yang sedang menggarap tanah tersebut. Lalu, warga pun menjawab dengan spontan “Sekarang kan musim mamareng, mang!”. Maka dari sanalah tercetus nama “Marengmang”.

FOTO 1 : Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati
FOTO 1 : Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati


Batas - batas wilayah Desa Marengmang :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Caracas Kecamatan Kalijati
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Kalijati Barat Kecamatan Kalijati
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kaliangsana  Kecamatan Kalijati
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Lengkong Kecamatan Cipendeuy

FOTO 2 : Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati

FOTO 2 : Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati

 
Aksesibilitas Desa Marengmang 

  • Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan Kalijati 6,5 Km
  • Jarak dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Subang 21 Km
  • Jarak dari Ibu Kota Provinsi Jawa Barat 68 Km
  • Jarak dari Ibu Kota Negara Jakarta 140 Km
FOTO 3 : Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati
FOTO 3 : Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati

 
Sebelumnya warga Desa Marengmang terlihat aktif dan selalu berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong. Ketika salah seorang warga yang mau mengadakan selamatan nikahan/sunatan  mereka ikut membantu persiapan untuk acara tersebut, Dan ketika ada warga yang ingin membangun rumah, warga lain ikut saling bergotong royong untuk membangun rumah warga tersebut.

 FOTO 4 : Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati
 FOTO 4 : Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati

Namun, akhir-akhir ini kegiatan gotong-royong tersebut agak sedikit berkurang karena setiap warga lebih memilih untuk membangun rumah dengan menyewa kuli sendiri-sendiri sehingga mengakibatkan berkurangnya aktivitas gotong-royong antar warga. Jadi, pada dasarnya kegiatan gotong royong di Desa Marengmang masih dilakukan, namun tidak sebaik dulu.
 
Industri rumah tangga warga Desa Marengmang adalah keripik pisang, keripik singkong, dan pengrajin anyaman bakul nasi (boboko) yang semua bahan bakunya dari bambu  yang ditanam sendiri di kebunnya.

Desa Marengmang memiliki tanaman yang tumbuh sumbur seperti padi, rambutan, karet, dan nangka cempedak yang merupakan jenis komoditas utama pertanian dan perkebunan di desa ini. Jenis komoditas pertanian dan perkebunan lain di Desa Marengmang yaitu pepaya, jambu air, kedondong, pisang, kecapi, durian, dan petai.

Budidaya ikan yang terdapat di Desa Marengmang adalah budidaya ikan mas, nila. Kebanyakan ikan yang dibudidayakan di Desa Marengmang merupakan ikan yang diperuntukan sebagai bibit ikan.



Baca juga Kelurahan/Desa lainnya di Kecamatan Kalijati :
   
- Desa Banggala Mulya, Kecamatan Kalijati
    - Desa Caracas, Kecamatan Kalijati
    - Desa Ciruluk, Kecamatan Kalijati
    - Desa Jalupang, Kecamatan Kalijati
    - Desa Kaliangsana, Kecamatan Kalijati
    - Desa Kalijati Barat, Kecamatan Kalijati
    - Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati
    - Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati
    - Desa Tanggulun Barat, Kecamatan Kalijati
    - Desa Tanggulun Timur, Kecamatan Kalijati

 
Data dari  Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati. Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Marengmang, Kecamatan Kalijati boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  (email  : blogmangyono@gmail.com) / Inbox Facebook ( Mang Yono ). Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan Foto asli jpretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA ).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments