--> Skip to main content

Padi Trisakti Umur 34 HST Melakukan Penyiangan dan Pengairan

Sampurasun ... 

Padi Trisakti Umur 34 HST Melakukan Penyiangan dan Pengairan

MANGYONO.com - Halo pemirsa saya berada di sawah Tegalsungsang, kecamatan pagaden barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat... Tepat hari Minggu ini umur tanaman Trisakti saya ini berumur 34 Hari Setelah Tanam.

Padi trisakti ini ditanam di sawah pada hari senin 20 Februari 2017 yang lalu saat benih umur 20 Hari Setelah Semai.

Padi Trisakti tersebut memiliki masa panen singkat, yakni 75 hari. Saya menanam padi Trisakti ini karena saya sudah ketinggalan masa tanam .. Petani lain tanaman padinya sudah lebih dulu. Selisihnya sekitar 1 bulanan.... Padi Trisakti ini belum dilakukan pengembangan penangkaran .. Bibitnya masih "langka" sedangkan peminat banyak. Nanti kalau yang ingin beli bibitnya kesaya aja yah...

Padi Trisakti Umur 34 HST di sawah Tegalsungsang, 
Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang, Jabar

Bibit Trisakti ini saya beli 5 Kg, padahal kebutuhannya sekitar 7 Kg.. Terpaksa 2 Kg lagi saya menggunakan Benih padi yang diperkenalkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yaitu varietas IPB 3S

Nah, Bila ingin padi yang ditanam dapat tumbuh dengan sempurna, tentunya diperlukan perawatan yang khusus juga. Membersihkan tanaman lain yang suka mengganggu atau biasa disebut tanaman gulma.

Penyiangan tanaman gulma sedang dilakukan di tanaman Trisakti ini. Penyiangan dilakukan saat masa di mana tanaman padi telah menginjak umur 3 minggu. Selanjutnya, dilakukan dengan penyiangan rutin pada setiap 2-3 minggu sekali. Penyiangan padi Trisaksi saya ini, dilakukannya dengan cara manual yakni dengan mencabut tanaman gulma dengan tangan kosong. Dengan cara ini tentu akan mendapatkan tanaman padi yang berkualitas pula.

Baca juga:
Rendam Benih Padi Trisakti 
Semaian Benih Padi Trisakti Umur 5 HSS 
Semai bibit Padi Trisakti 12 HSS
Tanaman Padi Trisakti Umur 6 HST 
Penyulaman Padi TRISAKTI Umur 11 HST
Padi Trisakti Umur 17 HST dan Pemberian Pupuk Phonska 
Padi Trisakti Umur 27 HST Fase Tahap Pembentukan Anakan ( 75 Hari Panen )
Padi Trisakti Umur 34 HST Melakukan Penyiangan dan Pengairan
Tanaman Padi Trisakti 41 HST Sudah Bunting Muda  
Padi TRISAKTI Umur 48 HST sudah bunting besar, keluar malai dan berbunga
Padi Trisakti Umur 55 HST Tahap Pembungaan - 75 HST Panen
Padi Trisakti Umur 62 HST Tahap Matang Susu - 75 HST Panen
Padi Trisakti Umur 70 HST Gabah Mulai Menguning (75 HST Panen)




Disamping itu Air merupakan syarat mutlak bagi pertumbuhan tanaman padi sawah. Masalah pengairan bagi tanaman padi sawah merupakan salah satu factor penting yang harus mendapat perhatian penuh demi mendapat hasil panen yang akan datang.

Air yang dipergunakan untuk pengairan padi di sawah adalah air yang berasal dari sungai, sebab air sungai banyak mengandung lumpur dan kotoran-kotoran yang sangat berguna untuk menambah kesuburan tanah dan tanaman. Air yang berasal dari mata air kurang baik untuk pengairan sawah, sebab air itu jernih, tidak mengandung lumpur dan kotoran.

Untuk menjaga agar genangan air didalam petakan sawah itu tetap, jangan lupa dibuat pula lubang pembuangan. Lubang pemasukan dan lubang pembuangan tidak boleh dibuat lurus.
Hal ini dimaksudkan agar ada pengendapan lumpur dan kotoran-kotoran yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. Apabila lubang pemasukan dan lubang pembuangan itu dibuat luru, maka air akan terus mengalir tanpa adanya pengendapan.

Pada waktu mengairi tanaman padi di sawah, dalamnya air harus diperhatikan dan disesuaikan dengan umur tanaman padi tersebut.  Tanaman yang berumur 35 hari dalamnya air dapat ditambah hingga 10 cm.

Jual Benih Padi Trisakti - Padi Super Genjah 75 HST Panen


Untuk melihat vidio  Padi Trisakti Umur 34 HST Melakukan Penyiangan dan Pengairan DI SINI


...

...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments