Panen Padi telah tiba harga gabah tingkat petani mengalami penurunan

Panen Padi telah tiba harga gabah tingkat petani mengalami penurunan

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... Mang mau menceritakan tentang panen padi  karena Panen padi di tempat Mang telah tiba, Namun harga gabah di tingkat petani di Kabupaten Subang Jawa Barat mengalami penurunan sejak awal bulan ini. Adanya panen raya diduga menjadi penyebab turunnya harga gabah serta hujan setiap hari.

Mang sebagai petani di Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Cuma bisa mengelus dada dan mengerutkan jidat karena gabah kering panen (GKP) saat ini hanya dihargai Rp 3.800 per kilogram. Padahal pada bulan lalu, GKP menyentuh angka Rp 4.500-Rp 5.000 per kilogram, terlebih – lebih sekarang banyak tanaman padi yang roboh terkena angin kencang termasuk padi Mang juga roboh terkena angin , terpaksa sebelum di jual ke Bandar ( tengkulak ) harus di jemur dulu .

Ini saya Antara Senang dan sedih 

Ini saya Antara Senang dan sedih


"Bandar (tengkulak) membeli gabah  dengan harga murah karena katanya sekarang di hampir semua daerah sedang panen sehingga harga menjadi turun," katanya.


Panen di Kecamatan Pagaden Barat baru saja berjalan sekitar tiga pekan. Biasanya di awal panen harga gabah  masih tinggi, tapi saat ini justru murah karena kecamatan lain di Kabupaten Subang juga panen secara serentak.

 "Kalau panennya serentak, memang suka murah,"

Mang menduga harga gabah pada pekan depan akan terus turun seiring dengan makin ramainya panen di wilayah Kabupaten Subang.

  "Bisa jadi pekan depan harga GKP menyentuh Rp 3.500 per kilogram". Karena itu, beberapa petani lebih memilih menyimpan dulu gabahnya. Petani tidak langsung menjual gabah begitu panen selesai karena merasa rugi jika harga jual anjlok. Petani baru akan menjual gabah di saat musim paceklik (bukan panen), dengan pertimbangan harga gabah jauh lebih mahal. Tapi sedikit juga yang melakukan itu karena rata-rata petani butuh modal untuk kembali menanam padi. Kalau bukan dari hasil menjual gabah  saat panen, ya mau dapat modal dari mana lagi?.

Kalau mau di simpan dulu harus siap  repot karena hujan turun hampir tiap hari kalau mau menjemur gabah yah harus siap repot kalau tidak di jemur gabah akan menghitam dan membusuk . 
Subang merupakan satu di antara kabupaten di Jawa Barat yang merupakan lumbung padi. Areal persawahan untuk tanaman padi di Subang tersebar hampir di semua kecamatan.
GKP Rp 3.800 per kilogram sebenarnya masih di atas harga pembelian pemerintah (HPP). HPP untuk GKP pada 2012 sebesar Rp 3.250 per kilogram, dan tahun ini belum ada kenaikan HPP baik gabah maupun beras ( Ampun pemerintah ).
Nasib.... nasib....

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar