logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pernikahan Adat Sunda

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..... 

Sampurasun... Rampess.... 


Ketemu lagi dengan mamang, sekarang mamang mau nulis tentang Pernikahan Adat Sunda  meskipun mamang sudah lama menikah tapi ndak ada salahnya kan untuk mengenangnya atau berbagi atau untuk mengingatkan mamang... 



Pernikahan Adat Sunda

 Ini adalah rangkaian -rangkaian acaranya
 
1. Neundeun Omong

Tahap ini adalah pembicaraan orang tua kedua pihak untuk ‘mengikat janji’ dalam suatu ikatan pernikahan, maka selanjutnya orang tua pria datang sendiri atau menyuruh orang ke rumah sang gadis untuk menyampaikan niat. Intinya, neundeun omong (titip ucap atau menyimpan janji) yang menginginkan sang gadis agar menjadi menantunya.


2. Lamaran.

 
Tahap melamar atau meminang ini sebagai tindak lanjut dari tahap pertama. Proses ini dilakukan orang tua calon pengantin keluarga sunda dan keluarga dekat. Hampir mirip dengan yang pertama, bedanya dalam lamaran, orang tua laki-laki biasanya mendatangi calon besannya dengan membawa makanan atau bingkisan seadanya, membawa lamareun sebagai simbol pengikat / pameungkeut, bisa berupa uang, seperangkat pakaian, semacam cincin pertunangan, sirih pinang komplit dan lainnya, sebagai tali pengikat kepada calon pengantin perempuannya. Selanjutnya, kedua pihak mulai membicarakan waktu dan hari yang baik untuk melangsungkan pernikahan.

3.Seserahan 

Biasanya 3 – 7 hari sebelum pernikahan. Calon pengantin pria membawa uang, pakaian, perabot rumah tangga( lemari, tempat tidur, Kursi , perabot dapur, makanan dan kueh

4. Ngeuyeuk seureuh 

Yang dipimpin oleh pangeuyeuk biasanya ada acara saweran dan lain lain

5. Membuat Lungkun. 

Dua lembar sirih bertangkai saling dihadapkan. Digulung menjadi satu memanjang. Diikat dengan benang kanteh. Maknanya, agar kelak rejeki yang diperoleh bila berlebihan dapat dibagikan kepada saudara dan handai taulan.

6. Upacara Pernikahan

1. Penjemputan calon pengantin pria , oleh utusan dari pihak wanita

2. Ngabageakeun, ibu calon pengantin wanita menyambut dengan pengalungan bunga melati kepada calon pengantin pria, kemudian diapit oleh kedua orang tua calon pengantin wanita untuk masuk menuju pelaminan.

3. Akad nikah, petugas KUA, para saksi, pengantin pria sudah berada di tempat nikah. Kedua orang tua menjemput pengantin wanita dari kamar, lalu didudukkan di sebelah kiri pengantin pria dan dikerudungi dengan tiung panjang, yang berarti penyatuan dua insan yang masih murni. Kerudung baru dibuka saat kedua mempelai akan menandatangani surat nikah.


4. Sungkeman,

5. Wejangan, oleh ayah pengantin wanita atau keluarganya.

6. Saweran, kedua pengantin didudukkan di kursi. Sambil penyaweran, pantun sawer dinyanyikan. Pantun berisi petuah utusan orang tua pengantin wanita. Kedua pengantin dipayungi payung besar diselingi taburan beras kuning atau kunyit ke atas payung.

7. Meuleum harupat, pengantin wanita menyalakan harupat dengan lilin. Harupat disiram pengantin wanita dengan kendi air. Lantas harupat dipatahkan pengantin pria.

8. Nincak endog (menginjak telur), pengantin pria menginjak telur sampai pecah. Lantas kakinya dicuci dengan air bunga dan dilap pengantin wanita.

9. Muka Panto (buka pintu). Diawali mengetuk pintu tiga kali. Diadakan tanya jawab dengan pantun bersahutan dari dalam dan luar pintu rumah. Setelah kalimat syahadat dibacakan, pintu dibuka. Pengantin masuk menuju pelaminan.

10. Belah duren heheheh yang ini terserah anda ... yayaya.... tapi tunggu tamu undangan bubar ya eheheh

Terimakasih sobat sudah membaca tentang Pernikahan Adat Sunda bila ada kekurangan mohon maap ya .. boleh menambahkannya di kotak komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

47 komentar

Dari ke sepuluh poin.. ane cuma paham artinya yang point 10 mang.
xiix

Balas

wahh itu mamang ya..hehhee
saya pernah menghadiri resepsi pernikahan yang memakai adat sunda..waktu sungkeman ikutan nangis meski nggak tau apa maksudnya dalang hehhee

Balas

nginjak telor itu sama ya mang, saya juga seperti itu...

Balas

bawa perabot itu termasuk juga pintu,jendela,pagarr ya mang?
Kalau nginjak selain telur boleh gak,misal menginjak duri gitu

Balas

mas agus menginjak kaki saya ya?

Balas

fotonya mang yono keren,betul2 jejaka ting tong nih,kalau gitu mang yono ini termasuk ngganteng buktinya sudah memiliki pasangan yang dengan ikhlas menerima kegantengan mamang yono

Balas

Wiiih yang begitu ya heheehe

Balas

heheheh kok dalang sih mbak... iya mbak sedih ya hehehe

Balas

oooh sama ya mas agus

Balas

hehehe itu mau bikin rumah ya mas hehe...

boleh nginjak kelepon hihihi

Balas

hehehe iya betul mas .... itu photo th 2000 mas... sekarang dah penuh uban hehe

Balas

wah itu acara yang terakhir mang yang di tunggu penganten hehe...

Balas

Paling seru emang yang terakhir tuh mang hehe...

Balas

Blog mamang telah terpasang di planetaqidah.blogspot.com

Balas

tapi harus nunggu dengan sabar ya kang, nunggu para undangan pada pulang hehehe

Balas

hehehe... belah duren ya

Balas

oke mas, nanti blognya mamang pasang, terimakasih mas

Balas

aku datang, maap mang jarang berkunjung

ternyata waktu muda mamang Yono ganteng juga ya ( asli)

Balas

betul tuh mas kalau lihat aslinya ci mamang yono, lebih ganteng

Balas

sekarang mamang sudah jadi org sukses ya mang,, tuh buktinya sekarang gemukan :D

Balas

ahhaha bisa aja Non yang satu ini... udah musim cempedak belum di Bangka, kalau udah kirim ya

Balas

terimakasih kunjungannya Non, sekarang tambah guanteng ya wkkwkwkwk

Balas

Amiin... hehehhe kata orang tua kalu pengen gemuk nikah, mungkin sekarang makannya sedikit teratur mbak ehehehe

Balas

ditempat saya juga ada nginjak telur nya mang

Balas

kelpon jangan diinjak mang enak dimakan bareng2 aja

Balas

hmmm

indahnya ya kalau menikah di meriah dg acara pesta adat ..

Balas

saya mah langsung belah duren we harita teh kang, poin 1 s/d 9 mah diwakilkeun ka pun adik...teu nanaon ai kitu kang?....hehehe

Balas

kayanya yang terakhir adalah yang paling ditunggu-tunggu heheheh

Balas

kang agus: bisa ikhlas, bisa juga kepaksa.

#cling ngilang

Balas

didalem telornya udah dipasang paku payung...;o)

Balas

belah duren masuk juga yaa kang ? :O

Balas

iya mbak anis, betul sekali tuh, sampai sekarang masih terbayang, berkesan banget heheheh

Balas

heheheh kalau poin 3 sareng poin 10 teu kenging diwakilkeun kang... pamali cenah heheheh

Balas

heheheh iya kang sampai lama nunggu nya hehehe.. apalagi kalau para undangan belum pulang ehheeh

Balas

itu acara puncaknya heheheh... tapi jangan lupa kunci pintu dan jendela heheeheheh

Balas

wah coba mamang buatnya 6 bulan yang lalu mang,,
tugas hukum adat, akunya dsruh buat makalah prosesi nikah adat sunda .
hihihihi,,

btw itu fotonya ga nahan >,<
cie cie . hohoho

Balas

heheh 6 bulan yang lalu blog ini belum lahir, mbak iin...

ikut nyusul saja mbak hehe

Balas

Wah thanks sharenya bro.. jadi nambah pengetahuan nih... tapi untuk yang nomor 10 itu kayaknya yang paling dicari.. karena nikmat sekali sih rasanya... wekekekeke

Balas

yang terakhir saya ndak suka, Mang. Alergi sama duren. :D

Balas

hehhehe yang nomor sepuluh memang oke ehhehe.... tapi nunggu sepi dulu ya heheeh

Balas

oh begitu ya, nanti nyesel loh kawan, tapi tetep harus dilaksanakan itu, sambil dengerin lagu Julia perez makin " Belah duren" heheheeh

Balas

Belah durennya suka Mang, tapi sekarang lagi musim melon, petik melon aja ya Mang:)

Balas

tah kitu kang, sayah mah no 3 ngga....no 10 ngga juga..sok mau gimana lagi coba?

Balas

heheheheh silahkan sobat... mana ... melonnya mana heheheh

Balas

mau minta kopi diorang hajatan ah

Balas

Kalau lagu lagu yang mendukung acara apa saja..? ,ama tau ada di youtube. makasih.

Balas

begitu ya...
Nice Post we atuh

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger